Pendakian Gunung Cikuray 2821 Mdpl : Switzerland nya Jawa Barat

Pendakian ini berawal dari ada postingan di group pendaki di Facebook yang nyari orang untuk ke Papandayan. Awalnya gue ga peduli, tapi kok dipikir-pikir enak juga kali ya bisa mendaki bareng orang-orang baru yang sebelumnya gak gue kenal, nambah temen gitu ceritanya. Akhirnya gue balik tanya dan mereka merespon dengan baik yaitu bang Salam, kita juga meeting point dulu untuk ngomongin soal hal yang ga terduga yaitu Papandayan tiba-tiba kebakaran, di lokasi vital nya Tegal Alun. Waduh, jadi bingung kita mau diundur atau pindah ke gunung lain. Setelah diskusi begini begitu, akhirnya gue dan temen-temen baru memutuskan untuk mendaki gunung yang emang dari dulu pengen banget gue daki, masih di wilayah Papandayan, si kerucut yang menjulang paling tinggi di tanah dodol, Cikuray 2821 Mdpl.

Pendakian ini kita rencanakan tanggal 18-20 September 2015 atau di hari mainstream yaitu Jumat Sabtu Minggu. Beranggotakan awalnya 6 orang (Gue,Adul Salam, Gaban, Miung, Depoy, dan Yusup), gue ajak temen gue yang pernah ngedaki bareng ke gunung Gede dan traveling ke Jatim kemaren yaitu si cowo *eh cewe deng* yaitu Pinesti a.k.a Ines.

Karena kita bertujuh, kita sewa kendaraan dari Jakarta langsung menuju basecamp Pemancar pp dengan tarif 1.5 Juta. Padahal bisa muat berdelapan-sembilan orang, tapi nyari orang nya susah yauda bertujuh aja. Lagipula, kita bertujuh kalo ngeteng biaya nya hampir sama perorang nya buat transportasi, makanya kita putuskan tetep pake mobil antarjemput pendaki aja biar efisien waktunya.

Jumat, 18 September 2015

Kita semua meeting point di Pasar Rebo deket bus-bus ngetem, mobil antarjemput juga sudah standby, kita lengkap, packing carrier yang segede jamban masuk semua, kita berangkat tepat jam 22.30 malam. Oh ya buat mobil antarjemput itu kita dapet info dari group facebook. Sopir nya namanya bang Dani, ramah, asik, rekomended lah pokoknya. Kita bertujuh pake mobil grand max, tidur selonjoran soalnya kursi kita angkat semua.

Ini kartu namanya

Sabtu, 19 September 2015

Sekitar jam setengah 3 pagi, kita tiba di gerbang menuju perkebunan teh DayeuhManggung dan perorang ditagih 10rb untuk biaya masuk. Biaya ini sering dibilang temen-temen pendaki sebagai simaksi pendakian gunung Cikuray, padahal cuma numpang lewat kebon teh nya aja. Perjalanan dari gerbang menuju basecamp pemancar cukup lama karena jalanan yang berbatu, akhirnya kita tiba di basecamp Pemancar jam 5 pagi.

Suasana basecamp pada saat itu sudah cukup ramai, bahkan sudah ada yang mendaki. Menurut gue ini basecamp paling agak kurang pelayanan si, masa kita uda bayar 10rb tapi ngegunain toilet aja masih harus bayar lagi. Kalo gunung-gunung di Jateng mah 10rb uda include semua. Oke skip akan hal itu, kita mulai pemanasan dan menikmati sunset di basecamp pemancar yang sangat indah dengan latar gunung Galunggung.

Sunrise di Pemancar

Ini bukan penulis, tapi temen dan dia cewek, si Ines
Udah puas kita menikmati indahnya sunrise sebagai bumbu awal pendakian, kita start mendaki jam setengah 7 pagi. Sebelum mendaki menyusuri perkebunan teh, kita daftar dulu di pos, berapa jumlah anggota kita, darimana, dan nomor telpon yang bisa dihubungi. Kita pun disuruh atau lebih halusnya mengisi kotak secara sukarela saja. Oke register kelar, saatnya mendaki!

Pos Register - Pos 1

Selepas pos register, kita melalui jalur membelah perkebunan teh. Jalurnya ga berat, tapi berat gara-gara debunya yang ga nahan. Sebelum nerusin, kita singgah sebentar di warung sebelum tanjakan cihuy untuk mengisi air. Warung ini merupakan sumber air terakhir, selebihnya sampe puncak udah ga ada. Sumber air juga ada di kamar mandi pemancar, tapi ngantri nya parah banget.

