Backpacker ke Nusa Penida : The Golden Egg of Bali

Pulau Dewata memang menjadi magnet yang akan selalu dikunjungi oleh traveler. Pesona alamnya yang amazing, budayanya yang kental, dan juga masyarakatnya yang bersahaja menjadi daya tarik yang ga bisa ditahan bagi dia yang uda sakaw mau jalan-jalan. Gue sendiri termasuk orang yang sakaw banget mau traveling ke Bali, tapi bukan di Pulau Balinya, justru di pulau yang masih agak terlupakan oleh para wisatawan. Berada di tenggara Bali, digadang-gadang sebagai "The Golden Egg" nya Bali, pulau yang masih sangat sepi tetapi memiliki potensi alam yang luar biasa, yap traveling gue kali ini yaitu menuju Nusa Penida cuy!

Perjalanan ini didasari karena adanya promo gila-gilaan dari Air Asia. Temen gue si Jati yang ude ngebolang mulu ama gue nawarin tiket murah banget ke Bali, cuma 475 PP cyin! Yauda gausah pikir panjang, gue langsung deal dan doi juga deal, jadi deh kita berdua aja yang berangkat. Kita beli tiket tanggal 26 Juni eh berangkatnya 15 Agustus, tapi gapapa, kan sebelumnya gue nafas dulu buat jalan-jalan ke Rinjani , dan sekarang baru ngebolangnya. Dari dulu gue emang mau banget ke Nusa Penida. Alasannya cuma satu yaitu menikmati sisi Bali yang antimainstream, ditambah gue ama Jati ga ada tuh sodara baik di Bali maupun Nusa Penida, fix menantang dan gembel ini mah.

Kita berangkat dari terminal 2F Soetta karena Air Asia udah pindah dari terminal 3 yang lama. Pesawat kita jam 10 malem, eh kite uda sampe jam 7, maklum lah namanya juga rumah jauh. Pesawat kita agak delay, ya cuma 10 menit si, ga delay ye namanya. Singkatnya jam 1 dini hari kita tiba di Bali, dan istirahat di hotel bandara, ngemper aja kita tidur di bangku-bangku deket pintu kedatangan domestik.

Hari 1 - Pasih Uug, Angels Billabong, Pasih Andus, dan Pantai Kelingking

Pagi hari yang kelabu di Bali, maksudnya semalem itu hujan, makanya jadi agak-agak mendung gitu deh. Rencana kita hari ini langsung menuju Nusa Penida. Untuk menuju Nusa Penida, kita menggunakan fast boat dari Pantai Sanur. Dari bandara menuju Pantai Sanur, kita menggunakan Uber Car, mumpung masih ada promo free ride cyiin jadi cuma bayar 0 rupiah atau gratisss. Oh ya letak dermaga ini ada di Pantai Sanur yang di jalan Hang Tuah ya atau biasa dibilang Bali Beat.

Sesampainya di Dermaga Sanur yang cukup ramai, kami mulai mencari-cari boat yang harganya cocok. Dari sekian banyak, yang paling murah cuma 100rebu cuy soalnya kita berdua dianggap turis domestik. Jadi ada klasifikasi tarif yaitu tarif lokal khusus warga Penida atau Bali (yang penting fasih bahasa Bali) itu harganya 75ribu, lalu domestik yaitu kaya kita berdua harganya 100rebu, dan bule kayanya 200rebuan lebih deh. Kita menggunakan boat Dwi Manunggal karena setelah survey harga di tkp, operator ini yang paling murah dan berangkat awal-awal, yaitu jam 8 pagi. Tepat jam 8 pagi, fast boat pun jalan.

Dernaga Sanur

Tiket fast boat nya

Perjalanan sangat cepat, sekitar 40 menit saja kamipun tiba di Dermaga Banjar yang deket Toyapakeh. Tiba di sana, kami langsung disambut sama bapak-bapak perawakan udah tua lalu agak serem gitu, doi nanyain kita mau ngapain aja di Penida, kami jawab aja mau jalan-jalan, lalu doi nanyain mau menginap, kita bilang iya, eh doi langsung nawarin penginapan murah banget, hanya 100ribu per malemnya, yaudah kita deal soalnya setau gue agak jarang penginapan di Nusa Penida sekitar 100ribuan. Bapak ini namanya bapak Rohani, doi orang islam dan tinggal di perkampungan islam yang ada di Toyapakeh, meskipun perawakan galak, ternyata doi baik banget! Dari pelabuhan menuju penginapannya, kita dianterin pake mobil, gratis. Penginapannya pun seperti kos-kosan, dekat banget dari pasar dan ATM BRI Toyapakeh. Setelah sampai di penginapan, kami diberi juga motor sewaan seharga 75ribu bensin sudah full untuk jalan-jalan selama di Nusa Penida.

Penginapan layaknya kos-kosan

Kondisi kasur

Kondisi kamar mandi

Tepat jam 11 siang gue ama Jati memulai jalan-jalan di Nusa Penida. Nusa Penida itu ga gede, tapi spot asiknya itu tersebar di mana-mana. Kalau kata Pak Rohani, spot itu ada di wilayah barat, timur, dan selatan.

Kalo di barat ada spot
Pasih Uug, Angels Billabong, Crystal Bay

lalu di bagian selatan ada
Batu Kelingking, Seganing Waterfall, Guyangan

lalu dibagian timur ada
Atuh Beach, Suwehan Beach, Pulau Seribu.

Kurang lebih seperti itu informasi dari Pak Rohani, di hari pertama ini kami direkomendasikan untuk ke spot yang ada di barat dan selatan soalnya dekat dari Toyapakeh. Saatnya cuss mambre!

Tujuan pertama kami yaitu ke Pasih Uug, jaraknya cukup dekat dari penginapan kami. Jaraknya emang ga begitu jauh, tapi jalurnya itu mamen, sedep! Untuk menuju Pasih Uug ini memang ga ada petunjuk khusus, kamu tanya-tanya orang saja, kami waktu itu juga begitu dan gue pun agak lupa kalo ngejelasin jalurnya di blog ini, jadi better sering-sering tanya ya soalnya penduduk Nusa Penida itu ramah banget! Jalanan yang ancuk banget, motor uda sampe geter-geter, dominasi kalau jalur ke arah barat itu aspal yang sudah mulai hancur, jadi cukup licin dan juga lobangnya itu yang asoy geboy. Setelah 1 jam perjalanan dari penginapan, kamipun tiba di Pasih Uug.

Jalur menuju Pasih Uug

Kondisi jalan menuju Pasih Uug, berbatu
Kita parkir di depan Pasih Uugnya langsung, jadi ke Pasih Uugnya itu ngesot juga bisa. Pasih Uug itu pantai yang cukup unik, pantai berlubang yang cukup dalam dan ada karang bolongnya, kalo bule si nyebutnya Broken Beach. Oh ya kita cuma bisa menikmati Pasih Uug itu dari atas aja ya, ga ada akses buat turun ke bawah pantainya.

Pasih Uug!

Percayalah, ini tjakep

Puas menikmati Pasih Uug, kami melanjutkan ke spot kedua yaitu Angels Billabong yang terkenal banget di Nusa Penida. Jarak dari Pasih Uug ke Angels Billabong cukup dengan jalan kaki selama +- 5 menit saja. Oh ya saat kamu sudah dekat dengan Angels Billabong, hati-hati karena jalur sudah mulai karang-karang yang cukup tajam. Setibanya kamu di Angels Billabong, rasakan sensasi natural infinity pool yang disediakan langsung oleh alam, luar biasa pemandangannya!

Langsung menghadap kelautan
Jernih banget airnya!

Saat itu kondisi kolam alami ini sangat sepi, cuma gue ama jableh, dua orang pemuda asli Penida, dan dua orang warga Jerman. Waktu itu sebetulnya kondisi kolam alami ini lagi tenang, tapi tidak buat ombaknya. Kadang-kadang ombak sering dateng mendadak, mending kalo ombaknya cuma secuil, wong bisa langsung ngelahap itu kolam. Ditambah kata dua pemuda asli Penida yang bareng kita, sekitar satu bulan lalu ada wisatawan yang lagi berenang di Angles Billabong, eh tiba-tiba keseret ombak gede banget, yauda sampai sekarang katanya jasadnya ga ditemuin tuh. Kalau kalian bener-bener mau berenang, lebih baik berenang ga deket-deket ujung kolam ini ya, itu kalau kalian masih sayang sama nyawa.

