Gunung Peyek Ciseeng Bogor : Jacuzzi Alami di Tengah Sawah

Mandi air panas di pemandian air panas rasanya pasti enak banget. Ketika badan lo ngerasa capek, kisut, dan butuh relaksasi, air panas adalah jawabannya. Tapi pernah gak lo bayangin ngerendem air panas di sumbernya langsung, it means lo ngerendem bener-bener di sumbernya bukan di kolam dari aliran air panas alami. Nah buat lo yang mau relaksasi badan sambil ngerendem di sumber air panas yang bener-bener alami, tetep cekidot cerita gue ini ya!


Gunung Peyek, Ciseeng, Bogor, asing kah di telinga kalian? Apabila iya, tempat ini merupakan tempat pemandian air panas yang sangat alami yang pernah gue kunjungi. Kenapa sangat alami? Karena kolamnya itu benar-benar kolam yang terbuat dari alam dan sumber air panasnya itu juga keluar dari kolam ini dan juga berada di tengah sawah. 

Rencana gue kesini tuh uda cukup lama, sekitar dari November 2016 lah tapi baru terealisasi Januari 2017 ini. Gue ke tempat ini bareng 2 temen gue, cah jiancuk, yaitu si Dadung dan Ipin. Kita start perjalanan dari Cibinong sekitar jam 9 pagi. Jalur yang kita lalui yaitu melewati Bojong Gede - Jalur Billabong - Jalan Raya Parung - Ciseeng, itu pake jalan pintas biar ga ngelewatin jalur utama yaitu melewati Yasmin. Intinya kalau kalian sudah sampai di jalan raya Parung, kalian tinggal lurus terus sampe ketemu pertigaan yang ke Ciseeng, kalian belok kiri. Lalu dari jalan Ciseeng kalian jalan lurus terus sampe ketemu perempatan, kalian lurus, hingga kalian sampai di pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng di sisi kanan kalian, kalian belok kanan. Kalau masih bingung, di google maps sudah bisa dicari "gunung peyek" ya.

Oh ya yang perlu kalian tau, kalau mau ke Gunung Peyek ini kalian masuknya dari wisata Tirta Sanita Ciseeng ya, bayarnya 15ribu. Dari situ kalian jalan kaki ke Gunung Peyek, untuk petunjuknya di sana cukup jelas, tapi ketika di tempat wisata, tanya saja satpamnya, dan kalau disuruh pakai guide, tolak saja dengan cara halus karena memang aksesnya cukup mudah.

Petunjuknya, tapi di luar wisata Tirta Sanita

Lewat kebon

Lewat Sawah

Gunung Peyek dari kejauhan

Jalurnya ya kayak gini
Jangan dikira kalau Gunung Peyek tuh gedenya seperti Gunung Salak atau gunung-gunung pada umumnya ya, hanya sebuah bukit yang bentuknya mirip-mirip stalaktit gitu trus warnanya keputihan. Setelah berjalan kurang lebih 15 menit dari wisata Tirta Sanita, kitapun akhirnya sampai di Gunung Peyek! Oh ya waktu itu pengunjungnya hanya kita bertiga aja lho, ga ada orang lain. Kolam Jacuzzi nya ini cukup ini, bau belerangnya kuat banget, tapi gak panas, beneran gak panas, cenderung anget malah.

Gunung Peyek!

Baunya ya begitulah ~

Macem bukit kapur sih ini

Ini dia Jacuzzi alami dari Gunung Peyek!

Berendem kaki aja waktu itu


Awalnya kita mau berendem di sana, tapi karena kondisi yang awalnya mendung-mendung syahdu lalu berubah jadi panas yang sangat terik, kita jadinya cuma foto-foto dan berendam kaki aja deh biar ada jejak lah kalo kita pernah ngerasain airnya Gunung Peyek. Oh ya kolam ini alami ya, airnya juga keluar langsung dari perut bumi, dan jangan sekali-sekali nelen airnya kalo gamau nyesel (ampun baunya coy!)

Gue mau ngasih beberapa tips ni buat kalian yang mau berkunjung kesini :
  1. Untuk menuju ke Gunung Peyek, aksesnya sangat mudah, cukup ketik di Google Maps "Gunung Peyek", tinggal ikutin aja deh arah jalannya.
  2. Gunung Peyek ini berada di kawasan Tirta Sanita, jadi mau ga mau kalian masuk dulu deh ke kawasan wisata Tirta Sanita.
  3. Kalau sudah di Kawasan Tirta Sanita, kalian cukup tanya saja ke satpam soal petunjuk ke Gunung Peyek, jalurnyta cukup jelas kok.
  4. Setelah keluar dari kawasan Tirta Sanita, petunjuk kalian cuma satu, yaitu bukit yang cukup besar berwarna agak keputihan.
  5. Kalau kalian mau berendam, monggo, terdapat 2 kolam utama di sini, tapi perlu diingat satu kolam cuma muat 2 orang yang badannya kecil, jadi memang kolam ini privat.
  6. Waktu terbaik kesini tu enaknya sore, pas banget cuaca agak teduh.

Oke deh itu dia cerita gue jalan-jalan ke Gunung Peyek. See kan gak ada yang namanya Bogor itu habis akan wisata. Padahal kalo kalian waktunya terbatas dan tinggal di sekitaran Bogor, bisa banget deh ngilangin penat dengan santai, deket, dan ramah di kantong pastinya. Oh ya satu lagi, ibadah itu wajib, kerja atau kuliah juga wajib, tapi jangan lupa jalan-jalan supaya pikiran kagak kisut ya! Salam lestari dan salam secangkir kopi semua!


Gunung Peyek, 8 Januari 2017

Komentar

  1. Apakah jalan menuju gunung peyek bisa berkendara dengan mobil kecil (sedan)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mobil, bisa diparkir di tempat wisata Tirta Sanita mba, abis itu tinggal jalan kaki ke Gunung Peyeknya

      Hapus
  2. Lha, kok bayar 15 ribu? Emang pas masuk jalan itu sekarang mah dicegat ya? Soalnya dulu pas ke situ mah, ya masuk aja ke situ kayak biasa, sampe masuk komplek tentara terus ke perkampungannya, parkir deh nitip di rumah warga. Hehehe..

    Tapi emang airnya anget ini mah, nggak begitu panas. Terus pas cerah emang jadinya hot banget cuacanya. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu itu saya lewat tirta sanita mas, jadi bayar deh untuk tarif masuk wisata itu. Malah saya gatau lho mas kalo ternyata tempat ini bisa diakses dari komplek tentara hahaha.

      iyap betul banget mas, cuma anget2 lucu aja airnya

      Hapus
  3. numpang tanya Mas, di sana bisa ambil gambar menggunakan kamera dslr dan tripod gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok mba, konturnya masih cukup datar

      Hapus

Posting Komentar