Jalan-jalan ke Lombok [Part 3 - Selesai] : Menjelejahi Pantai Eksotis Lombok, Pantai Semeti, Pantai Mawun, dan Bukti Merese

Oke lanjut lagi cerita gue dari part 2 ya. Jadi cerita ini juga sebagai penutup jalan-jalan gue selama di Lombok. Di hari terakhir ini, gue bersama aji dan satria mau jalan-jalan ke pantai yang ada di Lombok Tengah. Bukan hanya si aji sama satria aja, tapi mereka juga ngajak temen-temennya yaitu bubu dan yayan. Kita mengunjungi salah satu pantai yang mungkin agak jarang dikunjungi sama wisatawan. Pantai yang kita kunjungi berada di Lombok Tengah di sisi barat Kuta, yaitu Pantai Semeti.

Kita jalan dari Ampenan jam 10 pagi dan sampai di kosan Yayan di daerah Kuta jam 11 siang. Ngaso-ngaso sebentar, sekitar jam setengah 12 kita lanjutkan perjalanan menuju Pantai Semeti. Untuk menuju Pantai Semeti, kita melalui jalur ke arah Selong Belanak. Jalurnya waktu itu lagi mengalami pelebaran, jadi agak berdebu dan sedikit ancur di beberapa titik. Singkatnya berjalan dari kosan yayan sampe di pertigaan arah Semeti sekitar 30 menit naik motor.

Dari pertigaan, perjalanan dilanjutkan dengan jalur yang bisa dibilang cukup ancur. Nanti ada pos retribusi dengan tarif masuk Pantai Semeti 5ribu per motornya, murah kan. Dari pos retribusi, kondisi jalan masih tetep sama, ancuurrr. Nanti kita bakal ketemu jalan yang bakal calon-calon diaspal. Gak lama dari situ nanti ada pertigaan, belok kiri deh kalo mau ke arah Pantai Semeti. Singkatnya perjalanan selama 20 menit dari pos retibusi, kita pun sampai di Pantai Semeti.

Jalurnya turun terus

Jalurnya berlubang dan berbatu
Kalo uda ketemu jalur begini, tandanya uda deket

Sesampainya di Pantai Semeti, kita makan siang dulu di parkiran, kebetulan waktu itu ada nasi balap yang murah meriah. Setelah makan, baru deh kita jalan menyusuri bibir pantai yang teriknya bukan maen. Gak butuh waktu lama untuk menuju Semeti dari parkiran, hanya 10 menit saja dan kita pun sampe di pantai yang memiliki gugusan batuan unik.

Susur pantai untuk menuju Pantai Semeti

Kita tidak bisa berenang di Pantai Semeti karena ombaknya yang gokil. Tapi yang dijual dari pantai ini adalah gugusan batuan yang gue bilang mirip Krypton yang ada di film Superman gitu.Tempat ini pokoknya instagenic banget deh, cocok banget buat yang mau mempercantik feed instagram kalian. Nikmati tempat ini tapi tetep waspada dengan ombaknya yang besar ya!

Magnificent!

Bawahnya langsung ombak ganas ini

Gugusan batuan yang unik

Macem di Krypton si kalo gue bilang

Ombaknya gila

Pas ombak uda mulai menggila, disaat itu juga kita balik ke parkiran lagi. Soalnya kalo ombak di Semeti uda gila, kita bener-bener bisa keseret lho. Karena waktu masih siang dan penerbangan gue juga malem, kita memutuskan untuk jalan menuju Pantai Mawun. Yappp gue uda ngiter-ngiter ke pantai selatan Lombok macem Tanjung Ann dkk tapi malah ke Mawun belum. Perjalanan dari Pantai Semeti ke Mawun cukup deket kok, cuma butuh waktu 15 menit aja, kita pun sampe di Mawun.

Kita hanya bayar 10ribu saja per motor untuk masuk Mawun. Mungkin agak mahal ya dari pantai-pantai di Lombok yang biasanya goceng, tapi perlu dimaklumi karena Mawun ini terkenal dan emang ciamik banget sob. Kita sampe di Mawun pas terik-teriknya. Mungkin buat kita kalo terik gini enaknya ya neduh, tapi kalo bule kebanyakan pada berjemur. Yang gue suka dari pantai ini adalah ombaknya tenang dan panoramanya itu indah banget! Teluk yang indah dan kalo gue foto pake drone pasti cakep banget, sayang gak punya. Kita di sini cuma duduk di bawah pohon pinggir pantai sambil menikmati sepoy-sepoy angin pantai, ajiiiib.

Banyak bule yang main air

Ini yang ajiiib banget

Teluknya, bukan bulenya
Setelah puas menikmati indahnya Pantai Mawun, kita pun kembali ke kosan yayan. Di kosan yayan kita istirahat sebentar karena memang capek banget dan ingin menikmati sore di Merese sekalian ke Bandara nganterin gue. Setelah istirahat, singkatnya jam 4 sore kita jalan menuju Bukit Merese.

Sebetulnya gue dah pernah ke Merese waktu gue naik Rinjani. Tapi kan waktu itu siang ya, terik banget, dan sekarang menikmati senjanya lah ya. Untuk menuju Merese sekarang udah gampang dan jalurnya juga uda bagus. Petunjuk ke Merese adalah arah ke Pantai Tanjung Ann. Nanti sebelum Tanjung Ann ada petunjuk ke Bukit Merese, jadi sangat jelas. Spot terbaik untuk menikmati Bukit Merese adalah menikmati senja di deket pohon jomblo yang terkenal itu tu, sadisssss.

Satria, Aji, dan Bubu, santai sore

Pohon Jomblo

Ciamikkk pemandangannya

Gile bener emang nikmatin sunset dimari

Juara deh beneran.
Setelah puas menikmati sunset di Merese, maka berakhir pula jalan-jalan gue selama 3 hari penuh di Lombok. Jam 6 sore gue dianterin bocah-bocah ini ke Bandara karena penerbangan gue jam 8 malam. Buat gue, Lombok tu bener-bener gak ngebosenin deh, rasanya pengen dateng lagi dan lagi. Special thank you juga buat dua temen kunyuk gue di sana yang mau nemenin gue jalan-jalan selama 3 hari penuh, Aji dan Satria.

Oke deh sekian cerita gue di Lombok yang udeh ber-part sampe 3 ini, kalo ada pertanyaan bisa langsung komen aja ya. Salam ransel dan salam secangkir kopi semua!