Setelah puas menikmati keindahan Angels Billabong, kami bergegas menuju spot selanjutnya. Sebetulnya kami agak bingung setelah dari Angels Billabong mau kemana, eh tiba-tiba Pak Rohani pemilik penginepan kami ada di Pasih Uug, ternyata doi juga guide lokal bray! Kata dia, mumpung masih di wilayah Pasih Uug, baiknya kita ke Pasih Andus dulu, kata doi keren soalnya semburan dari ombaknya itu kaya semburan naga, hmmm bau kali ya? Kaga tau dah karena penasaran saatnya cekidot menuju Pasih Andus itu.

Lokasi Pasih Andus itu deket sekali dari Pasih Uug. Dari pertigaan Pasih Uug, kalian belok kiri, sangat jelas kok petunjuknya. Untuk jalurnya sendiri cukup ekstrim tapi ga seekstrim ke Pasih Uug dari Toyapakeh. Kami menempuh selama 15 menit dari Pasih Uug ke Pasih Andus dengan motor. Setelah sampai, kami parkir, lalu turun sedikit ke ujung pantai. Byuuuuur! begitulah semburan Pasih Andus layaknya kita disemprot sama lumba-lumba saat atraksi.

Byuuur

Meskipun deket, ga akan kebasahan kalo ga kena airnya
Setelah puas menikmati keindahan Pasih Andus dengan endusan ombaknya, lagi-lagi kami bingung mau kemana. Maklum bray namanya juga traveling ngedadak ga selancaran dulu di dunia maya, alhasil kita nanya ama guide lokal, dan kita ditanya apakah kita sudah ke pantai kelingking, kita jawab belum, dan dia langsung mewajibkan kita untuk kesana, soalnya kata dia kalo kita ga kesana itu belum ke Nusa Penida, weh cascus lah jangkrik!

Perjalanan dari Pasih Andus ke Pantai Kelingking jauhnya lumayan bre! Ditambah jalurnya yang aduhai lihay bener dah. Oh ya lokasi Pantai Kelingking itu ada di Desa Bunga Mekar, ga ada petunjuk khusus lho jadi banyak-banyak nanya aja sama warga lokal ya, atau pakai maps karena perjalanan ke Pantai Kelingking itu sinyalnya lumayan bagus. Perjalanan selama 40 menit dari Pasih Andus, kita pun sampai di Pantai Kelingking. Ga ada yang spesial si kalo kamu ngeliatnya dari atas, kamu harus turun sedikit ke arah pura, baru deh lihat panorama batu gede banget yang kayak kelingking, malah menurut gue kaya kecebong yang asli keren sekeren-kerennya batu!

Sett cakep bener dah!

Berasa gak di Bali lho
Kalau kalian mau ke pantai bawah yang keliatan dari spot foto-foto, bisa, tapi jalurnya cukup ekstrim euy. Setelah foto-foto dan puas menikmati indahnya Pantai Kelingking, saatnya kita pulang. Eh pas mau pulang, ada aja cobaan, ban kempes coy! Mana kata orang sana tukang tambal ban cukup jauh. Gue dorong aja dah tu motor, sampe capek banget. Eh delalahnya, ada mas-mas yang mau bantuin kita buat nelponin tukang tambal bannya itu, lucky for us! Setelah nambel ban, kita kembali lagi menuju penginapan di Toyapakeh untuk istirahat dan pastinya untuk jalan-jalan lagi di hari esoknya.

Hari 2 - Pantai Atuh, Pantai Suwehan, dan Bukit Teletubbies

Pagi hari yang sangat cerah di Penida, rencana kita berdua hari ini mau ke spot yang jaraknya cukup jauh dari Toyapakeh, yaitu berada di dekat daerah Tanglad atau di timurnya Toyapakeh. Hari ini kita nambah personil lagi, dua cewek dari Surabaya yaitu mba Meimei dan mba Didi yang sama-sama mau ngebolang. Setelah bersih-bersih dan sarapan, sekitar jam 7 pagi kami baru mulai jalan menuju spot pertama kita yaitu ke Atuh Beach.

Pantai Atuh berada di Desa Pejukutan, kita melewati jalur utara dan timur Penida yang pastinya kita melewati pusat Penida di mana ada pom bensin dan berbagai macam fasilitas perkotaan. Lalu yang bikin beken lagi yaitu sepanjang perjalanan kita akan selalu dipinggir laut. Jalanannya mulus banget, asli, sampai kita nemu pertigaan kalo kiri ke arah pantai atuh, lurus juga *bingungkanlo, yang sempat membuat kita cukup bingung, akhirnya kita nanya sama penduduk sekitar dan kata dia lurus saja terus sampai nanti mentok baru belok kiri, yasudah kita turuti. Singkatnya perjalanan sekitar 1 jam 10 menit dari penginepan, kita sampai di parkiran Atuh Beach.

Dari parkiran, kita jalan sedikit untuk menuju Atuh Beach. Treknya si turun terus, dan juga agak berbatu. Singkatnya jalan kaki selama 10 menit dari parkiran motor, dari kawasan rimbun berubah menjadi lapangan gersang dengan panorama landscape lautan biru, asli pemandangan di sini pecah banget bray, biar poto aja yang buktikan!

Gokil!
Kurang beken apa coba

Jadi Atuh Beach itu sebetulnya kita harus turun lagi, dan sebelum turun itu ada pemandangan keren kaya foto di atas, itu namanya kawasan Pulau Seribu *bukanJakartaye* yang katanya si cukup mirip kaya Raja Ampat. Emang cukup mirip dan asli keren banget pemandangan di sini, bikin betah lho. Nah setelah puas menikmati panorama Pulau Seribu, kamipun turun menuju Atuh Beach yang sudah terlihat sangat jelas. Untuk menuju Atuh Beach, kita akan menuruni anak tangga yang cukup curam, pas otw ke pantainya mah enak ya, pas mau balik ke parkiran, nyesss nanjak teross. Setelah menuruni anak tangga selama 5 menit, kitapun sampai di Atuh Beach yang keren banget pokoknya!

Turun pokoknya turun!
Hidup santai kaya di pantai
Mirip high heels? Cukup ya

Di Atuh Beach kalian nanti bayar 1x sebesar 5ribu perorang dengan fasilitas tempat duduk gratis, tapi kalau tempat duduk yang ada payungnya kudu bayar. Di Atuh Beach juga ada warung dengan harga yang bersahabat. Di sana, kamu bisa menikmati panorama indahnya Atuh Beach dengan batu yang terkenal di sana yang sering disebut "High Heels Stone" karena bentuknya yang cukup mirip dengan sepatu high heels, atau kalian bisa berenang juga karena ombak di pinggir pantai tidak terlalu besar, kecuali kalau kalian mendekati high heels stone itu, gatau deh bakal bisa balik lagi atau ngga.

Setelah puas menikmati indahnya Atuh Beach sambil ngopi-ngopi, Mba Meimei ngerekomendasiin ke kita untuk ke Pantai Suwehan. Sebelumnya, gue dan Jati kaga tau tu apa Pantai Suwehan, eh tapi kata Mba Meimei bagus, terus kata ibu-ibu yang dagang di warung pantai Atuh juga bagus, lalu juga cukup dekat dari sini, cuss deh! Oh ya dari parkiran menuju Atuh Beach kan turun, nah sekarang kebalikannya, naek teroosss! Gas pol jangkrik!

Sesampainya di parkiran motor, kita istirahat sejenak, capek bray! Setelah istirahat, baru deh kita melanjutkan perjalanan ke Pantai Suwehan. Lokasi Pantai Suwehan ga terlalu jauh kok dari Atuh Beach, intinya kalian banyak nanya aja sama warga sekitar soalnya ga ada petunjuknya. Perjalanan Selama setengah jam akhirnya kami tiba di parkiran Pantai Suwehan. Saat itu kondisi parkiran sangat sepi, kita manfaatin aja waktu itu buat makan siang. Eh tiba-tiba ada bule yang baru dateng, dan kata doi "the track is so hard, be careful guys!" Njiiir treknye bakalan serem ni, dan emang iya, ternyata mba Meimei ga ngasih tau kalo treknya itu nurunin tebing cuy! Suee tapi gapapa demi panorama yang cantik mah hajar! Sekitar jam 12 siang kamipun langsung tancap gas menuju Pantai Suwehan.

