Backpacker dan Ngegembel di PANGANDARAN

Oke balik lagi dengan gue, sekarang gue mau nyeritain pengalaman gue backpack + ngegembel di Pangandaran tanggal 14-16 Januari 2014. Gue bersama temen-temen gue yang awalnya gue ragu apa mereka bisa menyatu disaat liburan dengan tipe backpack + ngegembel ini. Temen gue yaitu antara lain si Ipin (temen saling sharing soal travel-backpack), Meivy (bundanya jurusan gue, mukanya boleh polos tapi kelakuannya jagoan!), Eka (ni bocah yang selalu ngebuat ceria selama perjalanan kita), Uswah (entah ini gue atau temen-temen gue juga mikir, kalo uswah selalu stylish di berbagai keadaan), Badur (gue baru kenal, tapi gue nyambung sama dia soal kamera haha), dan Faisal (pemikiran pertama gue dia bakal bawa laptop saat kita liburan, soalnya doi hightech sob).

Singkat cerita awal mulanya ini direncanakan yaitu waktu sehabis mata kuliah SJI (sumber jasa informasi), gue ipin meivy dan faisal masi di kelas. Ga lama si ipin ngajakin gue jalan, tapi awalnya dia ngajak ke lombok. Gue gamau soalnya harga tiket kereta terhitung Januari 2014 naik sob, bisa bangkrut gue kalo dadakan. Oke skip lombok gue punya ide buat kita pergi ke Bromo. Gue deal, ipin deal, meivy deal, faisal iyee dah. Gue cari info kesana dan gue catet berapa pengeluarannya. Ternyata pas ngitung-ngitung mahal juga sob, bisa abis lebih dari 600ribuan lah. Akhirnya kita memustukan skip ke Bromo dan berpikir ulang. Ga lama si Ipin nyoba nyuruh gue nyari info tentang Pangandaran dimana terakhir gue kesana itu tahun 2004. Oke gue cari info-infonya dan nyesssss kayanya ini srek ama kita, ada green canyon buat body rafting dan snorkeling (baru tau gue juga di pangandaran bisa snorkeling). Oke keputusan antara gue dan ipin akhirnya bulat dan berlanjut untuk memulai liburan ke Pangandaran ga hanya backpacker, tapi juga ngegembel! Setelah 4 orang deal yaitu gue ipin meivy dan faisal, temen gue si uswah dan eka ga nyangka bakal ikut juga haha soalnya gue ga yakin kalo dia mau liburan dengan konsep ini tapi ternyatu, uwhhh yeah! Dan meivy juga membawa sohibnya yaitu Badur. Okee saatnya menceritakan dari awal pemberangkatan hingga pulang, stay tuned!

Hari pertama Depok-Pangandaran (14 Januari 2014 Sore)

Sore hari yang cukup cerah bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad SAW, kita berangkat menuju Pangandaran menggunakan Bus Budiman dengan tarif 80ribu. Kita semua kumpul di Terminal Depok kurang lebih jam 5 sore tetapi bus juga belum datang. Gue nanya ke petugas ternyata bus nya tadi siang kena macet di daerah gentong, Tasik. Oke sambil nunggu bus, kita makan dulu di sekitaran terminal kecuali meivy dan badur. Ga lama bus dateng sekitar jam 6 sore dan kita langsung ngetag tempat paling belakang. Udah solat mahgrib, udah buang air pula bus belum berangkat-berangkat dan akhirnya pukul 8 malam bus berangkat dari terminal Depok. Bus dalam kondisi penuh (entah kita yang menuh-menuhin) dan eksklusifnya, ini bus lewat depan rumah gue persis yaitu Villa Pertiwi haha. Gue kira bus uda penuh gini yauda langsung cus jalan tanpa henti, ternyata ngga sob! Bus berhenti sebentar di sekitaran cilangkap dan menaikan penumpang yang membuat mereka berdiri layaknya bus Kp.Rambutan-Depok! Antara heran dan bodo amat soalnya uda malam dan kita semua uda cape. Ga lama ternyata bus berhenti di sekitara cibinong dan tetap menaikan penumpang sob. Gue uda makin ga nyaman aja mana ada ibu-ibu sama mba-mba di depan gue duduk dibawah, sebelah gue ibu-ibu bawa anak tapi anaknya rewel mulu, hadeehh. Gue disini tega ga tega juga, tega karena kasian liat ibu-ibu itu duduk dibawah, ga tega soalnya gue uda cape, ngantuk, ditambah gue juga uda nunggu dari terminal Depok lama. Setelah tidur cukup lama dan gue baru sadar di sekitaran jalan Bandung-Nagreg, akhirnya gue dan badur mengalah ke ibu-ibu tadi, kasian sob dan faisal juga pindah ke bangku cadangan di belakang bus. Yauda gue tidur aja terlentang, bodo amat deh yang penting tidur haha. Akhirnya kita sampai di Pangandaran sekitar pukul setengah 7 pagi.

