Tebing Koja : Bekas Tambang Pasir Yang Sangat Instagramable di Tangerang

Di era milenial saat ini, tempat wisata baru mulai bermunculan khususnya tempat wisata yang instagramable. Gue mau share jalan-jalan gue waktu ke suatu tempat, yang bisa dibilang kekinian banget deh sesuai sama generasi milenial sekarang, yaitu wisata yang instagramable. Lokasi ini gak terlalu jauh dari ibu kota dan dapat diakses dengan mudah baik dengan kendaraan umum ataupun pribadi, dan pastinya murah meriah. Oke langsung ke ceritanya aja ya!


Jalan-jalan kali ini gue mengunjungi salah satu tempat yang bisa dibilang baru banget hits, mungkin baru sekitar 4 atau 5 bulan yang lalu, namanya adalah Tebing Koja. Tebing Koja berlokasi di Kabupaten Tangerang tepatnya di daerah Cikuya. Sebetulnya gue uda dari bulan November mau kemari, tapi gak ada temen yang mau kesana. Akhirnya kemarin minggu tanggal 10 Desember, gue bisa bawa pasukan kemari.

Temen-temen gue yang ikut cuma bertiga, yaitu si Jati, Hani, dan Widi, di sini gue jadi paling ganteng sekaligus juga jadi sopir para ciwi-ciwi ini. Untuk menuju ke Tebing Koja, gue menggunakan mobil. Kenapa mobil? Soalnya pengalaman gue waktu ke Danau Biru Cigaru bareng si Jati, Dadung, dan Ali, Februari lalu, tua di jalan cuy. Meeting poin di Villa Pertiwi Depok atau di rumahnya Jati, dan tepat jam 7 pagi kita berangkat untuk menuju Tebing Koja yang jaraknya hampir 100 kilometer coy!

Rute dari rumah gue ke Tebing Koja by Maps

Jujur dari kita berempat memang belom pernah ke daerah ini khususnya naik kendaraan pribadi. Jadi selama perjalanan, kita cuma mengandalkan maps. Dari Depok lewatin tol terus nanti keluar di Gerbang Tol Balaraja Barat. Nah dari situ baru deh kita full ngikutin maps bae dan Alhamdulillah ternyata poin Tebing Koja di maps itu akurat banget lho, jadi jangan ragu buat ngukutin maps buat kalian yang naik kendaraan pribadi dan belum pernah sama sekali kesana.

Dari jalan raya Cisoka masuk ke gang Tebing Koja itu jalannya kecil, cuma muat satu mobil. Jadi kalo ada mobil berlawanan arah mau gak mau harus ada yang ngalah minggir atau mundur. Setelah berkendara selama kurang lebih 1 jam 50 menit, cepet yakk soalnya gak macet cuy, kita pun sampai di parkiran Tebing Koja.

Dari parkiran menuju Tebing Koja tidaklah jauh, jalan kaki cuma kurang dari 5 menit kita pun sudah dapat menikmati uniknya tebing ini. Setelah membayar retribusi 2000 rupiah saja (njir murahnyoo), lalu ngopi sebentar, kita pun mulai hunting-hunting foto di bekas tambang pasir yang menurut gue emang bagus banget! Ada beberapa spot foto yang oke banget, jadi kalian bebas mau pilih yang mana aja yakkk.

Ngopi dulu bray

Mulai nyari spot-spot foto kece
Semacem Tebing Breksi di Yogya


Ini ni, yang gokil banget, tebing batuan di antara sawah

Kalo kata penjaga warung, namanya "Goa Godzila"

On Top Of The World?