Eh beneran lho, treknya ekstrim parah! Kita bukan nurunin bukit, tapi tebing! Jalurnya yang cukup licin, sesekali landai, tetapi dominasi berkontur tangga alami, curam, dan sesekali ada yang harus menggunakan tali karena curam banget. Di pertengahan jalan, kalian bakal nemuin sumber air tawar yang disakralkan banget sama masyarakat sekitar Pantai Suwehan. Kita boleh kok minum airnya langsung, asli seger bener bray lebih seger dari pada ngeliat doi!

Turun terus

Treknya kaya tangga alami

Sumber mata air
Tetesan airnya dari batu

Setelah melewati turunan yang curam, lalu ketemu sama mata air, maka perjalanan menuju Pantai Suwehan tinggal sedikit lagi. Sesampainya di sana, kamu bakal ngeliat garis pantai yang luasssss banget, putih pula pasirnya. Untuk menuju landmarknya Pantai Suwehan, yaitu batu yang berbentuk segitiga atau biasa anak muda Penida menyebutnya Batu Volcom karena mirip banget sama logo merk Volcom, kita perlu jalan sedikit lagi. Sesampai di landmarknya, percayalah semua rasa capek mu menurunin tebing terbayar lunas, asli ini mah private beach banget, cuma kelompok kita aja sama ada 1 keluarga di sana lho!

Ini dia teh landmark of Suwehan Beach

Tinggi bener tebingnya

Asli garis pantainya luas bener!

Kita cukup lama di pantai Suwehan, menikmati cuy soalnya emang bagus banget panorama di sini. Setelah melihat jam, eh uda sore ternyata, yaudah kita balik lagi deh ke parkiran. Menuju parkiran juga sangat melelahkan lho karena kita nanjak yang tanjakannya itu aduhai semua! Singkatnya perjalanan naik selama 1 jam, kamipun tiba kembali di parkiran. Karena kondisi yang cukup capek, akhirnya Pantai Suwehan adalah spot terakhir buat gue ama Jati di Penida karena besok kita akan pulang.

Perjalanan pulang kita melewati Tanglad. Ebuset jalanannya emang bagus si, tapi treknya menanjak curam! Kalau kalian pulang lewat Tanglad, memang kalian akan menuju titik tertingginya Penida ini, anginnya pun cukup sejuk padahal panas terik. Oh ya ada cerita unik pas kita mau pulang, sebetulnya di Tanglad ada spot wisata yang namanya Bukit Teletubbies, tapi kami gamau soalnya uda capek dan gue pun udah pernah ngeliat bukit semacem itu di Gunung Prau dan Bromo. Eh ga ada niatan, malah kita nembus kesana, yauda deh kita jadinya numpang narsis sebentar aja, abis menurut gue, bukitnya bener-bener unik, bulet bener-bener kaya di film Teletubbies lho!

Mirip? Iya kok!

Where are you, Noo-noo?
Foto di atas itu foto Bukit Teletubbies di jalan Tanglad, bukan di spotnya. Waktu itu kita ke spotnya, eh menurut kita mah bagusan di jalan dari Pantai Suwehan menuju Tanglad, lebih bagus bukitnya sama deket gitu.

Foto bukit teletubbies di spotnya

Bagusan mana sama yang pertama?hmm
Setelah puas foto-foto, maka berakhirlah sudah jalan-jalan gue di Nusa Penida. Singkatnya kami tiba di penginapan kembali sore, lalu keesokan paginya kami pulang menuju Bali lagi dengan boat yang berangkat jam setengah 8 pagi menggunakan Dwi Manunggal lagi tetapi dengan tarif 75ribu.

Ada beberapa tips dari gue buat kalian yang mau menuju Nusa Penida ini :
  1. Kalau kalian dari Ngurahrai, atau mana saja, tujuan pertama kalian adalah Pantai Sanur yang ada di jalan Hang Tuah, karena di sanalah kalian akan naik fast boat untuk ke Penida
  2. Di Bali udah ada Gojek, Gocar, Uber, Grabcar, jadi ga perlu terlalu pusing kalau pakai kendaraan umum di Bali.
  3. Untuk tarif Fast Boat, dari Sanur ke Penida kita dikenain 100ribu karena masuk ke turis domestik, sedangkan kalo dari Penida kena 75ribu. Entah kenapa tarif dibedain kalo dari Sanur antara masyarakat Bali dan Domestik (domestik itu turis dari luar Bali, keliatan dari logat kalian kalau ngomong ke mereka) tetapi kalau dari Penida, masyarakat Bali dan turis domestik sama harganya yaitu 75ribu
  4. Kalau kalian mau info tempat penginapannya Pak Rohani, ini nomor beliau 087861901447. Penginapannya cukup oke buat numpang istirahat, orangnya juga baik, tanggung jawab, ramah, dan lokasinya juga terletak di perkampungan islam. Jadi buat kamu yang muslim ga perlu khawatir buat makanan karena yang di jual di perkampungan islam 100% halal. Oh ya Pak Rohani juga nyediain motor 75ribu/harinya sudah full bensin.
  5. Wisata di Penida itu cukup terpencil dan aksesnya masih kurang bagus, kamu bisa browsing dulu di internet perihal lokasi mana yang kamu mau tuju.
  6. Kalau kamu sudah punya tujuan pasti kemana aja kamu selama di Pendia, untuk mengiter-ngiter wisata di Penida, kamu bisa pake guide, Pak Rohani juga guide lokal. Atau kalau kamu mau jalan sendiri, sering-sering nanya sama penduduk sekitar perihal lokasi wisata yang kamu mau tuju ya, karena petunjuk jalan yang sangat minim dan juga membingungkan.
  7. Karena jalan yang kurang mulus, ban kalian rawan banget bocor. Baiknya kamu catet nomor telepon tukan tambel ban di setiap jalan saat kamu mau ke lokasi tujuan kamu. Just in case aja soalnya tukang tambal ban itu jauh banget lho kalo dari lokaso wisata.
  8. Untuk bensin, banyak kok yang jual eceran dengan harga 8ribu/liter premium. Ada juga pom bensin tapi itu di jalur utara Penida menuju pusat kota.
  9. Untuk makanan, selama kamu beli di perkampungan islam yaitu di deket dermaga Toyapakeh, insya Allah halal. Harganya pun murah-murah, mulai dari 5rebu - seberapa sanggup kamu bayar untuk membeli makanan.
  10. Sinyal di Penida kurang bagus, apalagi kalau di tempat wisatanya. Paling bagus di pusat kota dan juga di deket dermaga Toyapakeh, sinyal Telkomsel, XL, dan Indosat sinyalnya cukup baik buat nelpon/sms maupun internetan.
Oke deh itu dia cerita gue jalan-jalan di Nusa Penida, asli deh kalo lo uda pernah atau malah sering ke Bali, lo wajib menjelajah pulau satu ini, dijamin ga akan nyesel! Salam lestari, salam ransel, dan salam secangkir kopi semua!

Nusa Penida,  15-16 Agustus 2016

1. keren tuh, saya menginjakkan kaki ke pulau bali aja belum pernah. sedih. liburan kerja cuma buat keluyuran di dekat-dekat aja.

Balasan
    1. Wah semoga bisa kesampean ada rejeki dan ijin bang ke Bali dan bonus juga ke Penida nanti *bujukrayubos :D

2. Mantap ulasannya gan. Thank you, rencana desember mau kesana.. hahaha

Balasan
    1. makasih gan, semoga ulasan saya bermanfaat buat ente :)

Hapus
  3. Hi Bayu, thanks for sharing.
    dapet nggak yah kalo ke angel billabong dl pagi trus ke atuh beach trus bisa balik ke sanur lagi sorenya.

