Curug Parigi : Niagara Mini Dari Bekasi

Kalo lo ke Bekasi khususnya ke Bantargebang, pikiran pertama lo adalah tempat pembuangan sampah akhir, gunung sampah, bau, dan hal-hal yang berkaitan dengan sampah. Yap gak salah sih soalnya memang Bantargebang sudah dari dulu dikenal sebagai TPST terbesar. Nah dibalik sisi gelap Bantargebang juga terdapat sisi terang juga lho. Percaya gak kalo gue bilang di Bantargebang ini ada curug? Iye tapi bukan curug yang kayak di Bogor di mana sumbernya langsung meluncur dari gunung, tapi curug ini mirip-mirip dikit lah ya kayak Niagara cuma agak mini gitu. Gak percaya? Oke deh ikutin terus cerita gue ini yo!


Curug Parigi yang berlokasi di Bekasi tepatnya di Bantargebang merupakan sebuah curug yang cukup unik. Yang membuat unik itu bukan soal dia meluncur dari tebing atau gimana, tapi karena kontur curugnya itu hampir mirip kayak Niagara tapi agak versi mini dan versi Indonesia gitu deh. 

Acara kesini itu dadakan banget. Sebetulnya gue dah tau ini curug dari 2016 lalu, cuma baru Maret ini terealisasinya. Jalan-jalan dadakan ini gak pake rencana, minggu pagi langsung gue ajak Dadung dan si Jati, ternyata cuma Jati yang mau, okelah gapapa namanya juga dadakan ya tetep berangkat!

Nah dari rumah gue di Villa Pertiwi, jalur yang gue lalui adalah melewati Cibinong - Gunung Putri - Cileungsi - Bantargebang. Gue juga gatau lokasi persis di mana curug ini, gue full ngandelin Maps. Sebetulnya bisa juga gue ngelewatin Transyogi Cibubur, cuma muter dan macetnya poll, ditambah gue naek motor jadi pilih jalan selinear aja lah.

Rute dari rumah gue ke Curug Parigi

Singkatnya gue sampe diperbatasan antara Bekasi dan Kab.Bogor sekitar 1 setengah jam perjalanan dengan kondisi yang agak macet di Cileungsi dan panasnya juancak tenan. Gak ada patokan atau plang lho yang mengarah ke Curug Parigi, gue cuma ngandelin maps bae dan patokan terdekat dari gang yang menuju Curug Parigi ada perusahaan Universal Agri Bisnisindo. Bener saja, setelah melewati perusahaan itu, langsung ada gang kecil, kita ikutin aja sesuai perintah maps dan sampe! Untuk kali ini Google Maps sangat akurat!

Sesampainya di warung yang juga sebagai penitipan motor, kita langsung bergegas ke Curug Parigi. Dari warung, suara gemuruh air sudah terdengar dan pedagang di sana bilang ke kita kalo curug lagi banjir dari 3 minggu yang lalu. Pas kita turun ke bawah dan jeng-jengggg beneran banjir :((( cuma untungnya tu alirannya masih cukup jelas kayak Niagara mini, iya bener cukup mirip, dan kalo gak banjir ini curug keren banget dah, instagenic banget!

Niagara mini dari Bekasi
Airnya coklat karena banjir dari hulu
Karena banjir juga membawa sampah dari hulu
Kondisinya hampir kayak kali pinggiran

Ketika lagi musim hujan seperti ini memang kurang rekomended buat kalian yang mau kesini. Kalau kalian mau, boleh tuh di bulan April atau ketika kondisi cuaca sudah stabil. Kata pedagang sana, airnya itu gak coklat, dan gak banyak sampah kayak pas kita dateng, cuma karena banjirlah jadi agak jelek aja deh pemandangannya. Setelah gue puas menikmati dan foto-foto ini curug, saatnya buat gue untuk pulang dan next time gue akan dateng lagi kesini karena memang penasaran sama curug ini kalo lagi gak banjir.

Ada beberapa tips dari gue kalo kalian mau berkunjung kemari :
  1. Darimana kalian berasal dan kalian gatau di mana posisi curug ini, gunakan Maps, keyword nya Curug Parigi, ikutin aja karena akurasinya 100% lho
  2. Lebih baik datang ketika musim kemarau atau ketika cuaca stabil, karena kalau pas musim hujan begini mah ya bakal banjir begini deh, airnya deres, coklat,  banyak sampah pula.
  3. Sepertinya di curug ini cuma bisa dinikmati sambil ngopi atau foto-foto, buat berenang gue ga jamin kebersihan airnya ya, apalagi pas gue dateng banyak banget sampah dan warna sungai yang kecoklatan.
  4. Gak ada retribusi masuk, cuma baya motor 3ribu dan mobil 10ribu.
  5. Kalau kalian gak bawa makanan, di sekitaran Curug Parigi ada warung-warung penjual makanan ringan dan minuman, dan juga sebagai tempat penitipan kendaraan.

Oke itu dia cerita gue jalan-jalan ke Curug Parigi secara dadakan kek tahu bulet . Bantargebang meskipun terkenal karena sampah, ternyata menyembunyikan secuil keindahan dari alam yang gak pernah dibayangkan oleh beberapa pejalan. Tetep keep safety dan keep clean di mana kalian berada, salam ransel dan salam kopi semua!




Curug Parigi, 12 Maret 2017


Komentar