Selepas warung, kita menghadapi tanjakan namanya cihuy. Ga terjal si, tapi debunya itu loh ditambah area terbuka dari warung, membuat lelah cepet banget mendera. Setelah melewati tanjakan cihuy, jalurnya relatif masih terkendali hingga masuk hutan, sampe deh di pos 1. Perjalanan dari pos register sampe pos 1 kita memakan waktu 50 menit.

Jalur perkebunan teh

Tanjakan Cihuy

Pos 1 - Pos 2

Kita istirahat sebentar lalu melanjutkan perjalanan menuju pos 2. Perjalanan menuju pos 2 jalurnya cukup terjal, masih berpegangan dengan akar dan lumayan bikin ngos-ngosan. Anggota kita yang paling lincah emang bang Miung, uda kaya monyet gunung jalannya. Nah yang paling agak harus diperhatikan tuh bang yunus dan depoy, soalnya mereka baru pertama kali mendaki. Si Ines? Dia mah cewek setrong selo jadinya gue. Bang salam sama bang gaban jalannya nyelow aja kaya gue. Perjalanan dari pos 1 menuju pos 2 memakan waktu 50 menit saja.

Istirahat dulu bray
Trek sebelum pos 2

Pos 2 - Pos 3

Nah ini ni, petak yang harus lo waspadain dan kuatin mental. Soalnya trek dari pos 2 menuju pos 3 itu curam banget, ditambah lumayan jauh, bener-bener nguras tenaga. Tanjakan yang ekstrim dari pos 2 menuju pos 3, dengkul ketemu dada, berdebu parah juga waktu itu. Sebelum menyentuh pos 3, kita akan melewati tanjakan extrim namanya Sanghiang Taraje. Intinya itu tanjakan ajegile sangat, kita bertujuh juga lumayan down. Tapi semangat membara, akhirnya kita sampe di pos 3.

Di pos 3, kita bikin kopi dulu dan tidur sebentar karena temen-temen pada cape, ditambah jalur setelah pos 3 lebih parah lagi dari sebelumnya. Kita istirahat hampir 1 jam di pos 3. Perjalanan dari pos 2 menuju pos 3 kita tempuh 1 jam 15 menit tapi berasa kaya 3 jam. Di pos 3 kalian bisa ngediriin beberapa tenda, tapi jalan menuju puncak masih jauh jadi kurang recomended.

Plang Sanghiang Taraje
Sanghiang Taraje

Pos 3

Pos 3 - Pos 4

Setelah badan terasa segar, enak pokoknya, kita lanjut menuju pos 4. Baru aja jalan dikit dari pos 3, kita uda ngehadepin yang nama tanjakan nya itu konyol, tapi pas ngehadepinnya malah kita yang jadi konyol. Patut di waspadai karena tanjakan sangat terjal dan sempit, namanya Tanjakan Wak-Wauw. Setelah melewati tanjakan itu, ga lama kemudian kita sampe di pos 5. Perjalanan dari pos 4 menuju pos 5 hanya memakan waktu 35 menit. Cepet menurut kita, mungkin gara-gara kita tidur dulu, minum kopi sambil ngemil, jadi energi dan nafas mulai teratur.

Tanjakan wak-wauw di depan

Pos 4 - Pos 5

Perjalanan dari pos 4 menuju pos 5 adalah yang paling enak. Bukan karena jalurnya, tapi karena cepet. Cuma melewati 3 tanjakan, kita sampe di Pos 5, hanya membutuhkan waktu 15 menit aja.

Pos 5 - Pos 6

Perjalanan dari pos 5 menuju pos 6 lumayan jauh dan sangat terjal. Kita sampai di pos 6 memakan waktu 1 jam perjalanan. Di pos 6 kita bisa mendirikan tenda karena mempunyai beberapa lahan untuk 7 tenda ukuran 4-5 orang. Kita rencana mau camp disini, tapi uda kesiangan, yauda kita lanjut aja sampe pos 7 mudah-mudahan ada spot buat nenda.

Jalur menuju pos 6

Persiapan lanjut menuju pos 7

Pos 6 - Pos 7

Nah ini adalah etape terakhir dan disini percayalah, untuk mencapai puncak itu butuh perjuangan. Menurut gue, etape pos 6 - 7 adalah etape terberat dari keseluruhan trek Cikuray. Tapi semangat tetap membara karena tempat camp dan puncak sudah di depan mata.

Trek yang harus diwaspadai adalah trek sebelum puncak bayangan, nama tanjakan nya kalo gue liat di stiker si Sanghiang Taraje. Yap, sama kaya di pos 2 menuju pos 3, mungkin ini bagian keduanya. Aduhai lah, bener-bener dengkul ketemu dada, bahkan dahi. Setelah berjibaku selama 1 jam 15 menit, kita sampai di pos 7, Alhamdulillah.