Balasan
    1. Hallo, wah kalo dari Angel billabong trus ke atuh Beach trus sorenya balik ke Sanur ga bisa mas, soalnya jarak dari angel ke atuh jauh banget, dari barat ke timur. Biasanya kalo one day trip rata2 wisata yg ada di barat penida aja mas kaya pasih uug, Angel, crystal bay,sama pantai kelingking

Hapus
  4. Hai Bayu,saya Ati dari Bandung, thanks yaaa tulisannya keren dan sangat membatu saya memberi gambaran kondisi disana, termasuk tulisan jarak antar spot. saya bersama anak2 mau kesana minggu bulan november, nah karna anak saya 3, 14 thn, 11 , 7 tahun, saya mau nanya disana selain sewaan motor ada ojeg gak? sekalian sbg penunjuk jalan, jadi motor pinjem 3, 1 motor suami yg bawa, 2 lagi orang sana yang bonceng saya sama anak. Jujur saya rada gurih2 gitu liat medan jalannya :P, kalo jalanan kering mungkin saya sanggup, takutnya basah bekas hujan.
    Ohiya. jam berapa pemberangkatan paling pagi dari sanur?
    Rencana saya gak akan menginap jadi paling lambat speed boat jam berapa? Maaf di borong pertanyaannya sama emak2 ini hahaha...
    Makasih yaa infonya

Balasan
    1. Hallo mba Ati, terimakasih sebelumnya buat penilaian tulisan ini hehe.

Saya mau nyaranin mba aja, kalo berkeluarga lebih baik sewa mobil saja mba, kebetulan tempat saya menginap di Penida, Pak Rohani juga sebagai guide dan driver yang biasa mengantar dari dermaga ke beberapa spot keren di Penida. Selain lebih aman, juga lebih murah dan praktis. Tapi saran saya lebih baik untuk hubungin beliau terlebih dahulu, untuk nomor beliau, ada di "tips" atau bisa juga telpon istri beliau nomornya 081936222311 an Rabiah.

Buat jam keberangkatan paling pagi, ada beberapa operator mba kebetulan saya menggunakan jasa dwi manunggal yang berangkat pagi jam 8 dan seinget saya pulang kembali dari Penida ke Sanur jam 4 atau 5 sore.

Semoga bermanfaat :)

Hapus
  5. Keren bgd nih, ga sbr akhir thn ini mau ngetrip ke bali lagi tapi khusus ke Nusa Penida.
    Izin ninggalin jejak mas di blognya soalnya ulasannya lengkap bgt jd nnti pas ksananya ga prlu repot lg browsing :D #makasih

Balasan
    1. Makasih bang buat penilaiannya :D iya monggo di bookmark mas, semoga tulisan ini berguna ya buat trip ente nanti ke Nusa Penida.

6. Makasih bang infonya.. jadi gak mikir lagi pengen ke nusa penida

1. Sama-sama mba, semoga bermanfaat kalo mau ke penida nanti ya :D

Hapus
  7. Tgl 24 nov ini jadi pingin ke nusa penida, saya cuma punya waktu semlm disana, enaknya ngunjungin pantai atuh dl atau pasih uug dl ya, di hari pertama, soalnya hari kedua maksimal jam 12 saya hrs nibggalin nusa penuda buat ngejar penerbangan saya

Balasan
    1. Hallo mas, kalo cuma seharian aja di Penida, saran saya si ke Pasih Uug dkk aja mas. Soalnya jarak antar tempatnya tu deket2 dan ga perlu jalan kaki terlalu lama, jadi seharian tapi bisa dapet banyak tempat. Kalo ke atuh kemungkinan ente cuma bisa kesana aja soalnya lokasinya yg jauh trus harus jalan kaki cukup jauh juga. Itu saran saya aja mas haha :D

Hapus
  8. di Nusa Penida ada lokasi wisata kulinernya mas bro ?

Balasan
    1. Untuk lokasi pujasera ga ada bro, Paling macem ikan bakar aja di pinggir dermaga Toyapakeh, selebihnya kuliner umum aja

Hapus
  9. Hallo Bayu untuk jadwal fast boatnya jam berapa aja ya dari pantai Sanur jl yang Tuah menuju Nusa penida???

Balasan
    1. Hallo mba, untuk jadwal kapal yang khusus buat ke Nusa Penida yang saya inget jam 8 pagi dan 10 pagi. Tapi itu satu operator aja ya mba, namanya Dwi Manunggal, di sana cukup banyak operator yang nyediain boat ke Penida dengan waktu yang hampir sama :)

Hapus
    2. Makasih infonya,kalian beberapa hari disana dan habih budget berapa ???

10. Ok makasih infonya,kalian berapa hari di sana dan perkiraan budget kalian berapa selama disana ??

Balasan
    1. Kita 3 hari 2 malam mba, tapi hari ke 3 itu paginya kita langsung cabut lagi ke Bali. Budgetnya sendiri seinget saya lebih kurang 600 mba itu uda semua (fast boat pp, makan & jajan selama di penida, sewa motor, dan penginapan) dan semua ongkos dari bandara sampe bandara lagi

Hapus
  11. Makasih om bayu atas infonya... Dari sabtu kemarin saya d penida... Track yg mas bayu cerita saya lewati semua... Hahahaha... Pak rohani sekeluarga pun ramah... Murah meriah... Hahahaha...
    Sekedar saran,, klo mw one day trip lebih baik ke arah timur (kepulauan seribu, suwehan, trakhir baru ke atuh beach buat main air.) itu pun saran dari pak rohani, cz klo wisata di barat (klingking beach, pasih uug, angels bilabong) kita agak susah buat main air (berenang)..
    Thanks sekali lagi mas bayu... Semoga bermanfaat..

Balasan
    1. Wah alhamdulillah kalo tulisan ini bermanfaat buat ente kemarin ke Penida bang hahaha.

Anyway, terimakasih juga buat usulnya bang tapi memang betul si sekalian jauh dan bisa berenang kalo mau one day trip Penida (buat saya, sehari di Penida ga nendang haha). Kalau yang ke arah barat seperti ke Angels Billabong dkk, memang sulit untuk berenang, bisa di Angels Bilabong tapi sangat riskan kalau ombak lagi besar.

Hapus
  12. Cumiasem32 : Ke penida sabtu tgl 10? Ikut yg fast boat pagi jam 7 bukan? Sy denger ada cw & cw nelf pak rohani. Sy langsung inget sm postingan bro bayu.
    Hehehe.. Sy sabtu itu jg kesana, berhubung one day trip alhasil trip bisa dibilang misi gagal. Karena keinginan ky yg di post bro bayu ini gak ada yg terealisasi. Sy cuma bisa ke crystal beach & gamat beach. Karena faktor cuaca yg kurang mendukung, baru mau ke tujuan langsung hujan deres.
    Next mungkin sy hrs kesana lg tp menginap, biar puas. Siapa yg kira2 mau kesana, ayo kita rencanakan bulan maret 2017. Salam bekpeker..

Balasan
    1. Cuaca buruk waktu kesana mas? Wah padahal kata Pak Rohani meskipun musim hujan sekalipun, Nusa Penida itu bisa dibilang paling kering dan gersang karena curah hujannya yang kecil. Tapi gapapa bang, maret 2017 fokusin aja buat ke Nusa Penida, explore habis2an :D

Hapus
  13. Siang mas Bayu,mau nanya pak rohani ini bisa jadi guide sekalian nyewa motor gak ya? kebetulan saya awal februari tahun depan mau ke Nusa Penida. Kemungkinan sendirian dan tournya juga cuma sehari. sore kembali lagi ke Kuta karena nginepnya di Kuta. Karena saya cewek lg mikir apa ikut open trip aja. Kira pak Rohani bisa gak jadi guide disana nanti ya mas? Terima Kasih sebelumnya atas info nya yang membantu..

Balasan
    1. Hallo mba, pak rohani bisa kok jadi guide seharian di Nusa Penida, nanti beliau mengantarkan pakai mobil. Beliau juga menyewakan motor, tapi saya kurang tau kalau untuk jadi guide satu orang saja apakah diantar pakai mobil atau motor oleh beliau. Untuk tarif saya kurang tau ya tapi seinget saya tarifnya itu sudag termasuk sewa mobil dan guide dari Pak Rohaninya, silahkan hubungi beliau untuk informasi lebih lanjutnya mba hehe.

Hapus
  14. Bro Bayu, Alhamdulillah aku dah di Bali rncana bbrp hr ke dpn mau ngetrip ke Nusa Penida.
    Klo boleh aku minta IGnya dong mau DM nanya2 klo boleh, makasih Bro

Balasan
    1. Maaf banget baru dibales, Ig saya denubayy :)

Hapus
  15. Bermanfaat bgt nih. Hari rabu ini mau ke sana naek motor dr surabaya. Cuma minim budget aja nih hehe. Penyebrangan yg pake kapal fery itu nyebrangnya dr mana ya bang? Mohon infonya. Makasih

Balasan
    1. Mohon maaf mas banget baru saya balas karena lagi numpuk banget kerjaan. Kalau Ferry bisa naik dari Padangbai mas, tapi saya kurang tau untuk jadwalnya mas

Hapus
  16. Mas Bayu makasi banget Postingannya sangat membantu.

