Leuwi Hejo, Wisata Alam Alternatif Dekat Ibu Kota

Berawal mulai maraknya postingan-postingan di blog, kaskus, dan situs-situs lain nya yang menuliskan keindahan alam Leuwi Hejo yang deket banget sama rumah gue, di sekitaran sentul babakan madang yang menjadi primadona anak-anak explorer ibu kota. Awalnya rencana ini mau gue realisasikan tahun 2014 tepat nya bulan Oktober. Tetapi karena kesibukan kuliah dan kegiatan yang lain ditambah tidak ada barengan yang mau kesana, jadi tak bisa deh. Akhirnya 3 bulan dari rencana gue untuk mengeksplore kesana, tepatnya 12 Januari 2015 tercapai lah rencana gue untuk berkunjung menikmati alam yang masih sangat asri dipinggir ibu kota bersama temen-temen SMA gue.



Lokasi wisata alam Leuwi Hejo ini berada di kawasan sentul, tepat nya di daerah babakan madang. Gue bersama temen-temen pergi kesana pagi hari dengan harapan tidak penuh dengan pengunjung dan dapat menikmati keindahan alam Leuwi Hejo dengan leluasa. Untuk menuju kesana bisa menggunakan motor ataupun mobil, tetapi gue pribadi gatau ya kalau naik angkutan umum sampai sana. Kami menuju kesana dengan menggunakan mobil. Sesampainya di parkiran Leuwi Hejo yang sudah dikelola baik oleh masyarakat setempat, kami bergegas ganti baju yang memang khusus untuk nyebur. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki untuk menuju kolam Leuwi Hejo, +- 600 meter dari parkiran, kita menyusuri pinggiran bukit menurun lalu menghadapi medan yang cukup terjal yaitu menyebrangi sungai dan melipir di batuan-batuan sungai dengan arus yang cukup deras.

Medan sebelum Kolam
Setelah melewati sungai yang arusnya cukup deras,sampailah kita di surga tersembunyi yang ada di bogor Leuwi Hejo! Kolam nya begitu jernih berwarna kehijauan dan dikelilingi oleh tebing, hampir sangat mirip dengan Green Canyon yang berada di kawasan Pangandaran. Aktivitas yang kalian bisa kalian lakukan disana pastinya foto-foto, bagi yang bisa berenang dan mempunyai jiwa ekstrim, bisa nyobain deh loncat dari tebing nya dengan ketinggian +- 4 meter saja. Perlu diketahui kolam Leuwi hejo itu dalem ya, pas gue loncat aja kesentuh dasar nya cuma pake jempol jari kaki. Jadi gue bisa mengasumsikan dalam nya kolam ini ya kurang lebih 5-6 meter.
Jernih nya Leuwi Hejo

Persiapan Loncat

Action!

Berenang lucu juga asik kok

Penulis memperlihatkan diri
Puas menikmati panorama alam Leuwi Hejo, tepat tengah hari kami kembali ke parkiran karena sudah kedinginan ditambah lapar yang mendera. Di tempat parkiran, tersedia warung dan juga rumah warga sekaligus bagi kalian yang ingin mandi atau sekedar ganti baju dan setelah makan siang, maka berakhirlah petualangan kita di tempat primadona yang masih sangta asri ini.
Ada sedikit tips dari gue bagi kalian yang ingin berkunjung ke Leuwi Hejo di kawasan babakan madang sentul ini. Jika kalian dari Jakarta, Depok dan sekitarnya ingin ke Leuwi Hejo bisa menggunakan mobil atau motor. Bagi yang menggunakan kendaraan roda 4, masuk tol Jagorawi lalu keluar Sentul Selatan. Setelah itu ikuti saja penunjuk arah ke Jungle Land, nah pas udah sampe dekat pintu masuk parkiran Jungle land, ada perempatan, kalian belok kanan. Bagi yang menggunakan motor bisa ambil 2 jalur, yaitu melalui Citereup atau melalui babakan madang dan nanti nya akan bertemu di pintu masuk Jungle Land. Pastikan kendaraan kalian bensin nya sudah full karena tidak ada pom bensin di daerah itu. Jalan menuju Leuwi Hejo ada beberapa yang bagus dan ada beberapa yang buruk. Hingga kalian ketemu jembatan kayu yang cukup mendebarkan ketika dilewati, itu tandanya kalian sudah dekat dengan Leuwi Hejo. Bagi yang ingin membawa mobil biar praktis bawa teman atau keluarga banyak, bisa banget kok! Cuma ya butuh skill yang memumpuni dalam menyetir karena jalan yang tidak begitu lebar dan tanjakan ada yang bagus dan ada juga yang rusak parah. Untuk biaya parkir sendiri sih sebetulnya mereka ga patok berapa. Cuma karena kita memakai rumah mereka untuk beristirahat dan bersih-bersih, jadi kami berikan saja 20ribu untuk parkir, mereka sudah tersenyum kok tenang saja.

Oke deh itu aja tips dari gue dan pengalaman gue mengeksplore keindahan alam Leuwi hejo yang masih sangat asri ini. Dari pada kalian liburan mainstream ke mall atau cafe ni kebiasaan anak muda ibu kota, ayolah mampir kesini. Selain dekat, kalian juga bisa menikmati sisi lain wisata alam yang ada di wilayah bogor dan pastinya dekat dari ibu kota. Oke deh sekian tulisan dari gue semoga bermanfaat, Keep Exploring dan Salam Lestari semua!

Komentar

Posting Komentar