Tapi sayang oh sayang, ternyata pos 7 waktu itu sudah ramai dan kita sudah kehabisan spot nenda disini. Padahal kita sampe jam 2 siang loh. Di pos 7 ini bisa muat banyak tenda di lahan utama nya. Nah kalo lahan utamanya uda penuh tenda, kalian bisa cari di lahan yang nyelip-nyelip antara pos 7 - puncak, itu juga paling lahan kecilnya cuma muat 1 tenda ukuran 6 orang lah. Yauda ga pake lama, dari pos 7 kita lanjut aja ke puncak, karena di puncak bisa camp.

Pos 7 - Puncak

Dari pos 7 menuju puncak tidak jauh dan ga pake lama, cukup 15 menit aja kita naik itu juga gara-gara bawa carrier. Tepat jam 14.15, kita sampai di puncak Cikuray yang ditandai dengan bangunan permanan mirip pos gitu. Di puncak kita memang bisa bangun tenda, tapi selain panas kalo siang, pas malem juga angin pasti gede banget.

Kita mencari tempat camp dengan turun sedikit dari puncak yang ke arah jalur Bayongbong. Akhirnya kita dapet tempat camp bener-bener dibawah puncak banget, ke puncak paling cuma 30 detik. Lahan nya terbuka tapi kita terlindungi sama semak belukar di kiri-kanan nya. Bangun tenda dan makan coy, laper bener!

Istirahat sambil menunggu sore, rencana nya si kite bertujuh mau menikmati sunset gunung Cikuray. Tapi apadaya, yang melek waktu itu cuma gue, ines, dan depoy. Bang adul, miung, gaban, ama yunus uda pada bobo cantik di tenda. Sekitar jam setengah 6 sore kita naik ke puncak lagi dan menikmati sunset yang sangat indah dari puncak. Dari puncak, sore itu kita hanya dapat melihat gunung Papandayan saja karena kondisinya sangat berawan di bawah sana, tapi kita puas melihat sang surya tenggalam di garis horizon dengan sangat jelas.

Sunset Cikuray

Penulis bersama wanita tangguh a.k.a Ines

Bang Depoy, baru pertama naik langsung ke Cikuray *sungkem

Setelah menikmati indah nya sunset Cikuray, kita kembali lagi ke tenda untuk masak makanan malam. Pas uda mulai gelap, baru pada bangun semua dan nanyain sunset kapan. Pada kobam emang, uda gelap malah nyari sunset, nyesel deh bang adul, miung, gaban, sama yunus ga ngeliat indahnya sunset Cikuray yang sepi saat itu. Setelah makan malam, ngobrol, becanda, ada tetangga sebelah maen gitar, nyanyi bareng, di tambah dingin nya Cikuray yang menurut gue yahut banget, sekitar jam setengah 10 malem kita istirahat untuk memulihkan energi turun esok hari.

Minggu, 20 September 2015

Kita semua bangun jam setengah 5 pagi, untuk cepet-cepet menikmati sunrise Cikuray yang sudah tersohor keindahan nya. Sebelum itu, kita isi perut dulu seperti minum teh, kopi, dan cemilan roti. Kita mulai ke puncak jam setengah 6 pagi, ternyata jam segitu puncak udah kaya pasar, padahal matahari aja belom juga terbit.

Kita mencari spot terbaik untuk melihat sunrise atau tepatnya ke arah timur karena matahari terbit dari arah timur, kan? Setelah lama ditunggu, akhirnya matahari pun terbit dan menghipnotis kita semua yang disana akan keindahan yang di suguhkan oleh Tuhan. Lautan awan yang terkenal di Cikuray disebut sebagi yang terbaik, dan alhamdulillah cuaca saat itu sangat cerah.

Ufuk Timur

Sang surya mulai menampakan diri

Karena sudah banyak mba-mbak imut yang mau foto di spot kami, yauda kita persilahkan untuk foto di spot tersebut dan kita pindah ke arah barat dengan pemandangan gunung Papandayan. Bener aja, justru matahari sudah tinggi waktu itu, maka gunung Papandayan pun dengan jelas bisa gue liat dan juga kerucut Cikuray.