Mas bayu saya berencana trip tanggal 16-19 Januari ke Bali. Rencana tgl 16 pengen ke Karma Beach dulu sama ke la planca. Nah tanggal 17 nya ke Penida. Kalau ngubek 2 hari cukup ka mas bayu? soalnya tgl 19 saya pesawat jam 1 siang. Keburu g yah pulang pagi dari penida tgl 19 januari ke Ngurah Rai?

Balasan
    1. mohon maaf mba baru saya balas soalnya kerjaan lagi numpuk banget. 2 hari sangat cukup mba ngubek2 penida. 17 pagi jalan dari Sanur trus 19 pagi balik ke penida. Kalau pesawat jam 1 saya rasa kekejar asal mbanya tanggal 19 nanti pake buat yg paling pagi ya

Hapus
  17. Ada rincian harga ga kak? Trus kendalanya apa? Kira2 kalo naik motor ada akses buat kesana ga ya? Makasiii

Balasan
    1. Maaf banget mba baru saya balas soalnya kerjaan lagi numpuk banget. Kalau rincian harga saya ga catet mba, kurang lebih saya liburan di penida sekitar 550an mba belum termasuk tiket pesawat. Kalau naik motor, akses jalan ada yg bagus ada juga yg masih ancur mba, tetapi cukup jelas kok petunjuknya

Hapus
  18. Thanks buat postingannya, cukup jelas memberikan gambaran wisata di Nusa Penida. Jika kita sewa mobil dan supirnya sebagai guide kira kira berapa per hari ya Mas? Dan apakah lokasi wisata wisata yang mas sebut di postingan ini bisa dicapai dengan mobil? atau ada lokasi yang hanya bisa dicapai dengan motor saja?

Terima kasih
    Dindin

Balasan
    1. Terimakasih atas penilaiannya mba :) Kalo buat tarifnya, mbanya bisa telpon langsung nomor yang sudah saya kasih di tulisan ini mba atas nama Pak Rohani. Untuk akses ke tempat wisata, rata2 bisa diakses pake mobil atau motor mba

Hapus
  19. Om Bayu thanxs info nya sangat membantu .insya allah tgl 15-18 feb kita'4 sahabat akan mbolang di lombok(15_17) dan nusa penida(17_18)masing" 2 hari ...start JKT Soeta jam 05:00 ..gabung silah kan prend.smg bisa kekejar saran om bayu diatas smua destinasinya....

Balasan
    1. Terimakasih atas penilaiannya mas, semoga pas berkunjung nanti ke Penida cuacanya cerah ya

Hapus
  20. ka, boat berangkat dr sanur cuman jam 8 pagi aja?

1. Seinget saya si siang atau sore ada tapi kurang tau jam berapanya mba

Hapus
  21. Ka, dan teman teman ada ga ya ke nusa penida tgl 27 atau 28 Juni 2017?
    ayo kita buat trip gabungan soalnya saya juga pertama kali ke nusa penida jadi seru

22. Mas bayu info y keren dan sangat membantu. Rencana saya mau solo traveling ke banyuwangi dan nusa penida dari tgl 22 - 27 april 2017. Nah rencana saya tgl 26-27 y di nusa penida. Mas bayu cukup kah waktu 2hari di nusa penida? Jadi tgl 27 y sore sudah harus blk ke jakarta? Apakah mungkin mengunjungi semua spot yg mas bayu kunjungi? Terima kasih :)

Balasan
    1. Cukup kok dua hari mas, tapi gak bisa seluruh destinasi dikunjungi mas, diprioritaskan aja mana yang mau dikunjungi kalau 2 hari aja :)

Hapus
  23. Mas bayu info y keren, sangat membantu. Saya rencana mau solo traveling ke banyuwangi dan nusa penida tgl 22-27 april. Jadi tgl 26-27 april saya mau ke nusa penida. Mas bayu cukupkah waktu 2 hari di nusa penida? Jadi tgl 27 sore saya sudah ada di sanur lagi.

Hapus
    2. Halo mas @Ahmad Taufik, kebetulan saya dan teman2 juga mau ke Nusa Penida, tapi sekitar tanggal 23 dan 24 April 2017. Kalau mau barengan ayokk dari pada sendirian hehe

3. @Arista bayu oh gitu ya Mas, rencana saya ingin mengunjungi tempat yg sama yg di kunjungi sama mas Mas bayu, penyebrangan dari nusa penida ke sanur paling terakhir jam brp ya mas?

@Lilis Marlins Ramadhanti wah saya tgl 23-24 masih di banyuwangi, tgl 25 baru sampe bali. jadi ke penida y tgl 26 - 27 april.

Hapus
    4. Kalo paling terakhir seinget saya sore mas, tapi saya lupa sorenya itu jam berapa mas

5. Mas @ahmadtaufik saya rencana 26 apr nyebrang dari sanur ke penida. Siapa tau mau barengan?

24. Mas bayu kalo ke nusa penida seharian aj cukup ga mas waktunya ....sy khan hotelnya di kuta,jadi sy pagi2 jalan smp soŕe br balik ke kuta . Cukup ga ya mas waktunya hehehehe

Balasan
    1. Cukup mas tapi paling cuma spot2tertentu aja ya. Terus untuk kapal balik ke sanur dari penida ada juga sore, cuma saya kurang tau jadwalnya jam berapa

Hapus
  25. Thankyu sangat membantu sekali infonya.

26. thanks banget buat tulisannya,oh ya..untuk guide lokal biasanya berapa/hari?

Balasan
    1. Sama-sama mas, untuk guide lokal tu setau saya 500rb/hari mas sudah termasuk mobil

Hapus
  27. Siang Bapak Bayu, untuk penyeberangan dari Sanur - Penida dan Penida - Sanur untuk Ticketnya apakah bila saya belinya on the spot ditempat ada kemungkinan tidak dapat ( penuh ) atau harganya bisa lebih tinggi Pak? Dan mungkin ada Referensi boat lain selain Dwi Manunggal yang Bapak gunakan? Terima kasih

Balasan
    1. Hallo pak, kemungkinan tiket habis karena penuh itu pasti pak, makanya sebisa mungkin beli sedari pagi. Untuk harga si setau saya yang paling murah Dwi Manunggal ini pak, 100rb dari Sanur 75rb dari Penida. Untuk operator boat cukup banyak pak tapi yang tujuan Penida itu tertentu saja dan saya cuma tau Dwi Manunggal saja pak.

Hapus
  28. Mau tanya, trip ke nusa penida yg anda lakukan tsb kira2 berapa total biaya yg habis pas berangkat dari pantai sanur, penginapan ongkos dll, s/d balik lagi ke pantai sanur besokannya ? Terima kasih sebelumnya.

1. Untuk Biaya

kapal boat PP = 175rb (100 dari sanur, 75 dari penida)
      Sewa motor 2 hari = 150rb (dibagi 2 soalnya berdua kesana)
      Penginapan 2 malam= 100rb (dibagi 2)
      biaya masuk wisata = lupa, kebanyakan gratis, atau bayar parkir goceng permotor

Totalnya sekitar 300an mba waktu saya kesana

Hapus
  29. Keren banget ka bayu.
    Share pengeluaran selama di sana dong ka spya bisa ounya bayangan biaya untuk backpack kesana.
    Terima kasih

Balasan
    1. Makasih banyak kak, untuk pengeluaran saya selama di Penida kira2 seperti ini bang :

kapal boat PP = 175rb (100 dari sanur, 75 dari penida)
      Sewa motor 2 hari = 150rb (dibagi 2 soalnya berdua kesana)
      Penginapan 2 malam= 100rb (dibagi 2)
      biaya masuk wisata = lupa, kebanyakan gratis, atau bayar parkir goceng permotor

Total sekitar 350an sudah sama jajan2 kak

Hapus
    2. terima ksih ka arista bayu, jdi punya bayangan biaya slma disana..

teman-teman adakah yg punya rencana ke nusa penida 11 mei 2017 ini? jika ada bolehlah bergabung spya seru :D

30. Sebelum puasa saya ada rencana ke nusa penida (lagi).
    Bulan desember kesana 1 day trip tp belum kesampaian ke pasih uug, baru ke crystal beach sama 1 pantai lg lupa namanya.
    Waktu itu cuaca kurang mendukung alias hujan.
    Barangkali ada yg mau ikut gabung hubungi sy by wa 087720201899.. 😊😊

Balasan
    1. Semoga mendapat barengannya dan semoga cuaca juga cerah pas ente kesana :)

2. Mantap jiwa masbro.. 👍👍

31. Kak, mau tanya jadi kan saya berencana ke Nusa Penida . Tapi masalahnya kalau untuk berkeliling disana itu saya gak bisa naik motor . Itu kalau saya nanti nyewa tour guide itu dia sehari itu bisa antar kita ya dengan dianya juga yang kayak nyupirin juga kaya gitu? Soalnya bingung nih hehe .

