Jalan-jalan Ke Lombok [Part 1] : Mengujungi Bukit-bukit Eksotis Di Sembalun, Bukit Selong, Bukit Tangkok, dan Bukit Dandaun

Lombok memang gak akan pernah ada matinya buat gue. Keindahan alamnya sangat menghipnotis untuk didatengin lagi, lagi, dan lagi. Meskipun kita sudah mengunjungi salah satu spot di Lombok, rasanya ingin datang lagi untuk kedua kalinya atau bahkan ketiga kalinya. Kali ini gue mau ceritain jalan-jalan gue di Lombok selama 3 hari yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Kemana aja gue selama di Lombok? Yuk langsung aja cekidot ke ceritanya ya!

Jalan-jalan ke Lombok kali ini sama sekali gak gue rencanai dari jauh-jauh hari. Berawal dari ada kegiatan kerja kantor di Lombok hari selasa sampe jumat di tanggal 7 sampe 10 November, gue kepikiran kenapa gak nambah 2 hari lagi yaitu sabtu minggu untuk jalan-jalan di Lombok dulu. Untung atasan gue baek banget ngijinin gue untuk tetep stay di Lombok sampe minggu, hore! Kalo di Lombok gue gak akan repot, soalnya gue punya temen-temen kunyuk di sini, mahasiswa satu angkatan tapi belom lulus sampe sekarang, namanya Aji dan Satria yang Januari 2016 lalu juga nemenin gue jalan-jalan di Lombok selama 13 hari.

Jumat, 10 November 2017
Eksplorasi Bukti Selong dan Bukit Tangkok di Sembalun

Kegiatan kerja gue di Lombok berakhir kamis sore, dan tim gue pada beli tiket balik jumat siang, jadinya gue pun baru bisa eksplore lombok mulai jumat pagi. Perjalanan hari pertama yaitu mengunjungi Sembalun. Yap gue bener-bener belum puas sama daerah sembalun. Meskipun gue dah pernah ke Sembalun tahun 2016 lalu, dan di tahun yang sama gue juga udah pernah mendaki gunung tertinggi ketiga di Indonesia yaitu Rinjani, tapi gue belom pernah nikmati itu Sembalun.

Kita berangkat dari Ampenan, rumahnya Satria, jam setengah 10 pagi menggunakan motor. Melewati lintas tengah Lombok hingga Aikmal, lalu naik menembus Pusuk Rinjani. Mulai dari panas terik hingga hujan deras selama di Pusuk, bener-bener perjalanan yang gokil. Singkatnya kami sampe di Wisata Pusuk jam setengah 1 siang.

Waktu gue kemari tahun 2016, wisata pusuk ini masih dibangun, masih belom ada tempat spot foto-foto. Sekarang wisata pusuk uda keren banget. Dengan jelas kita bisa melihat lembah surga yaitu Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung, sungguh mempesona. Kalian kudu waspada sama tenyom (monyet) dimari, gak waspada dikit maka makanan ilang, seriusan dah.

Kaki Gunung Rinjani

Ape lu liat-liat, gue akamsi dimari, serahin makanan elu!

Lembah Sembalun terlihat dari wisata pusuk

Mempesona

Setelah puas menikmati wisata pusuk, kita turun bukit menuju Sembalun Lawang guna mencari penginapan. Cuaca saat kita di Sembalun itu gak nentu ya, ujan sebentar terus berhenti, terus ujan lagi, eh berhenti lagi. Setelah mencari-cari penginapan yang cocok, lebih tepatnya si cocok di dompet, akhirnya kita dapet penginapan di deket Kantor Taman Nasional Gunung Rinjani, nama homestay nya Sembalun Homestay.

Untuk satu kamar buat kami bertiga, tarifnya hanya 200ribu per malam, dengan fasilitas free breakfast buat kita bertiga. Pas cek n ricek, kamarnya cukup bersih, begitupun juga kamar mandinya. Satu lagi yang bikin enak ini homestay adalah pelayanannya yang ramah dan view Rinjaninya yang sangat sempurna. Gak pake lama kita langsung deal deh dengan Pak Ulan selaku pemilik homestay.