Hari Kedua Body Rafting di Green Canyon (15 Januari 2014)

Sesampainya di terminal Pangandaran, uda banyak tukang becak yang nawarin kita buat ke pantai. Tapi disini kita menolaknya dengan halus dan memutuskan untuk istirahat sebentar di Masjid Agung Pangandaran sekedar cuci muka, sarapan, "bongkar muat" dll.

Di depan Masjid Agung Pangandaran

Si ipin (kerudung coklat), Eka (kerudung biru) dan Uswah (kerudung motif)

Faisal dan yang botak itu Gue ;)

Nah ini si Eka

Ini si Badur dan Meivy, dua sejoli ceilehh

Setelah berbenah dll, kita persiapkan diri untuk menuju terminal. Ternyata di terminal sepi banget penumpang sob, usut punya usut ternyata warga pangandaran sehabis liburan keagamaan seperti Maulid Nabi Muhammad SAW kemarin, besoknya juga libur, alhasil ni kota ya sepi banget. Sesampainya di terminal kita di tawarin angkot dan kita ternyata harus carter, soalnya sepi penumpang. Awalnya dibuka harga 20ribu/orang tapi gue main ceplos 15ribu dan hasilnya deal. Seharusnya mungkin bisa 10ribu, tapi yasudahlah maafkan saya man teman :D. Selama di perjalanan kita ngobrol sama sopir angkot, emang asik si dia tapi nyeocos mulu, bikin pegel mulut haha. Ga lama kita jalan di jalanan mulus, tiba saatnya offroad sob dimana jalanan rusak lebih kurang 7km! Selama perjalanan rusak ada aja hal lucu yang membuat kami tertawa seperti spanduk-spanduk sindiran dengan bahasa sunda bahkan ada kolam ikan sob di tengah jalan! Hal yang jarang banget kita temui di Depok haha.

Jalan dari masjid agung ke terminal, deket

Gue dan Ipin mencoba menawar ke abang-abang

Suasana di dalam angkot

Salah satu bentuk sindiran di jalan rusak

Setelah satu jam lebih dikit perjalanan, kita sampai di Green Canyon tepatnya di Agen wisata Guha Bau. Ya memang kita menggunakan jasa pemandu wisata ini, karena setelah hitung-hitung jika tanpa pemandu, lebih murah sedikit tapi ga seru. Kita cukup mengeluarkan bersih 1juta rupiah untuk minimal 5 orang (200ribu perorang, lebih tetep sama) sudah termasuk makan siang, pokoknya plus banget deh bisa cek disini buat infonya, recomended! Setalah sampai kita sarapan dulu dan mulai memakai peralatan seperti decker, pelampung, sandal gunung, dan helm. Let's rock sob! Kita jalan menggunakan mobil bak, ya beda dari yang reguler, kalo reguler menggunakan perahu dan langsung sampai di green canyon, tetapi dengan menggunakan pemandu Guha bau kita mulai dari hulunya yang berarti lebih lama dan lebih gila medannya sob. Sesampainya di mulut Goa bau, kita foto-foto dulu sebelum pengarungan.