Balasan
    1. Iya mba, kalau mba sewa tour guide nanti sudah termasuk kendaraan (mobil yang saya tau) + driver, drivernya itu guide itu sendiri jadi cukup simple mba.

Hapus
    2. Ohh . Tapi kalau ikut tour gitu apa ada batas minimalnya gitu gak ya ? Kan tadi saya baca sekitar 500an / hari . Tapi kalau misalnya cuma 1 orang aja apa itu biayanya bakal naik lagi ???

3. Setau saya 500rb itu sewa guide + mobilnya mba, jadi bukan perorang. Kalo lebih jelas, segera nelpon Pak Rohani aja ya mba soalnya beliau juga sebagai guide

32. Alhamdulillah Makasih Bang Bayu, akhirnya tgl 19 Maret kmrn sy dan sodara bisa berpetualang jg di Nusa Penida selama 2 hari 1 mlm, tempatnya Keren bgt dan msh sangat Alami cmn butuh fisik extra aja soalnya jlnnya msh rada2 ekstrem sprti yg Bang Bayu bilang tp smua terbayar saat smpai di Spot Wisatanya, Amazing..!!!
    Berbagi cerita dan pengalaman, Kami sendiri brgkat dr Sanur Jam 10 Pagi via fastboot Angel Billabong 75K/org (katanya ini Boat yg paling baru)
    Ssuai saran bang Bayu kami lngsung call Pak Rohaninya cmn syg ga ketemu Pak Rohaninya yg lg ke Lombok, cmn ada Ibu Rohani dan Anaknya Mas Us pada ramah smua.
    Tarif kamar 150rb/mlm & Rental motor 75/hari, untuk masuk tempat wisata sih byr Parkir aja 10rb an.
    Trip kami H1 Atuh & Raja Lima trus H2 Broken Beach - Angel Billabong - Pantai Kelingking dan Crystal Bay.
    Oia, Hati2 aja pas maen di Angel Billabong krna pas kami dr sana sejam kmudian ada 3 korban terseret Ombak, 1 luka2 yg 2 terseret Ombak yg 1 ketemu pd hari itu juga dlm keadaan sekarang dan yg 1 liat dr berita seminggu kmudian baru ktmu.
    Pulangnya naik Boat Angel Billabong lg dgn tarif yg sama.
    Sekali lagi makasih Panduannya Mas Bayu 🙏
    Ini liburan terKeren menurut pengalaman sy 🤘
    Yg penasaran bs intip instagram sy yah @ariemhadaytona 😁

Balasan
    1. Wah berkesan sekali tripnya mas! Terimakasih juga buat penilaian atas blog saya :). Terimakasih juga mas buat penambahan informasi mengenai boat ke Penida, ternyata sudah ada operator baru dan harganya normal 75K, gak dibedain masyarakat lokal atau wisatawan domestik. Untuk tarif kamar ternyata naik 50 ya, waktu itu saya kena perorang 50K/malam di mana 1 kamar bisa diisi hingga 4 orang. Bener, Angels Billabong sangat rawan buat berenang, mending nikmati dari atas aja deh dari pada keseret. Salam ransel juga bang!

Hapus
  33. Seru banget baca ceritanya Mas Bayu! Insya Allah dlm waktu dekat ini ada rencana mau backpacker ke Nusa Penida. Infonya keren banget, detail, bermnfaat!

Balasan
    1. Sipp semoga cuaca dan kondisi mendukung pas kesana nanti ya, terimakasih atas penilaiannya ya!

34. WASOOOOYYYYY

Gue deg"an gila bacain sampe tengah artikel. Ga kuat bang wkwk. Udah ada rencana kesini dari kapan taun. Tapi baru tahun ini insyaAllah diselesaiin. Bakal gue baca sampe tuntas abis kalo tanggal udah mantep. Kalo ga gitu kasihan hati gue.....sungguh ga sanggup. MasyaAllah parah bet indahnya.......spektakuler........

Itu bukan kaya kelingking, kalao gue liat kenapa mirip T-rex yak wkwkkw xD

Maakasih banyak atas tulisan ini, informatif bang! Gue catet bener" dah buat jadi acuan (sadap) gue main kesana ntar. Doain semoga dapat cuaca yang bagus yak. Amin. Eh kira" kalo cewe berdua doang aman kan ya?

Balasan
    1. Aihh gapapa baca2 aja dulu, biar imajinasi dulu yang berpergian kesana :D. Sipp mungkin ada beberapa perbedaan dari tarif penginepan sama sewa motor dibanding tahun saya kesini, semoga ga naik drastis banget dan enjoy buat tripnya nanti kalo jadi ya, jangan lupa sharing2 hehe.

Cukup aman kok mba, soalnya masyarakat di Penida itu ramah-ramah banget, mungkin jangan sampe kemaleman aja kali ya kalo jalan2. Bukannya takut begal tapi kondisi jalan yang agak horor

Hapus
  35. dinusa penida boleh buka tenda??

Balasan
    1. Saya pernah dapat info kalo mau camp mungkin bisa di crystal beach mas. Cuma harus siap logistik ya soalnya pantai2 di Nusa penida cukup jauh dari kehidupan masyarakat

Hapus
  36. Mau tanya bro kalau sewa mobil dengan driver bisa gak ya kira2 karna kemungkinan saya kesana ber 4 nih,dan one day trip. btw suka bgt sama blog nya inspirasi buat jalan2 ke sana

Balasan
    1. Bisa bro, silahkan hubungi lansung Pak Rohani nya bro 087861901447 soalnya doi juga sebagai guide + driver. Terimakasih bro, alhamdulillah kalau blog ini bermanfaat :D

Hapus
  37. Abis Lebaran sekitar Akhir Juli / Awal Agustus mau ke Bali 4-5hari, Planing sih ke Nusa Penida 2 hr. Saya dari Jakarta 2 orang, ada yang mau backpacker bareng?

Wa:081586605241

1. Gua ke bali tanggal 15 agustus sampe 22 agustus nih

Hapus
    2. Kak hanny : halo kak salam kenal .. ditanggal segitu aku jg ada rencana ke penida bisa mnt no wa-nya .. siapa tau kita bisa bareng, makasih sebelumnya

3. hai 08119825228 tuh nomer ku wa aja yaa

38. Halo mas bayu...mau nanya dong saya ada rencana 2 hari ke penida jd sampai d penida pagi trus besoknya balik ngejar kapal yang ke sanur skitar jam 3-4an.Kira2 sempet ga ya dapet destinasi yg kayak mas bayu itu?? Hari pertama mending ke atuh beach, dkk dulu atau pasih uug, angel's billabong dulu??

Balasan
    1. Hallo mba, hari pertama iya bisa ke atuh beach dkk dulu soalnya itu yang paling jauh dari Toyapakeh, lalu hari kedua baru atuh beach dkk soalnya dekat dari Toyapakeh. Buat hari kedua, saran saya sih jalan sepagi mungkin mba biar dapet semua trus bisa ikut kapal yang ke sanur jam 3-4an.

