Liburan Ala Semi Backpacker ke Yogyakarta Part 1

Oke sekarang gue mau bagi-bagi cerita perjalanan menuju Yogyakarta tanggal 21-27 Juni 2013. Gue waktu itu jalan ama temen-temen gue, sohib gue ceileh yg terdiri dari 4 cowo dan 2 cewe Wiyan, Arif, Bagus, gue sendiri bayu, Nike, dan Novi. Pertama-tama gue mau ngasi pernyataan dulu kalo perjalanan kali ini gue ga make prinsip gembelers dan masuknya adalah semi backpacker. Why? Karena disini kita tidur, makan, dan jalan-jalan pake fasilitas yang dimiliki nenek gue (nenek gue tinggal di daerah wonosari, yogyakarta) tapi tetep dengan biaya yg minimalis tapi asik.

Hari ke-1 Perjalanan menuju Yogyakarta

Gue sama temen-temen gue pergi kesana naik kereta Kutojaya Utara (Ps.Senen-Kutoarjo) dengan tarif 70ribu rupiah karena berdasarkan rembukan, temen-temen gue mau liat pemandangan dari jakarta sampe kutoarjo di pagi hari, jadi ya dipilih deh kereta ini yang padahal pr banget buat kita (nanti di jelaskan).
Oke semua pada nginep di rumah gue biar gampang jalannya karena kereta jalan jam 5.30 pagi dan kita siap-siap dari rumah jam 3 pagi (pr pertama). Mata pada masih siyep-siyep, bokap juga ngendarain mobil macam paul walker, sampailah kita di stasiun Pasar Senen jam 5 pagi. Sambil menunggu kereta yang jalan +- setengah jam lagi, kita siap-siap dulu untuk solat subuh, "bongkar muat", dll. Akhirnya tepat pukul 5.30 pagi kereta jalan, jug jug jug jug. Ga nyangka gue awalnya kereta ekonomi jalannya tepat banget sama yang tertera di tiket, gue kira bakal ngaret ya taulah gimana bangsa ini kalo bicara soal ketepatan waktu. Pemandangan sepanjang perjalanan dari Jakarta-Kutoarjo cukup mengesankan buat kami. Melihat hijaunya sawah (petak Bekasi-Cirebon) dan curam nya jurang-jurang di kaki gunung slamet (petak Prupuk-Purwokerto) terbayar sudah pr kami yg pertama hehe. Sesampainya di kutoarjo, membuat gue dan temen-temen heran. Sampe nya pas brooh jam 13.07, di tiket juga tertera sama, muke gile. Abis itu gue makan di warteg deket stasiun trus nyari bus deh. Tarif bus Kutoarjo-Yogya berkisar 12ribu dan untungnya waktu itu sehari sebelum BBM naik, jadi masih murah. Sialnya bus ke Yogya selalu penuh, dan pr kedua adalah kita desek-desekan ditambah gue bediri +- 3 jam, mangcaplah. Sesampainya di terminal jogja, kita di jemput sama om tante gue dan langsung menuju rumah nenek gue yang terletak di Wonosari +- 1 jam dari kota Yogya.

Hari ke-2 Perjalanan menuju Candi Prambanan dan Malioboro

Abis bangun tidur, mandi, berak, sarapan, kita langsung bergegas ke candi prambanan. Ini sih bukan kali pertama gue kesana, cuma seinget gue, dulu gue paling takut masuk kedalem soalnya gelap trus patungnya gede (Maklum, masih ciut) tapi dengan segenap jiwa dan raga akhirnya gue berani memberanikan diri. Sesampainya disana sekitar jam 9 pagi, kita langsung cau masuk aja deh, bayar tiket seharga 35 ribu, poto-poto hehe. Kami ngambil tiket yang prambanan aja, soalnya kita males buat jalan lagi ke Ratu Boko. Cuma kalo kalian belum pernah ke Ratu Boko, pake paket nya aja biar lebih murah cuma 45 ribu uda sama transport kesana. Disana ya kerjaan kita foto-foto, melihat keagungan candi prambanan yang megah, ngeliat bule seksi, masuk ke dalam candi, ya gitu-gitu deh haha. Lama-lama kita bosen dan memutuskan siang itu sesudah makan pake bekel yang dimasak dirumah nenek gue, kita langsung cabut ke Malioboro. Karena gue uda bosen banget belanja di Malioboro, yaude gue jadinya bantuin temen gue yang pada belanja deh.Tips ni kalo lo belanja di Malioboro, usahain pake bahasa Jawa, bakal dapet setengah harga cuy! kecuali untuk baju kaya Dagadu ya, uda di patok tu harganya jadi ga bisa di tawar. Capek abis belanja kita cus langsung ke alun-alun kidul buat makan malam. Rame bener si emang secara waktu itu kita dateng pas Malem Minggu. Disana ada kendaraan unik yaitu sepeda dengan garis-garis lampu warna-warni dan alunan musik kaga karuan (macem jastin biber dkk). Kita makan macem-macem, ada yang makan mie ayam, sego kucing, naget-nagetan, pokoknya yang murah itu yang dimakan. Abis kita makan, kenyang, dan badan uda capek banget, pulang deh kita menuju rumah nenek gue lagi.