Di tempat parkir green canyon

Kita mulai menggunakan mobil bak dulu sob, anti mainstream

Di depan Goa Bau

Start awal kita juga ga mainstream sob, lompat dulu dari ketinggian 3-4 meter haha emang bener-bener gila trek nya. Kita mengarungi sungai dengan warna hijau agak kecoklatan (sebelumnya coklat banget katanya tapi beruntung kita datang ga ujan malamnya) naik ke atas batu-batuan yang curam soalnya terdapat jeram yang deras tapi batuannya dangkal. Ga lama kita menyisiri sungai dan melewati batuan pinggir sungai, kita kejebak diantara dua pilihan, yaitu lompat dari ketinggian 11 meter atau 4 meter. Ya dipilih dipilih haha soalnya ga ada pilihan lain. Gue gamau lompat dari ketinggian 11 meter, bukannya takut tapi gue punya pengalaman pahit ketika lompat dari ketinggian yang sama di kali Oyo Yogya. Akhirnya gue eka uswah dan faisal memilih lompat yang 4 meter aja sedangkan meivy badur dan ipin yang 11 meter. Setelah melewati trek yang ekstrim itu, kita tetap berada di arus yang ekstrim. Melewati jeram yang cukup deras dan dalam, main kereta-keretaan hehehe. Inget sob ini baru di hulunya, belum di green canyonnya dan yang membuat lebih menantang itu pas di hulu ini. Setelah melewati jeram yang cukup deras, pemandu bilang kita istirahat sekedar ngemil atau minum. Entah gue atau temen-temen gue juga nyeleneh kalo ngomong, berandai-andai kalo ada tukang bakso atau mie yang jualan di sekitaran hulu sungai green canyon ini. Ga lama kita istirahat dan kita heran disana kok ada asap, ternyata orang jualan kopi sob! haha kita semua sehentak ngakak karena apa yang kita ragukan ternyata ada. Bayangin di tengah curamnya bebatuan sungai dan derasnya jeram, ada orang jualan meskipun hanya sekedar kopi. Akhirnya kita istirahat dulu sebentar sekedar merenggangkan kaki, ngemil, dan minum.

Penulis narsis dulu hehe

Maen kereta-keretaan sob

Istirahat dulu

Setelah istirahat beberapa menit, kita semua siap mengarungi derasnya hulu sungai Green Canyon ini karena ga lama kita tiba di GREEN CANYON!Yuhuuuuu! Sebelum masuk di cekungan Green Canyon, ada sedikit insiden dimana "kereta" gue yaitu gue, meivy dan uswah berbeda arah dengan "kereta" faisal ipin badur dan eka. Karena jeram di pintu masuk Green Canyon dari hulu sangat amat deras, pemandu memulai aksinya menjadi tim rescue kita haha. Dengan menggunakan seutas tali tambang kita nyebrang melawan derasnya arus, pengalaman baru ini sob buat gue meivy dan uswah. Setelah berkumpul lagi, kita mengarungi Green Canyon dengan jalan kaki melewati bebatuan, soalnya arus dari hulu deres minta ampun sob. Selama jalan kita memasuki kawasan Green Canyon yaitu Hujan Abadi. Mengapa abadi?karena air ini selalu menetes dari dinding-dinding meskipun musim kemarau. Setelah melewati kawasan hujan abadi dan mencicipi air yang segarnya lebih segar dari Aqua botol, kita dapat melihat Green Canyon. Pemandangannya Subhanallah banget dimana bebatuan unik dan seakan-akan kita berada di himpit antara dinding-dinding terjal. Karena ini pengarungan terakhir dan disana ada ikon Green Canyon yaitu Batu Payung, gue ipin meivy dan badur ga mau kehilangan kesempatan buat loncat dari sana haha. Sedangkan faisal uswah dan eka memutuskan tidak meloncat karena mereka cape (atau takut hehe). Cara menuju batu payung pun juga ga kalah gokil sob, kita harus manjat-manjat diantara batuan curam dan licin. Sesampainya diatas batu payung yang gue kira pendek itu, ternyata tinggi banget sob kalo lo uda diatasnya, kurang lebih 7-8meter lah. Pelompat pertama badur, sukses dengan teriakannya, pelompat kedua meivy, sukses dengan suaranya yang ga ada, pelompat ketiga ipin sukses dengan teriakan Allahuakbar tapi ga jadi lompat dan melompat ulang dengan teriakan biasa haha, dan terakhir gue dengan suara baru teriak pas mau nyentuh air, rasanya tu ya gitu deh, geli-geli di dada sama sakit-sakit di pantat. Setelah melompat dari batu payung itu, berakhir pula kita mengarungi Green Canyon. Semua pada senang, puas, uang yang kita keluarkan meskipun banyak untuk Bodyrafting ini tapi worthed apa yang kita dapatkan. Setelah menunggu agak lama akhirnya perahu kami tiba dan menuju dermaga 1 Green Canyon. Bye Green Canyon, thanks for giving the best experience bodyrafting ever ;).