Homestay yang kita tempatin

Di depan ada warung dan persewaan alat pendakian

Ini homestay nya

Ini kamarnya, bisa berempat sebetulnya

Kamar mandinya, bersih
Ngopi di teras sambil menikmati indahnya Anjani

Kami sengaja istirahat dulu di homestay hingga agak sorean karena cukup capek melakukan perjalanan dari Ampenan hingga Sembalun. Ditambah cuaca juga agak buruk, jadilah menambah waktu untuk lenyeh-lenyeh. Sekitar jam 4 sore cuaca sudah mulai bersahabat, saatnya untuk eksplor bukit-bukit eksotis yang ada di Sembalun ini.

Kita mengunjungi dua bukit di hari ini, namanya Bukit Selong dan Bukit Tangkok. Sebetulnya ada banyak bukit eksotis di sini, sebut saja Bukit Nanggi, Bukit Pergasingan, dan Bukit Tiga Dara. Tetapi ketiga bukit tersebut harus menempuh waktu yang cukup lama hingga sampai pucuk. Berbeda dengan Bukit Selong dan Tangkok, hanya butuh beberapa menit saja dari parkiran motor.

Untuk menuju Bukit Selong dan Tangkok, dari Homestay kita mengambil jalur ke arah Sembalun Bumbung. Nah nanti di deket masjid, ada gang dan ada plang nya juga untuk menuju Bukit Selong dan Tangkok. Jalurnya sangat jelas kok, kalaupun kalian terlewat, kalian bisa nanya-nanya sama penduduk setempat yang sangat ramah. Dari parkiran motor, kita sudah disuguhkan anak tangga untuk menuju Bukit Selong. Hanya butuh 5 menit dari parkiran motor dan voila! Kita langsung disuguhkan pemandangan yang sangat ciamik!

View dari Bukit Selong

Bukit Pergasingan dengan hamparan sawah yang menawan

Wefie bersama dua sundel, Satria dan Aji

Desa Beleq di bawah persis Bukit Selong.

Setelah puas menikmati Bukit Selong, kita lanjut lagi keatas untuk menuju Bukit Tangkok. Untuk menuju Bukit Tangkok kita melewati jalan setapak yang cukup curam, tidak ada anak tangga. Berjalan santai sekitar 5 menit dari Bukit Selong, kita pun sampai di Bukit Tangkok.

Nah untuk pemandang sendiri, Bukit Tangkok ini ajib bener deh. Di sini kita bisa foto di spot foto dengan latar Bukit Pergasingan dengan hamparan sawahnya, pemandangan Gunung Rinjani yang sangat cantik, dan hamparan sawah di Sembalun Bumbung, ajiiiiib.

Spot foto di Bukti Selong, gokil!

Indahnya memandangi si Anjani

Hamparan sawah di Sembalun Bumbung, Magnificent

Setelah puas menikmati dua bukit eksotis Bukit Selong dan Bukit Tangkok, saatnya kembali untuk menuju homestay karena sudah mulai malem dan dingin men. Sebelum ke homestay, kita ke Kantor TNGR untuk napak tilas, kangennn bre pengen nanjak lagi neh gunung. View Rinjani pas sore itu keren banget, pas cuacanya cerah.

Kangennn

Senja nan indah

Sabtu, 11 November 2017
Menikmati Lembah Sembalun dari Bukit Dandaun

Pagi hari yang sangat cerah di Sembalun, membuat badan jadi semangat untuk jalan-jalan lagi. Untuk hari kedua ini, dipagi hari nya kita ingin naik ke satu bukit yang agak jarang dikunjungi sama wisatawan. Kitapun baru tau ini bukit dari Pak Ulan, namanya adalah Bukit Dandaun. Bukit ini tidak terdeteksi di Maps, jadi sering-sering banyak warga setempat aja. Setelah sarapan dengan sepiring nasi goreng, tepat jam 7 pagi gue dan satria cuss ke Bukit Dandaun, si Aji di homestay aja soalnya doi ngep kalohal-hal yang berbau daki-mendaki.

