Pantai Legon Pari dan Pantai Karang Taraje : Keelokan Pantai Selatan Banten

Coba siapa di sini yang gatau sama Sawarna, atau siapa yang belom pernah kesana? Tempat ini sudah menjadi tempat yang hitz kala itu, di mana wisatawan dari penjuru negeri ini berbondong-bondong dateng kemari karena tertarik akan keindahan alam selatan Banten. Tapi buat gue yang dulu cuma modal wacana doang buat kemari, ini adalah pengalaman pertama gue lho, seriously. Meskipun uda kemana-mana, tapi rencana ke pantai sekitaran di daerah Sawarna hanyalah sekadar wacana. Makanya waktu tetangga gue ngajak buat ngajak jalan ke pantai di daerah Sawarna, saat itu juga gue fix kudu ikut!

Rencana ini sama sekali ga gue rencanain, jadi ceritanya waktu kongkow-kongkow, temen gue si Poci bilang mau ke Sawarna ama temen-temen kampusnya si Koya sekitar 7 orang, yauda gue ga mikir panjang langsung nanya masih ada slot, dan ternyata masih, dan saat itu juga gue deal. Untuk jalan-jalan ke Sawarna ini, semua yang ngurus si Koya, mulai dari homestay nya, mau kemana kita, sampe makannya, semua murni share cost.

Kita berangkat dari rumah, tepatnya di villa pertiwi tepat tengah malem dan sampe di parkiran wisata Sawarna jam setengah 6 pagi, seharusnya bisa jam setengah 5 pagi kita sampe, soalnya kita sempet nyasar. Seharusnya di pertigaan Ciawi kita lurus, eh si Poci selaku sopir malah belok kanan. Bisa si, tapi jalur itu jauh banget bray kalo buat ke Sawarna.

Sesampainya di parkiran, kita menunggu temennya si Koya, bocah asli Sawarna namanya Bang Akew, asik banget ya namanya, maklumlah anak pantai asli sampe kulitnya kayak ikan asin. Bang Akew itu kenalannya si Koya di Sawarna, maklumlah si Koya uda sering banget ke Sawarna jadi cukup kenal sama ini orang. Lanjut saatnya kita menuju homestay yang ga begitu jauh dari parkiran mobil.

Pintu masuk menuju kawasan Pantai Sawarna
Ini homestaynya

Setelah sampai homestay, kita semua sarapan dulu, abis itu tidur! Iyap soalnya pada ga tidur semua (kecuali gue) dan pada kecapean. Tujuan utama kita hari ini adalah menuju Pantai Legon Pari dan Pantai Karang Taraje yang masih satu kawasan wisata Sawarna. Pantai Legon Pari dan Pantai Karang Taraje merupakan salah satu pantai tersembunyi di daerah Sawarna yang  memiliki panorama yang sangat menawan. Gara-gara ni bocah ngeracunin gue soal keindahan Legon Pari, makanya gue berminat banget buat ikut. Singkatnya jam setengah 10 mereka-mereka dah pada bangun, saatnya cuss!

Untuk menuju Pantai Legon Pari, kita harus jalan kaki sekitar 2 kilometer saja. Tapi waktu itu si Akew ngasih jalan motong, di mana kita lewat sawah. Yoi dong, bener-bener setengah perjalanan kita lewat sawah, abis itu naik turun bukit. Jalur ini jarang dilewatin wisatawan, biasanya dilewatin sama penduduk lokal aja macem Akew buat ke sawah, yang mana nanti tembus juga ke Pantai Legon Pari. Kalo buat wisatawan umum, bisa lewat Tanjung Layar.

Nyebrang sawah dulu
Setelah melewati persawahan, lanjut kita mendaki dan menuruni bukit. Sebetulnya jalur ini ketemu sama jalur yang dari gang SDN 1 Sawarna. Jadi sebelum parkiran mobil wisata Sawarna, kalau kalian mau ke Legon Pari dan camping di sana, parkir aja kendaraan kalian di sekitaran SDN 1 Sawarna, nanti dari situ kalian bisa jalan kaki atau naik ojek. Jika kalian bawa motor, malah bisa dibawa langsung ke Pantai Legon Parinya. Untuk kontur jalan setelah sawah sudah cor tetapi ada beberapa yang berbatu, jadi ga khawatir buat kepleset atau licin karena tanah deh.
Kontur jalan berbatu
Setelah berjalan selama kurang lebih 30 menit dari homestary, badan uda mulai capek karena harus nyebrang sawah + naik turun bukit, akhirnya sampai juga kita di Pantai Legon Pari dan volila! Kondisi pantai waktu itu sangat sepi sekali, hanya rombongan kita aja. Kita pun langsung menuju saung yang dekat warung. Iyap, di Legon Pari ada saung untuk istirahat wisatawan, kondisi saunya bersih, cozy, dan yang paling penting adalah gratis! Agar kesannya ga cuma numpang di saung dan juga memajukan ekonomi penduduk sekitar, kalian cukup jajan aja di warung yang deket saungnya itu. Karena kita sampe pas banget lagi terik-teriknya, tapi itu bukan penghalang buat kita untuk main air coyyyy, asli ini pantai uda kaya punya kita aja, sepi dan bersih banget!