Wiyan, Novi, Nike, Arip

Bagus dan Gue

Candi Prambanan

Pasar Beringharjo

Sepada Wisata di Alun-alun Kidul

Lesehan dulu ;)


Hari ke-3 Perjalanan Jelajah pantai selatan Gunung Kidul

Nah akhirnya hari yang di tunggu tiba oleh temen-temen gue yang ga sabar pengen ke pantai buat tau dah haha cuma maen air. Perjalanan kurang lebih 1 jam dari rumah nenek gue pake mobil pribadi. Pantai pertama yang kita singgahi yaitu pantai sepanjang. Dari namanya uda ketauan ni pantang panjang, ya memang benar adanya, panjang banget sob buat ngejelajahin dari ujung ke ujung. Pantai kedua yaitu pantai drini. Disini gue dan temen gue yang cowo berenang haha airnya asin. Tapi uniknya dari pantai drini adalah di bibir pantainya terdapat seperti "kolam" yang dibatasi oleh karang-karang jadi ombaknya ga gede, cocok buat berenang. Pantai selanjutnya adalah pantai Indrayanti. Disini kita foto-foto sunset dari atas bukit, pemandanganya memang subhanallah banget, ga kalah deh sama pantai phuket atau apalah. Setelah puas foto-foto sunset, kita bergegas ke pantai terakhair yaitu krakal. Disini kita rencana mau foto sunset juga diatas bukit datar. Tapi sayang mataharinya uda ketutup, jadinya ya foto-foto biasa aja deh. Puas jelajah pantai, kaki pegel muka juga uda gosong, kita pulang menuju rumah nenek gue yang ga jauh dari sana. Oh ya buat tiket ke pantai tu cuma bayar di gerbang utama aja per orang 5ribu, tinggal nanti bayar lagi di setiap pantainya 5ribu (bayar parkir mobil, kalo jalan kaki ya gratis hehe)

Pantai Sepanjang
Main air dulu di pantai sepanjang


Renang di pantai drini

Pemandangan pantai indrayanti dari atas bukit



Sunset di pantai indrayanti

Loncat dulu lah di pantai Krakal ;)

Kontur pantai krakal, terjal dan berbukit





 Hari ke-4 Perjalanan ke Goa Pindul dan Kali oya



Pagi-pagi udah berbenah, capek nya udah ilang abis dari pantai kita langsung pergi ke Desa wisata Goa pindul yang ga jauh dari rumah nenek gue kurang lebih 15 menit perjalanan. Singkat cerita sebelumnya gue cerita dulu ama om kalo mau kesana, eh emang namanya rejeki, ternyata salah satu temen om gue adalah orang yang mempunyai paket wisata disana. Jadi deh kita dapet diskon hehe. Sesampainya disana kita langsung disambut dengan temen nya om gue itu dengan ramah, dikasi tarif 60ribu untuk dua paket wisata yaitu Goa Pindul dan Kali Oyo yang seharusnya normal 75ribu. Selsai ganti baju, kita langsung jalan ke lokasi goa pindul dengan menggunakan pajero sport mobil bak mungkin ya sekitar tahun 80an tapi tetep kuat sob hebatnya. Setelah sampai di bibir Goa Pindul kami langsung turun menggunakan ban dan saling berpegangan. Goa pindul memiliki 3 zona yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap abadi. Temen gue si nike paling takut sama yang namanya gelap.Saking takutnya, waktu pemandu mematikan senter, sentak suasana langsung gelap gulita dan nike teriak-teriak ga karuan -___-. Oke setelah 45 menit mengarungi Goa Pindul yang penuh dengan stalagtit dan kotoran kelelawar, kami sudah berada di ujung goa yaitu terdapat lobang di tengah-tengah nya. Eitss kita ga hanya menyusuri goa, tapi kita juga loncat dulu di salah satu tebing goa ya ketinggiannya si ga sampe 3 meter, tapi so far seru! Setelah keluar dari goa pindul, kami langsung bergegas menuju kali oyo menggunakan pajero sport mobil bak tahun 80an itu kembali. 

Sesampainya di sekitaran sungai oyo, kita langsung mengarungi sungai menggunakan ban lagi, untungnya arus sungai oyo tidak begitu deras. Lama mengarungi akhirnya kita sampai di tempat ekstrim. Ya memang sangat ekstrim karena disana lah adrenalin kita diuji untuk lompat dari ketinggian 11 meter! awalnya gue, arif, wiyan, sama bagus pede eh pas uda di atas langsung pada skut. Novi sama nike ga ikutan soalnya doi takut. Oke pelompat awal adalah arip, kedua bagus, ketiga gue, dan keempat wiyan. Pas gue loncat tu rasanya ga nyampe-nyampe, nyawa masi diatas tapi badan uda di bawah dan sialnya waktu pas gue jatuh, hentakan air tepat mengenai "adek" gue dan seketika itu juga gue kram kaga bisa ngapa-ngapain haha. Tapi ga pake lama akhirnya sembuh juga, gue dan temen gue mencoba lompat dari batu ketinggian 5 meter. Kami berempat lompat bersamaan, rasanya si ga begitu ekstrim seperti yang 11 meter itu tapi ya tetep membuat pantat sakit. Oke setelah melewati zona ekstrim kita memasuki zona lenjeh. Kenapa zona lenjeh?ya kita disini cuma tiduran aja di ban sambil menikmati derasnya arus kali oyo sampai di ujung batas aman kali dan selsai lah petualangan kita di Goa Pindul dan Kali oyo ;).


Foto dulu sebelum pengarungan

Perjalanan menuju Goa Pindul

Persiapan masuk ke mulut goa

Mulut Goa Pindul

Di dalam Goa Pindul zona gelap abadi

Lubang raksasa yang menandai akhir dari rute pengarungan

Lompat-lompat deh sebelum keluar


Perjalanan menuju kali Oyo

Menyebrangi kali Oyo

Yee si mba-mba malah narsis

Persiapan lompat dari ketinggian 11 meter

dadah-dadah dulu

Saatnya eksekusi ;)

Lenjeh-lenjeh sambil menikmati jeram kali Oyo




Diteruskan ke postingan  Liburan Ala Semi Backpacker ke Yogyakarta Part 2...























Komentar