Abis nyarap langsung cusss

Gue dan satria sempet kesulitan untuk menemui titik mendaki Bukit Dandaun ini karena sama sekali tidak ada petunjuk. Tanya sana-sini akhirnya kita nemeuin titik pendakian ini bukit. Pokoknya kalo kalian dari arah Sembalun Lawang, arahnya menuju Sembalun Bumbung, nanti sampe ketemu masjid yang kubahnya warna emas, kalian belok kanan. Gak ada petunjuk resmi, bahkan kita menitipkan saja motor di rumah warga.

Bukit Dandaun

Nemu ini masjid, langsung belok ya

Nah yang unik ni, kalo lo gak biasa naik gunung atau gak tau bentuk punggungan gunung, percayalah kalian bakal nyasar entah berantah untuk mendaki titik ini. Kita cuma dikasih tau sama warga setempat puncaknya. Setelah berjalan selama 5 menit dari parkiran, kita ketemu pertigaan. Kita pilih kiri karena jalur ini adalah punggungnya, dan ternyata jalur itu bener.

Jalur setapak tanpa petunjuk

Jalurnya pun masih agak samar
Setelah menemui jalurnya, baru deh kita disuguhi tanjakan yang bener-bener gokil! Anjir ini padahal bukit pendek, tapi nanjaknya nampol banget, hampir sama sekali gak ada bonus buat ke puncak Dandaun. Jalur untuk ke puncak pun juga bebas, yang penting ikuti punggungan gunung aja, lama-lama sampe di Puncaknya yang agak rimbun terlihat dari bawah.

Jalurnya ya begini

Pucuk terlihat sangat kecilll

Meskipun capek, percayalah pemandangan sepanjang jalur menuju puncak Bukit Dandaun ini bagus banget! Dengan jelas terlihat Bukit Pergasingan dan Anak Dara dengan hamparan sawah yang sangat sangat menawan. Lalu sebelah barat terlihat rupawannya Rinjani yang selalu bersahaja, mantepp deh pokoknya.

Setelah berjibaku selama 50 menit, akhirnya gue sampe di puncak Bukit Dandaun yang satu-satunya tempat rata selama pendakian. Si Satria nyerah, soalnya doi tiba-tiba mual dan nungguin gue di bawah. Di puncak gue dewekan bae, sambil menikmati panorama indahnya lembah Sembalun beserta bukit-bukitnya dan menikmati Rinjani yang sangat indah. Di Bukit Dandaun ini kita bisa diriin tenda lho, tapi gak ada sumber air. Lahannya bisalah memuat 7-10 tenda ukuran 5 orang.

Kalo camp di sini kayanya asik deh, bisa menikmati sunrise dari balik bukit Anak Dara dan Pergasingan, ditambah view hamparan sawahnya itu bikin adem banget. Katanya si di bukit ini banyak banget sapi, tapi pas gue kemari kagak ada satu pun tuh, tai nya aja noh yang banyak dan nyebar. Buat lo yang belom pernah kesini, cobalah karena pemandangan yang disuguhkan sangat mempesona tetapi harus membayar dengan tenaga dan mental yang maksimal, soalnya sama sekali gak ada bonus hingga sampe puncak.

Puncak Bukit Dandaun

Sepertinya ini Bukit Nanggi

Indahnyoooo
Karena sendiri jadi selpi aje, viewnya caemmm

Untung cuacanya cerah merona

Where is the cow?

Hamparan sawahnya yang menawan
Setelah puas menikmati landscape yang sempurna dari Bukit Dandaun, tepat jam setengah 9 pagi gue turun. Hanya memerlukan waktu kurang dari 30 menit, gue dan Satria sampe lagi deh di parkiran. Kita sampai lagi di Homestay dan tepat jam setengah 11 siang kita check out untuk ke suatu spot lagi.

Setelah ini akan berlanjut cerita jalan-jalan gue selama di Lombok, jadi to be continue yakkk ceritanya.