Ga cuma Papandaya, di sisi utara dengan jelas kita bisa ngeliat gunung Galunggung, di sisi barat laut dengan jelas kita bisa ngeliat jajaran pegunungan Malabar dan gunung Guntur, di sisi timur terlihat jelas titik tertinggi Jawa Tengah yaitu gunung Slamet, dan di sisi Timur laut pun dengan jelas terlihat titik tertinggi di tanah parahyangan yaitu Ciremai. Memang puncak Cikuray itu sempit, tapi pemandangan nya sangat luar biasa.

Kerucut Cikuray dengan latar Papandayan

Setelah puas foto-foto, sekitar jam 6.15 gue dan Ines balik lagi ke tenda untuk masak nasi karena kita mau turun sebelum jam 9. Ternyata bang Miung uda di tenda duluan dan siap-siap untuk masak juga. Bang Adul, Depoy, Gaban, dan Yunus juga ikut turun, kata mereka uda sumpek banget tu puncak kek pasar subuh Kramatjati.

Setelah makanan sudah ready, kita lahap, trus ngaso-ngaso sebentar, kita packing kembali untuk turun. Setelah packing-packing, cek-cek lagi, dan foto-foto di puncak lagi karena saat itu puncak sepi, jam 9 pagi kita turun deh.

Satu tim lengkap

Lautan awan Cikuray

Perjalanan turun gak lama, tapi ada yang lama kayak bang Depoy dan Yunus karena mereka rada ngeri-ngeri sedap melihat jalur turun nya, untung di temenin sama bang Gaban. Nah gue, Ines, Adul, dan Miung duluan soalnya sakit kaki kalo kita khususnya gue turun agak ditahan, trus gue juga percaya, toh itu gunung juga rame pendaki lain yang mau turun.

Perjalanan turun gue hanya menempuh 3 jam aja dan cuma istirahat di pos 4 dan pos 2, abis itu kita semua kumpul dulu di warung deket tanjakan cihuy supaya lapor ke petugas bahwa kita turun lengkap personilnya. Setelah istirahat, jam 1 kita turun menuju pemancar dari warung, lapor tim kita sudah berhasil turun semua dengan selamat, kembali ke mobil dan pulang menuju rumah tanpa mandi.

Ada beberapa tips dari gue buat kalian yang mau ke gunung Cikuray khususnya via Pemancar
  • Kalo kalian ngeteng, turun di terminal Guntur. Disana udah ada mobil bak yang menunggu pendaki menuju Cikuray via Pemancar. Tarif sudah dipatok yaitu 40rb sekali jalan.
  • Kalo gamau naik mobil bak, bisa naik angkot 06 arah Cilawu nanti berhenti di pertigaan kebon teh DayeuhManggung. Disana ada ojek yang menanti dengan tarif 45rb/orang (sumber dari sopir kita).
  • Kalo mau simple, dari Jakarta ada beberapa jasa antarpendaki dengan tarif yang variatif, salah satunya yang gue pake. Minimal 7 orang aja biar murah.
  • Naik kendaraan pribadi juga bisa kok. Dari Garut nanti ambil jalan yang kearah tasik, trus nanti sampe kebon teh belok kanan.
  • Sumber air terakhir cuma ada di toilet Pemancar sama di Warung sebelum tanjakan Cihuy. Bawa air minimal 1 orang 4.5 liter.
  • Jalur dari pos Pemancar sampe puncak hampir ga ada bonus sama sekali. Bonus cuma ada setelah tanjakan cihuy 30 langkah dan selepas pos 6 hanya 20 langkah. Treknya curam, berdebu waktu itu dan bakal licin lumpur jika masuk musim penghujan.
  • Usahakan kalian naik maksimal jam 8 pagi, karena estimasi perjalanan normal adalah 7 jam sampe puncak. Kalo kesiangan susah dapet tempat camp.
  • Tempat camp tersedia di pos 3 (sempit dan menurun), pos 6 (bisa nampung 6 tenda lebih kurang), pos puncak bayangan, pos 7 (Favorit tapi rebutan), selepas pos 7 (nyempil-nyempil dan setaip lahan cuma nampung 1 tenda kapasitas 4-5 orang), puncak (bisa nampung 4 tenda), dan di bawah puncak arah jalur Bayongbong (luas coy).
Oke deh itu aja catetan pendakian gue saat ke gunung Cikuray via Pemancar. Siapun boleh mendaki gunung, ga ada yang ngelarang. Asalkan kalian gapunya mental sampah untuk membuang sampah sembarangan dan selalu taati peraturan yang ada, dan mempunyai ilmu dasar tentang bagaimana hidup di alam bebas. Karena kekuatan itu bukan berasal dari otot, tetapi mental kalian sendiri yang menjadi sumber energi positif selama pendakian. Salam lestari semuanya dan jaga terus keindahan bumi pertiwi ya!