Hujan abadi Green Canyon

Di depan itu Green Canyonnya sob, kita dari hulu nya

Kalo arus ga begitu deres, kita lewat jeram-jeramnya. Tapi ini menantang banget!

Otw Batu Payung

Persiapan lompat dari Batu Payung

Pulang dari Green Canyon menggunakan perahu

Eaaa Eaa pada happy abis bodyrafting

Setelah bersih-bersih, solat dan makan, kita persiapan bergegas pulang. Disini lah ide gembel gue dan ipin tercipta untuk ngebeng entah mobil bak atau truck sekalipun. Kita mencoba trus untuk melobi mobil yang lewat tetapi tidak ada yang memberi tumpangan. Dalam keadaan frustasi dimana jam 5 sore kala itu angkot uda ga ada, sekalinya ada harus charter dan pastinya mahal, gue dan ipin tetep berusaha. Ga lama ada mobil bak, kosong lalu kita lobi eh dia berhenti dan menanyakan mau kemana, dan untungnya searah haha jadi deh kita ngebeng dengan mobil bak itu. Sopir jalannya ngebut banget sob dan yang membuat kita terpanah yaitu sang sopir melewati jalur alternatif di pinggir pantai. Uda numpang gratis kita dapet bonus pemandangan pantai selatan dari atas mobil bak haha.

Ipin, gue, dan mevi. Si eka faisal dan badur berhadapan dengan kita

Sesampainya di depan Masjid Agung Pangandaran, gue dan ipin memutuskan untuk memberi tip sekedar ucapan terimakasih 5ribu/orang. Setelah sampai di Masjid Agung Pangandaran dan temen-temen gue pada bingung mau tidur dimana, gue dan ipin memutuskan untuk tidur di Masjid ini. Akhirnya gue ijin ke satpamnya dengan halus dan tidak memaksa dan untungnya kami di izinkan!haha. Berkat kita izin, kita disediakan karpet untuk alas tidur, bener-bener perhatian banget deh bapak satpamnya, baik banget pokoknya. Malam tiba dan setelah mencari makan malam, kami menuju ke Masjid Agung untuk tidur. Berbenah semuanya dengan menggelar karpet di bawah tangga agar tidak mencolok perhatian orang lain, kami pun tidur pulas karena badan benar-benar cape banget tetapi terbayar dengan bodyrafting di Green canyon. Oh ya kami juga memberikan tip kepada bapak satpam yang baik itu 7ribu/orang sekedar ucapan terimakasih telah perhatian dan menyediakan alas tidur.