Hapus
  39. Baca ceritanya asik banget. September udah beli tiket ke bali dan emang rencananya mau ke Nusa Penida. Tapi sampe Bali aja jam 7 pagi. Kira2 keburu gak yah kalo dr bandara ke sanur jam 8nan. Apa gak ada boat setelah jam 8?
    Oiyaaa sekalian mampir ke blog saya yah dianjuarsa.com *cheers*

Balasan
    1. Hallo mba, kalo sampe bali jam 7 sebetulnya mepet ya tapi gapapa dicoba, dan naik taksi bandara saja biar cepet sampe pelabuhan. Untuk jadwal pagi ada juga yang jam 10 katanya mba

40. HII bayu

gua sampe bali malem jam 11 , kalo langsung ke sanur 24 jam ga sih penyebrangannya

Balasan
    1. Gak ada mba, paling terakhir setau saya sore. Paling kalo jam 11 malem sampe mah cari penginapan deket sanur aja mba, trus jalan ke Penida pake boat yang paling pagi deh jam 8

Hapus
  41. Kerennn!!!! kita juga kmren dari sini... emang ajib deh pemandangannya, walaupun jalannya agak ribet, hahahaha. Worth it!!!!

Balasan
    1. Kerennya pake banget ya. Bener, jalan agak ribet dan agak sepi ditambah banyak jalan rusak, tapi asli semua memang worth it untuk dikunjungi

Hapus
  42. Bermanfaat banget nih bl9g kebetulan saya mau ke nusa penida agustus tgl 13 agustus 2017. Siapa tau aj ad yg mau ke sana juga. Bisa barengan. Hihihi

1. Sip mba semoga ada barengannya buat kesana ya

Hapus
    2. Kak mafru : halo kak salam kenal .. ditanggal segitu aku jg ada rencana ke penida bisa mnt no wa-nya .. siapa tau kita bisa bareng, makasih sebelumnya

3. kak mafru tgl segitu saya juga ada rencana mau ke nusa penida ^^ . kebetulan banget kalo ada barengan ^^ 0895334667996

4. kebetulan saya juga ada agenda ke nusa penida tgl segitu hayuk bareng ^^

Hapus
  43. hai kak mau tanya untuk tiket kapal dari nusa penida ke sanur bisa beli langsung saat di nussa penida?

1. Bisa kak, dijual di hari itu juga soalnya

Hapus
  44. Baca nya aja udah seru bgt apalgi beneran ya 😂. Makasih udah share kak. Insha Allah bulan depan mau kesana. Bermanfaat bgt baca blog ini. :)))

Balasan
    1. Iyap sama2 mba, semoga terlaksana buat ke penida nya ya!

Hapus
  45. sangat membantu sekali blog nya, kira2 kalau solo travelling ke penida memungkinkan gak yah untuk wanita?

Balasan
    1. Sama-sama mbanya. Kalo menurut saya si memungkinkan aja mba, cuma butuh effort lebih soalnya keterbatasan petunjuk ke tempat wisata dan cukup menantang medannya. Sering2 banyak tanya mba di sana.

Hapus
  46. Bisa kok mbak. Saya ke Nusa Penida Februari kemaren. Solo traveling. Sering2 aja nanya penduduk setempat. Thank you buat mas bayu, blog nya berguna banget �� Saya nyewa motor dgn pak rohani jg. Orangnya ramah. Medan nya disana emang bener2 menantang..

Balasan
    1. Sipp makasih banyak buat info tambahannya ya mba!

Hapus
  47. Wah bermanfaat banget gan untuk saya. Semoga harga belum terlalu beda jauh ya. Dan jalan semoga udah lebih bagus. Insya Allah September mau ke Nusa Penida backpack. Untuk tempat wisata yg agan kunjungi itu kalau pakai mobil masih bisa diakses?

Balasan
    1. Iya mas, biasanya mah paling yang berubah kalo uda beda setahun kayak harga penginapan aja. Bisa kok mas pake mobil.

Hapus
  48. mas blognyaa bermanfaat bgt, jadi saya ada rencana ke nusa penida sekitar tgl 10an agustus mas, nah niatnya mau lanjut ke lombok kira kira ada ga ya mas kapal rute nusa penida lombok soalnya saya berdua dengan teman perempuan saya hehe kalo balik lagi ke sanur kayanya makin jauh hehehe tks

Balasan
    1. Kalo buat boat ke Lombok mau gak mau harus balik dulu lagi ke Sanur mba hehe atau bisa juga dari Padang Bai mba

Hapus
  49. siang mas, mau tanya untuk pak rohani menyediakan snorkeling enggak ya? terimakasihh

Balasan
    1. Halo mba, setau saya si beliau gak nyewain alat2 snorkeling gitu mba. Tapi kurang tau kalau tahun ini ya mba, bisa dihubungin langsung ke beliaunya aja, nomornya sudah saya kasih di tulisan ini ya.

Hapus
    2. kalau misalkan mbaknya ke pantai crystal bay disana ada penyewaan snorkling 50K tarifnya sekalian bisa snorkling disana mbak.

50. Nice info mas Bay dan yg lainnya yg ikut diskusi...jadi makin mantap hati utk meluncur kesana.

Btw ane rencana 3D2N disana tgl 24-26 August, dgn target
    1. Berendem di Angel Billabong
    2. Merenung di Pasih Uug/Broken Beach
    3. Ngelamunin nasib di Kelingking Beach (tanpa turun ke bawah ya)
    4. Snorkelling di Crystal Bay
    5. Maen aer di Pantai Atuh...jgn di ember
    6. Ngecek genteng di Rumah Pohon (ini lokasi di Atuh atau dimana ya? Katanya sih deket/satu spot dgn pulau seribu)

Kira kira menurut Mas Bay dan yg lainnya urutan yg bagus gimana ya?

Saya tgl 24 ETA Sanur jam 11/ETA Penida 12an. Rencana hari pertama sewa motor dan hari kedua sewa mobil. Pulang 26 sebelum dzuhur.

Mohon masukan dari para senior...terima kasih, hatur nuhun, matur suwun, mauliate, suksma.

Salam.

1. Halo mba, kalo menurut saya urutannya

hari 1
      Pantai Atuh
      Rumah pohon (deket dari pantai atuh)

hari 2
      Pasih Uug
      Angel Bilabong
      Kelingking beach
      crystal bay sambil sunsetan

hari 3
      pulang, setau saya boat nya ada jam 7 sama 9 pagi

Kalo saya si gitu mba, nanti mungkin ada yang nambahin usul ya

Hapus
  51. Mas/Bang/Gan, kira kira ada kapal buat pulang dari nusa penida ke bali ada jam berapa aja ya? Saya rencana nya ga nginep di nusa penida, mau sampe sore aja. Kira kira ada kapal pulang ke bali jam berapa aja ya kalo sore?

1. Ada, sekitar jam 3 sore ya paling sore kayanya

Hapus
    2. Jam 5 ada paling sore, kapalnya Dwi Manunggal. Kalau bias booking dlu ya, karena kapal sore suka penuh.. No nya di 081337618249.

3. Sipp makasih buat informasi tambahannya ya mba!

52. Hai Bayu..
    Saya plan solo backpacker ke Nusa Penida tanggal 31 Aug 2017 sampai 02 Sept 2017. Tapi sepertinya bisa naik kapal cepat ke Penida nya sore sekitar jam 4. Kira kira kalau sampai Penida sudah sore, bisa jalan kemana?
    Apakah bisa semua tempat diatas saya tempuh dalam waktu seharian? (tanggal 1 Sept nya), jadi tanggal 2 Sept 2017 pagi sudah bisa pulang ke Bali.

Bila teman teman ingin gabung ditanggal itu silahkan ya :)
    Ig : @corina_zoldyck

Balasan
    1. Hallo mba, kalo sampe penida sore bisa ke crystal beach aja mba soalnya cukup deket dari Toyapakeh. Kalo cuma sehari full mau ke tempat yang saya tuju, saya rasa jatohnya gak menikmati dan terlalu capek pasti. Kalo memang sehari, saran saya ke wilayah Atuh beach cukup bagus. Kal0 bisa dua hari, jangan lupa ke Angel's Billabong nya :)

Hapus
    2. Yahh saya baru baca balesan nya, kemarin mmg smpt dilemma dgn pembagian waktu, dan akhirnya saya disana 2 hari 1 mlam, bnr kata kamu capek banget. Perjalanan saya, saya tulis juga diblog ini, semoga dapat membantu.. Terima kasig Bayu..

3. Jadinya nambah hari ya mba. Sipp sama-sama mba nya

53. Mas Arista Bayu saya mw tanya utk mendapatkan tiket promo murah PP Bali airasia dimana y!saya mencarinya sulit sekali...thank's

Balasan
    1. Di instagram banyak kok bang. Tapi waktu itu saya dapet dari temennya temen saya, dan kebetulan harganya lagi miring banget.

