Jalan-jalan Ke Lombok [Part 2] : Menikmati Gemercik Tiu Teja dan Seafood Pantai Nipah

Oke lanjut lagi dari cerita Part 1 yang gue posting kemarin. Sekarang gue melanjutkan perjalanan dari Sembalun menuju tempat yang seger-seger. Yapp gue mengunjungi air terjun di Lombok yang belum gue kunjungi waktu pas ke Lombok di tahun 2016, dan juga menikmati seafood di Pantai Nipah yang kata aji ndesss banget.

Di part kedua ini, gue akan mengunjungi Air Terjun Tiu Teja yang berada di daerah Kayangan, Lombok Utara. Dari Sembalun, kita turun gunung melewati Senaru. Dari ketinggian 1000an Mdpl menuju puluhan Mdpl membuat kuping kita sangat pengang. Nah setelah berjibaku dengan jalan raya Bayan yang terkenal sangat gersang karena persis banget di pinggir pantai, perjalanan selama 1 jam setengah kita pun tiba di pertigaan Kayangan.

Dari pertigaan Kayangan terdapat plang menuju arah Air Terjun Santong. Kita tanyalah penduduk apakah Air Terjun Santong itu Tiu Teja atau bukan, ternyata bener itu Tiu Teja a.k.a Santong. Dari pertigaan kita mulai menanjak lagi menuju kaki Gunung Rinjani. Yapp dari dataran tinggi ke dataran rendah trus ke dataran tingggi lagi, berasa banget men perubahan suhunya. Singkatnya perjalanan selama 30 menit dari pertigaan Kayangan, kita pun tiba di gerbang masuk Tiu Teja.

Bagi kalian yang bawa mobil, kalian harus memarkirkan kendaraan di gerbang, lalu jalan kaki sejauh kurang lebih 1 kilometer menuju pintu Tiu Teja. Tapi kalo naik motor, kalian bisa sampe di saung deket pintu Tiu Teja. Cuma jalurnya ya begitu deh, aduhaiii macem offroad, masih tanah yang agak licin kalo hujan.

Pintu masuk Tiu Teja
Sesampainya di pintu masuk, cuma ada kita bertiga aja di Tiu Teja ini, sepi sama sekali gak ada pengunjung, penjaga, atau petugas tiket. Setelah memarkirkan motor, kami bertiga langsung turun menuju Tiu Teja. Jalurnya sudah dibuat tangga layaknya jalur menuju Sendang Gile, tapi lebih rimbun aja. Gak perlu waktu lama kok untuk sampe Tiu Teja, cukup jalan santai menuruni anak tangga selama 10 menit, kita pun tiba di air terjun kembar yang bagussssss banget, wonderful!

Turun terus

Jalurnya enak sudah ditata

Sampeeeee!
Sesampainya di Tiu Teja, gue sama satria menuju ke aliran sungai buat maen-maen air. Si aji mah di atas bae seakan ngejagain kita padahal doi uda ngep banget. Dari aliran sungai, Tiu Teja terlihat sangat ciamik. Tiu Teja ini sangat instagenic banget dah, tapi biar dapet foto yang caem, kalian harus jalan sedikit menjahui Tiu Teja dengan mengikuti aliran sungai. Sumpah kalo dari jarak jauh curug ini sangat keren! Tapi sayang seribu kali sayang, waktu gue sama satria mau susur sungai untuk main air dan foto-foto, tiba-tiba ujan mennnn! Yauda deh jadinya gue cuma foto-foto sebentar aja di sini. Karena hujan mulai deres, kita memutuskan untuk kembali ke parkiran karena takut banjir bandang.

Manteppp kan

Kalo lebih jauh pasti lebih mantep lagi

Kalo tadi kita pas mau ke Tiu Teja enak banget karena turun, nah pas mau ke parkiran jadinya amsyong soalnya nanjak. Sesampainya di parkiran, kondisi masih sama seperti sebelumnya, sepi gak ada orang sama sekali, untung aja motor kita aman sentosa. Sambil menunggu ujan rada redaan, kita nyantai dulu di beruga a.k.a saung kecil di deket pintu masuk. Setelah ujan reda, kita melanjutkan perjalanan kembali untuk menuju Pantai Nipah guna makan seafood yang kata aji sama satria enak dan murah. Lets go!

Suasana syahdu di sekitaran Tiu Teja
Untuk menuju Pantai Nipah, kita melewati lagi Kayangan lalu ikuti saja jalur menuju Tanjung hingga Bangsal. Kita jalan dari Tiu Teja sekitar jam 2 siang dengan kondisi yang pastinya lancar jaya. Pas kita sampe Tanjung, gak lupa kita untuk beli sate lilit ikan yang enaknya kebangetan itu tuh, beli 10 rasanya gak cukup lho! Singkatnya perjalanan selama 1 jam setengah dari Tiu Teja, sekitar jam setengah 4 sore kita sampe di Pantai Nipah.

Sesampainya di Pantai Nipah, kita pesen di tempat seafood langganannya si aji. Nah sembari menunggu makanan mateng, kite bertiga berenang deh di Pantai Nipah yang ombaknya bener-bener tenang, gak dalem, pokoknya cocok banget deh buat berenang.

Pantai Nipah

Pantainya tenang dan bersih

Nikmatnyooo
Puas berenang, saatnya untuk makan besar. Kita pesen 2 lauk besar yaitu ikan Baronang dan Kerapu, ditambah cumi dan pelecing kangkung, terong + minumnya kelapa muda. Harganya? Ramah banget cuma abis 180ribu sebegitu banyak lho!

Muakannnn

Setelah makan beres, bersih-bersih juga beres, trip hari ini ditutup dengan sunset yang sangat cantik di deket Pantai Senggigi. Eitss tapi masih ada cerita lagi lho di part 3 yang bakal gue post selanjutnya. Bocorannya post ke 3 berisi tentang jalan-jalan gue ke 3 pantai eksotis yang ada di Lombok tepatnya di Lombok Tengah. Okee kalo begitu, to be continue lagi yakkkk.