Hari Ketiga Snorkeling di Pasir Putih Pananjung (16 Januari 2014)

Pagi hari tiba, cuaca cerah tetapi matahari masih malu-malu untuk menampakan diri, kita siap-siap untuk berpetualang ke agenda selanjutnya yaitu Snorkeling di Pasir Putih Pananjung. Snorkeling di Pangandaran anatara memang sudah lama atau memang baru karena gue baru denger. Setelah sarapan, stretching, dan pamitan dengan bapak satpam yang baik itu, kita bergegas dari Masjid menuju Pantai Pangandaran yang jaraknya sekitar 2km. Di depan pintu gerbang kami di kenakan biaya 3300 per orang. Karena ribet si ipin nawar 20ribu bertujuh dan akhirnya deal. Selama di perjalanan, kami sekedar foto-foto, fokus jalan dll. Akhirnya ga lama kami tiba di bibir pantai Pangandaran. Memang enaknya jalan pas weekday itu sepi banget sob. Kita jalan di bibir pantai sambil bermain air dan foto-foto, ada mas-mas tukang perahu menawarkan ke kita untuk menyebrangi lautan menuju pasir putih. Per orang dikenakan tarif 15ribu rupiah yah tergolong amat murah menurut saya, karena saya mencari informasi kalau menyewa perahu itu minimal 25ribu perorang. Tetapi dengan keteguhan kami yang memang ingin jalan melewati Cagar Alam Pananjung untuk mencapai Pasir Putih yang kurang lebih jaraknya 5km, kami menolaknya dengan halus. Kita bermain di air sambil jalan dan disaat kita melihat waktu, sudah jam setengah 9 pagi. Saya dan ipin sempat berpikir kalau kami jalan apakah cukup waktunya dimana ipin harus segera di teminal pangandaran jam 2 siang, karena bus dari Pangandaran ke Cilacap jalan terakhir jam 2 siang. Akhirnya saya dan ipin menyamper mas-mas perahu tadi dan memulai tawar menawar. Kami menawar 10ribu perorang, awalnya mas-masnya gamau, tetapi berkat kepiyawaiyan gue dan ipin (caileh) dalam menawar, akhirnya mas-masnya mau, haha gila murah banget naik perahu dari bibir pantai pangandaran sampai pasir putih hanya 10ribu/orang PP dimana seharusnya minimal 25ribu/orang PP. Kami bergegas naik perahu dan menikmati guncangan ombak Samudra Hindia. Oh ya buat info aja masuk cagar alam pananjung bayar loh ya, 9500rupiah, makanya kita dapet angkutan ekspres murah dan cepat tanpa capek hehe.

Pantai Pangandaran

Narsis again

Sebelum pengarungan Samudera Hindia

Sesampainya di Pasir Putih, suasana cukup ramai sob tapi mungkin ga seramai weekend ya. Kita turun dari kapal langsung berjejer deh jasa penyewaan alat Snorkeling yang terdiri dari pelampung dan kacamata khusus snorkeling atau si ipin nyebutnya gugel. Tarif sewa dikenakan biaya 35ribu dan kata dia si harga pas ga bisa ditawar. Cukup mahal tetapi entah mas-masnya ga bisa matematika atau memang seharusnya bisa kurang, kami menawar untuk 4 paket alat snorkeling 100ribu dimana perorangnya 25ribu dan dia deal haha beruntung banget. Yang patut kalian wapadai adalah kehadiran monyet-monyet liar di sekitaran pasir putih pananjung ini. Jangan sekali-sekali baju atau perlengkapan apapun kalian taro di kantong kresek, karena monyet berfikir itu adalah makanan. Temen gue si Meivy yang menjadi korban dimana kantong kresek (untungnya kosong) dan kaos kaki nya diambil. Semoga si monyet ga pingsan deh gigit-gigit kaos kakinya si meivy haha peace mev. Oh ya satu lagi, kalian harus mempersiapkan pakai baju renang sebelum memutuskan ke pantai pasir putih, karena disana ga ada area ruang ganti bahkan kamar mandi. Kalau ngga ya jadinya kaya kita deh, ganti bajunya ditutupin sehelai kain sarung haha. Buat gue sama badur ga masalah soalnye kita cowo, nah buat yang cewe apa lagi ini temen gue yang ikut semua kerudungan, pr banget haha. Oke selesai ganti baju, gue meivy badur dan ipin siap bersnorkeling sampai tengah-tengah lautan (gaye aje padahal mah paling jauh 50 meter dari bibir pantai pasir putih), sedangkan eka dan uswah bermain aja di tepi pantai soalnya mereka ga bisa snorkeling, si faisal juga ga bisa berenang sama sekali, jadinya dia deh yang jadi fotografer kita-kita.

