Air Mancur Sri Baduga Situ Beleud Purwakarta : Pertunjukan Fountainshow Termegah Se-Asia Tenggara

Purwakarta menyimpan potensi keindahan yang cukup unik, sebut saja Waduk Jatiluhur yang sangat luas, gunungnya batuan pendek nan indah seperti Gunung Bongkok, Parang, dan Lembu, atau kuliner khasnya yang sudah terkenal yaitu Sate Maranggi. Selain itu semua, saat ini Purwakarta sedang gencar-gencarnya memajukan potensi wisatanya, salah satunya adalah membuat pertunjukan air mancur terbesar yang bukan hanya di Purwakarta, bahkan di Asia Tenggara dan di dunia! Nah sekarang gue mau ceritain gimana pengalaman gue waktu mengunjungi Purwakarta dan melihat peresmian Air Mancur Sribaduga Situ Beleud ini.

Niatan gue kemari sebetulnya uda 2 minggu dari hari peresmian atau awal-awal Februari. Awalnya gue tau berita ini dari media masa, dan cukup tertarik juga buat kesana soalnya air mancur ini digadang-gadang sebagai pertunjukan air mancur terbesar se-Asia Tenggara lho! Lagipula jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta dan tidak makan waktu banyak, makin bulat aja niat gue untuk mengunjungi peresmian pembukaan kembali tahap 3 Air Mancur Sri Baduga Situ Beleud Purwakarta tanggal 18 Februari 2017.

Perjalanan dimulai pada hari Sabtu, 17 Februari 2017 dengan menggunakan kereta Lokal Purwakarta yang harganya sangat ekonomi sekali. Dengan 6ribu rupiah gue pun sudah diantar dengan kereta yang nyaman + dingin dari Stasiun Kemayoran hingga Stasiun Purwakarta. Kereta berangkat tepat waktu dari Kemayoran jam 13.00 dan sampai di Purwakarta telat 5 menit atau jam 15.20. FYI aja kereta lokal Purwakarta mulai 9 Februari 2017 pemberangkatan mulai Tanjung Priok ya, bukan dari Jakarta Kota lagi.

Sesampainya di Stasiun, gue jalan kaki cukup 5 menit dan langsung sampe di Situ Beleud. Kondisi saat itu sudah ramai lho, padahal masih jam 4 sore. Nah sambil bunuh waktu, gue jalan aja keliling-keliling Situ Beleud sekalian liat neng-neng geulis yang luasnya lumayan juga.

Air Mancur Sri Baduga

Ada Bupati Purwakarta Kang Dedi lho

Singkat cerita aja ya, sekitar jam 5 sore pengunjung sudah membludak, tetapi masih disuruh antre di depan pintu gerbang. Puncaknya adalah ketika pertunjukan sudah mau mulai, jam 19.30, otomatis pengunjung sudah antre sebelum jam itu, bahkan hingga jam 19.00 gue dan pengunjung lain belum bisa masuk sama sekali. Suasana sangat kacau, bahkan banyak pengunjung yang pingsan, sepertinya pemerintah Purwakarta belum mengantisipasi kalau bakal ramai pengunjung pas pembukaan air mancur ini. Padahal peresmian air mancur ini ada Menteri Pariwisata lho, Bupati Purwakarta juga ada, dan juga artis-artis, mungkin mereka lebih diutamakan terlebih dahulu ketimbang kami para rakyat.

jam 5 ngantrinya dah kayak gini

1 jam sebelum pertunjukan

Kacaunya sangat parah!
Berhubung gue jalan sendiri, jadi gue bisa selap selip sana-sini, dan juga bantu mba-mba atau ibu-ibu yang uda kejebak dan ga bisa gerak. Singkatnya gue baru bisa masuk ke Situ Beleud jam 8 malam, di mana gue ngantri sekitar 2 jam berdiri, gilak! Untungnya pas gue masuk baru show tahap pertama, dan waktu itu gue liat show pertama dengan berdiri saking penuhnya suasana di dalam.

Setelah show pertama, banyak pengunjung yang keluar, nah disaat itu mulai deh banyak bangku kosong yang bisa gue dudukin dan ambil posisi pewe buat tripod. Singkatnya pertunjukan dilakukan 3 tahap, dan gue mulai menikmati pertunjukan, dan WOW ANJIR KEREN BANGET, INI FOUNTAINSHOW TERKEREN, TERGOKIL YANG PERNAH GUE LIAT! *maapCAPSLOCKJEBOL. Goyangan air mancur ditambah efek dari visualisasi air mancur ini sungguh keren. Nih gue kasih foto-foto nya aja ya supaya merepresentasikan kerennya Air Mancur Sribaduga ini.

Setelah gue puas menikmati spektakulernya pertunjukan air mancur Sri Baduga sampai 3x atau sekitar jam 11 malam, disaat itulah pertunjukan pembukaan kembali air mancur ini selesai. Singkatnya gue balik ke Jakarta pakai kereta lokal lagi, tapi yang jam 5 pagi, dan untuk mengistirahatkan  badan, gue tidur di Masjid Agung deket kantor Bupati, jadi super hemat banget gue kemari.

Nah gue ada bebrapa tips buat kalian yang mau berkunjung kesini :
  1. Kalo lo dari Jakarta, bisa pakai kereta Lokal kalau mau murah meriah, harganya cuma 6rebu berangkat dari Tanjung Priok dan Kemayoran.
  2. Lokasi Situ Beleud dari stasiun sangat sangat deket, cukup jalan kaki gak sampe 10 menit.
  3. Setelah tanggal 18 Februari 2017, pertunjukan Air Mancur Sri Baduga akan digelar setiap sabtu malam, dimulai dari jam 19.30 dan sebanyak 3x pertunjukan.
  4. Untuk antisipasi ramenya antrean, baiknya si kalian sampe di lokasi sekitar jam 4 atau jam 5 sore. Pas gue kesini rame parah banget, mungkin karena masyarakat antusias untuk melihat secara perdana. Tapi be woles karena kalo minggu-minggu berikutnya semoga ga serame pas gue kesini dan makin tertib.
  5. Pertunjukan ini gratisssss, udah bagus, gratis, ini baru Indonesia banget!
Oke deh itu dia cerita gue berkunjung ke pertunjukan air mancur yang super keren di Purwakarta. Buat lo yang mau kesana mending buruan mumpung masih "anget" dan kapan lagi melihat pertunjukan yang menjadi wisata andalan di Purwakarta dan digadang-gadang sebagai pertunjukan air mancur terbesar se-Asia Tenggara secara cuma-cuma! Salam ransel dan visit Indonesia!