Pantai Legon Pari

Teriknyoo

Hammockan juga asik sambil bobo siang

Ada yang foto-foto

Ada yang mau ngitemin kulit, bukan tanning lagi ini mah

Bahkan kebo aja demen lho berenang dimari.
Waktu itu gue ga ikut berenang, cuma temen kampusnya Koya sama si koyanya aja, gue mah ngekuy dulu bos di saung sambil menikmati suasana pantai. Oh ya buat kamu yang kesini ga bawa makanan atau minuman, pedagang di sini jual makanan dan minuman murah-murah lho seperti kelapa utuh cuma 8 rebu, lalu nasi goreng cuma 13 ribu, enak dan banyak. Sekitar jam 1 siang, cuaca yang tadinya terik banget berubah seketika jadi mendung, tapi ga ujan untungnya. Ombak Legon Pari itu gede, tapi karena pantainya dangkal jadi masih cukup aman buat kalian yang mau berenang. Sekitar jam setengah 2 siang gue mulai berenang di Legon Pari dan asli enak banget bray goyangan ombaknya, mari digoyang gan!

Setelah puas main air di Legon Pari, kita pun melanjutkan perjalanan menuju Karang Taraje. Lokasi Karang Taraje cukup dekat dari Legon Pari, berada di ujung timurnya pantai ini, cukup jalan kaki ngiterin bibir pantai Legon Pari aja. Selama perjalanan menuju Karang Taraje, nanti kalian bakal ngelewatin sebuah kolam yang cukup besar yang airnya payau, sebab air kolamnya adalah aliran sungai langsung dari bukit. Tempat ini asoy bener, ada juga kolam alaminya lho yang langsung ngeliat ke laut, macem infinity pool aja dah!

Jalan kaki menuju Karang Taraje

Pada bilas di aliran sungai, lagi kecil alirannya

di depan adalah kolam air payaunya

Ini dia kolam alami!

Kane kan kalo begini

Setelah berjalan selama 15 menit, kita pun tiba di Karang Taraje yang pada saat itu ombaknya lagi ngamuk-ngamuknya coy! Oh ya gue kurang tau kenapa namanya Karang Tarajae, yang gue tau taraje itu kalo bahasa indonesianya tangga, jadi karang tangga gitu, tapi karang-karang di sini ga berbentuk tangga. Tetapi buat kamu yang ingin naik ke atas karang ini dan melihat eksotisnya karang-karang pantai selatan Banten, kamu harus naik tangga yang dibuat sama masyarakat sekitar, mungkin ini yang menjadi cikal bakal nama Karang Taraje. Buat gue, Karang Taraje ini gokil parah! Ombak-ombak ganas yang langsung menghantam karang, seakan menjadi hiburan tersendiri buat kita, padahal itu bahaya banget, apalagi waktu itu cuaca sama sekali ga bersahabat, angin kenceng dan mau hujan, ombaknya makin menggila. Tetapi keindahan Karang Taraje memang bener-bener ga bisa nahan buat bilang taraje kesananya (re : ntar aja kesananya).

Karang Taraje di depan
Ini dia Karang Taraje!
This is Us, cakep yak siluet gini
Haram berenang dimari
Ombaknya cukup ngaco soalnya

Puas bermain-main di Karang Taraje, maka saatnya kita pulang kembali menuju homestay yang saat itu lagi ujan deres-deresnya, lumayan buat ngebilas air laut yang nempel di kulit. Sebetulnya keesokan harinya gue pergi ke Pantai Pasir Putih Sawarna dan Tanjung Layar, tapi ga gue ceritain dimari ya maaaaaf, soalnya sudah cukup banyak referensi buat kesana lho, jadi yang gue ceritain yang Legon Pari sama Karang Taraje aja ya yang masih enak lah buat di explore dan masih belum begitu dilirik.

Buat lo yang berencana main ke Legon Pari dan Karang Taraje, ada beberapa tips ni dari gue :
  1. Kalau tujuan  kalian hanya kedua pantai itu, dan kalau kalian bawa mobil, kalian bisa parkir di sekitaran SDN 1 Sawarna, nanti dari situ ada gang kecil, kalian bisa jalan kaki mungkin sekitar 20-30 menit atau pake ojek sekitar 35ribu.
  2. Kalau kalian bawa motor, kalian bisa langsung cus ke TKP sama motornya.
  3. Di Legon Pari dan Karang Taraje ga ada penginapan, hanya ada saung yang mungkin bisa kalian tumpangin buat bermalam. Sebetulnya tempat ini cocok buat camping.
  4. Kalau kalian ga bawa makanan atau minuman, di sana ada warung dengan harga makanan dan minuman yang masih tergolong normal harganya.
  5. Pantai Legon Pari masih cukup aman buat dipake berenang, tapi tidak untuk Karang Taraje, ganas bener tjuy ombak di sana.
  6. Kalau kalian mau camping di Legon Pari, ada kamar mandi sebagai sumber air tawar yang bersih atau ada juga aliran sungai bersih dari bukit.
Nah itu dia cerita gue jalan-jalan ke Legon Pari dan juga Karang Taraje yang ada di Sawarna. Buat kalian yang mau kesini, jangan lupa untuk terus jaga kebersihan dan keasriannya ya karena kedua pantai ini masih terbilang sangat bersih dan juga cukup sepi dari hiruk pikuk manusia. Salam secangkir kopi dan salam ransel semua!