Si eka lagi sulap haha

Harus waspada sama hewan yang satu ini
Persiapan Snorkeling gue ipin meivy dan badur

Snorkeling Time!

Si uswah sama eka bercanda ria berduaan di tepi pantai

Setelah capek bersnorkeling dan cuaca juga uda agak mendung menjelang badai sepertinya, kita memutuskan untuk kembali lagi ke Pangandaran. Snorkeling pananjung emang manteb sob, murah berkualitas dan pokoknya salut gue dengan pangandaran yang sekarang di banding yang lalu hehe. Sesampainya di bibir pantai pangandaran lagi, kami bergegas mencari tempat bilas. Selsai bilas kami semua pergi deh mencari makan siang dan say good bye ke Pantai Pangandaran dan Pantai Pasir Putih Pananjung, dadaaah, you're Awesome! Setelah sampai lagi di sekitaran terminal pangandaran buat nganter ipin, kita makan siang dulu dan ga lama bus ke arah cilacap dateng dan mau berangkat. Kita berpisah dengan ipin soalnya dia anak asli cilacap, balik deh dia kesana haha. Oke tinggal ada gue badur faisal eka uswah dan meivy untuk transit lagi di Masjid Agung sekedar solat zuhur, tidur siang, solat ashar dan menunggu bus ke arah Depok. Bus Budiman Depok-Pangandaran jalan sekitar jam 5-7 malam, pokoknya ya di rentang waktu itu lah. Kita nunggu dari jam 5 sore di terminal, yang datang bus non ac. Nunggu sampe mahgrib belum juga datang akhirnya sudah pasti bus datang jam 7 malam. Karena gue ga bisa tidur kalo laper ditambah bus baru berhenti di sekitaran Limbangan (4-5 jam dari Pangandaran) gue memutuskan beli ayam bakar kampung sendiri. Gue kira yang namanya ayam bakar ya sama paling harganya kaya di Jakarta, berkisar 15ribuan. Ternyata gue keceleng sob, harganya 23ribu! ett dah mahal amat tapi gapapa lah biar bonus aja. Sekitar jam 7 lebih dikit akhirnya bus Budiman Depok-Pangandaran tiba dan kami bergegas mengetag bangku tengah. Oh ya bus Budiman Depok-Pangandaran transit di terminal Pangandaran kurang dari 2 menit, jadi usahakan jangan telat. Perjalanan kurang lebih 9 jam dan sekitar jam 5 pagi gue adalah orang pertama yang turun, asiknya di depan rumah haha soalnya bus lewatin depan perumahan gue, alhasil lebih cepat. Temen gue si Badur juga turun di Simpangan Depok dan yang terakhir si faisal, eka, uswah, dan meivy berhenti di terminal akhir terminal Depok.

Buat referensi kalian jika mau ke pangandaran ala kita, ni gue kasi tau berapa pengeluarannya. Pokoknya kita uda matok harus kurang atau pas 500ribu, ni gue kasi tau rinciannya :

Tiket bus PP : 160.000
Naik kapal PP : 10.000
Snorkeling : 25.000

Total = Rp. 425.000
*note : ini belum termasuk makan, biaya kencing, BAB, bilas yang kalo di total dari pengeluaran gue sendiri Rp. 480.000

Itu dia cerita gue sob Backpackeran + ngegembel di Pangandaran dari tanggal 14 Januari sore - 17 Januari pagi. Pengalaman yang ga terlupakan buat kami semua, begitu seru, begitu indah, begitu mengenang (yaelah sok melankolis lo bay). Pokoknya lo harus kesana sob, Pangandaran is the one of the great destination in West Java. See you in another story from my trip!