Hapus
  54. Saya rencana ke penida tanggal 18 september, barangkali ada yang mau bareng :)

55. Puji Tuhan tanggal 31 Agustus dan 1 September 2017 kemarin jadi ke Nusa Penida, solo backpacking !!! Hehehehe. Saya asal dari Palembang, flight ke Bali tanggal 31 Aug jam 9 WIB sampai di Bali jam 12.30 WITA. Dari bandara saya naik Gocar (Gocar lebih murah dibanding Uber or Grab)..
    Sampai di pelabuhan Sanur saya langsung pesen tiket fast boat Dwi Manunggal. Saat itu saya kena 100 rb, mungkin karena bawa koper yaaa jadi ketauan banget kl orang luar Bali. Nyebrang sekitar 45 menitan, dengan ombak yang lumayan mengocok perut. Emang katanya kalau ombak sore lbh ganas drpd pagi atau siang.. Sampai di Penida, dijemput sama Bli Usman, anaknya Pak Rohani. Penginapan semalam 100 rb, sewa motor yang agak baru kena sehari 100 rb. Plan awal nginep disini 2 malam, sampai di kamar mau istirahat dan mulai petualangan besok. Tapi karena sepi dikamar sendirian dan kata Bli usman nya masih sempet kalo mau jalan ke kelingking, jadinya saya nekad jalan. Saat itu jam udah 17.00 WITA.
    Saya susah apal jalan, ke Nusa Penida yang susah signal, sendirian, buat saya sering banget nyasar. Keluar lorong kost an pun nyasarr huhu.
    Akhirnya setelah lewat jalan yang mmg rusak dan minim petunjuk, jam 18.00 WITA sampai lah saya di Pantai Kelingking. Saya jalan balik saat itu jam 18.30 WITA, ga kerasa karena betah, jam tangan saya masih jam WIB dan tertipu karena hari masih terang. Saat itu udah 18.30 WITA tapi matahari belum tenggelam. Alhasil kemalaman lah saya dijalan pulang. Sendirian, gelap sama sekali, kanan kiri jalannya jurang, ga ada petunjuk jalan, ga ada satu orang pun untuk ditanya jalan kembali ke Toyapakeh. Udara saat itu dingin banget, jadi tambah serem lah perjlanan pulang itu.. Sempet hopeless menemukan jalan balik :(. Tapi puji Tuhan saya sampai dengan selamat, lagi2 lupa lorong kost an dan nanya sama warung dipinggir jalan.
    Saya cerita kalau kemaleman pulang, dan mba mba warungnya sempet kaget jugaa, karena mmg jalannya sepi dan gelap. Untung ga pecah ban katanya..
    Karena salah perhitungan tadi, besoknya kembali lagilah saya ke barat, ke pasih andus, angel billabong dll. Saya memutuskan untuk balik ke Bali sorenya jam 5. Jadi dalam sehari itu saya kebut ke daerah barat dan timur, yang akhirnya daerah timur cuma dapet ke Atuh Beach karena udah capek banget dan ngejer kapal.
    Jalan ke Pantai kelingking saya pikir udah rusak, ternyata jalan ke angel billabong jauh lebih rusak dan panjangg... Hahhaha. Sampai jam 8 pagi, masih sepi sekali, serasa tu tempat milik pribadi, menurut info pedagang setempat katanya mulai rame jam 10 an. Selesai ke angel saya ke broken beach, Pasih Andus. Lalu saya kebut ke timur. Perjalanan dr Barat ke Timur makan waktu 2 jam, saya sempet mampir ke Goa Giri Puteri. Goa unik yang jalan masuknya kecil banget, tapi begitu didalam luas banget. Disini bayar sewa sarung 5 ribu, dan sampai atas kasih sumbangan seikhlasnya. Kira2 20 menit di Goa, saya lanjut jalan. Pemandangan sepanjang jalan mmg buaguss bangett. Pertama jalannya mulus, hanya berbukit dan berkelok. Lama2 jlnnya makin rusak, lebih rusak dari ke 2 jalan tadii :( dan rasanya ga sampe2 karena jalnnya jauh.

Lanjut dibawahh

56. Tangan saya udah bengkak karena nyetir motor sendirian dengan medan jalan yang ancur bangett. Sampai di warung kecil, katanya tiggal 1 km lagi ke atuh beach, tapi begitu mau ngegas motor, saya kaget karena jalan nya terjal dan ancur banget. Didermaga kemarin saya liat ada bule yang luka2 lecet jatuh dr motor, saya pikir mungkin jatuh disini..Ga mau ambil risiko, jadinya saya parkir diiwarung tadi dengan biaya 5 rb lalu trun jalan kaki. Jalan kaki medannya lumayan terjal, ngos2an banget. Tapi begitu sampai di atas Atuh Beach, semuaa cape ilang. Bener2 bagus pake bangettt, terharu sampe, memang Tuhan Maha Kuasa dehh... Selesai foto2, istirahat bentar lalu jalan pulang, tenaga udah abis mau explore tempat lain, dan takut tinggalan kapal juga. Turun ke bawah diajak bareng sama warga setmpat buat bareng. Lumayan banget untuk saya yang suka nyasarr hihi.
    Akhrinya sampai di kost jam 15.30 WITA. Masih sempat rebahan dulu sebelum pulang ke bali. Saking mau ngejer tempat wisataa tadi, saya baru sadar kalo belum makan dari kemaren malemnya..
    Kalau teman2 mau liat foto2 nya bias mampir ke Instagram Corina_Zoldyck.

Terima kasih Mas Bayu info yang sudah dishare.. Salam petualangg,,,

Balasan
    1. Gokil mba petualangannya kemarin di Penida! Coba ke Kelingkingnya di hari besoknya mba, katanya udah ada jalur buat ke pantai yang dibawahnya dan itu bagus banget lho mba hehe.

Hapus
  57. Hai mas bayu, di pelabuhan sanur, memungkinkan kita untuk ninggalin mobil ga (parkir mobil) ?

Makasi yaa
    Penny

1. Halo mba, untuk parkiran mobil di sana mohon maaf saya kurang paham mba

Hapus
  58. Halo mas bayu noleh minta ittineary gak mas? N kami rencana tgl 15-16 november mau ke nusapedia, siapa tau ada yg mau bareng? Thanks

1. Halo mas, kalo itinerary saya kayak gini mas

hari 3
      pulang pagi hari jam 7

Hapus
  59. mas untuk total pengeluarin di bali kira2 berapa untuk makan tiket penyewaan dan lain2?

Balasan
    1. itu tergantung masing2 ya bang. Cuma kalo biasanya si sekitar sejuta buat 3 harian

Hapus
  60. mas, klo mau sekalian ke nusa ceningan dan lembongan kira2 butuh waktu berapa hari trip ya?
    dan klo dari nusa penida ke nusa lembongan itu naik fastboat jg ya?

Balasan
    1. 3 hari 2 malam cukup ya mba, tapi saya gak tau jembatan yang menghubungkan Nusa Lembongan dan Ceningan sudah bisa dilewati atau belum. Untuk boat dari Penida ke Lembongan saya kurang paham mba, setau saya si cuma ke Sanur aja dan boat dari Sanur ke Penida dan Lembongan juga berbeda

Hapus
  61. Tulisan yang sangat bermanfaat semoga kedepan Nusa Penida menjadi destinasi terfavorit di Bali. Banyak wisatawan yang tour dan berwisata ke Nusa Penida. Salam kenal Bayu. Semoga tulisan inspiratif dan sangat lengkap bisa memberikan informasi bagi semua wisatawan baik lokal dan mancanegara. Salam dari Raja Hutan Tour.
    www.rajahutantour.com

62. Luar biasa blog nya, lengkap banget ya, next aku juga mau turun ke suwehan. Kemarin aku ke kelingking beach ternyata sudah bisa turun tapi jalannya terjal dan kita masih ada yg mau dikunjungi, takut kelamaan akhirnya ga jadi turun.

btw, try peguyangan waterfall! Worth to explore

Balasan
    1. Hehe makasih banyak ya! Oh ya saya tadinya tu mau ke Peguyangan, cuma karena udah capek banget dari Suwehan, ya ditunda deh. Kapan2 kalo saya kesana, tujuannya saya memang mau ke Peguyangan hehe