Ini adalah tebing tertinggi di Tebing Koja

Cuaca pada saat itu lagi cerah banget bray, sumpah rasanya kayak di panggang di tempat ini. Pas gue ama jati lagi poto-poto di titik tertinggi, tiba-tiba doi nyeletuk kok viewnya gak kayak di IG yak. Karena gue gak ngeh alhasil dia ngasih gue liat foto yang di IG dan bener, kok gak mirip. Dari situ gue mulai cari-cari dan kemungkinan spot foto yang kayak di IG ada di ujung dari tebing yang tinggi ini. Setelah turun dari tebing tertinggi, kita neduh sebentar di warung dan nanya dulu ke ibu warung. Pertanyaan gue ke ibunya sebagai berikut

(+) = Gue
(-)  = Ibu Warung 

(+) = "Bu, kalo tempat yang fotonya kayak begini ada di ujung sana bukan bu?"
(-)  = "Iya kang, ini teh (sambil nunjuk hapenya si jati) tempat foto yang di Kandang Gozila, kalo di sini biasanya si nyebutnya Goa Gozila"
(+)  = "Buat kesana jauh gak bu?"
(-)  = "Ngga kang, paling jalan kaki gak sampe 10 menit"

Oke jadi gini, ceritanya ada dua pihak yang berselisih, trus ngebuat dua tempat ini jadi dua, Goa Gozila dan Kandang Gozila (gue gak ngerti kenapa dinamain Gozila nyet -___-), dan sebetulnya view yang bagus yang dari Kandang Gozila. Nah setelah ngadem, kita pun melanjutkan perjalanan menuju Tebing Koja yang Kandang Gozila itu dengan jalan kaki.

Setelah jalan kaki kurang dari 10 menit, kita pun sampai di Tebing Koja yang Kandang Gozila. Tralalala, dan bener ternyata memang view dari sini yang bener-bener bagus! Kita pun diceritain sama bapak sini kenapa bisa jadi dibelah dua gitu Tebing Koja nya dan kenapa ada embel-embel nama Gozila. Jadi embel-embel nama Gozila gara-gara ada batu yang nyerupain Gozila, dah gitu aja sekian dan terimakasih. Dari parkiran Tebing Koja Kandang Gozila, kita masih jalan kaki lagi yang agak muter. Padahal bisa langsung lho, cuma dah ditutup sama yang punya tanah. Nah di sini kita bayar lagi 5000 perorang, tapi dapet tiket resmi cuy.

Gerbang masuk

Tiket resmi
Setelah membayar tiket, kita neduh sebentar di warung. Sumpah gak boong panas banget cuaca waktu gue kemari, rasanya matahari kek di ubun-ubun. Nah pas cuaca agak ademan, baru deh kita eksekusi untuk foto-foto. Cari spot foto terbaik ye coy!

Ini dia ni, Ramang-ramang ala Tangerang Coyyy

Nah ini ni batu yang katanya mirip Gozila (emang mirip ya?)

Hamparan ladangnya itu lho, Instragamable!

Bisa juga buat foto Prewed, baek-baek ya neng

Gaya sesuka lau aje dah

Gimana? Bagus Kan? Oh ya selain kita bisa foto-foto ciamik, di Tebing Koja juga nyediain jasa perahu dengan membayar 5000 per orang. Cuma waktu itu lagi ada yang prewed, jadi kita gak sempet deh buat naik sampannya. Padahal si kalo diliat bakal keren banget kalo poto naik sampan di bawah tebing-tebing gitu. Setelah puas foto-foto, maka berakhirlah pula jalan-jalan gue dan teman-teman sepermainan di Tebing Koja.

Ada beberapa tips yang mau gue bagiin ke kalian kalo mau main ke Tebing Koja :
  1. Untuk menuju kesini, bisa pake kendaraan pribadi atau umum. Kalo kendaraan pribadi, udah ikutin aja maps, gak perlu lagi tanya sana tanya sini, akurasi 99,99%.
  2. Kalo naik kendaraan umum, bisa dari Stasiun Tigaraksa abis itu lanjut naik ojek biar cepet. Katanya si tarif ojek dari Tigaraksa ke Tebing Koja sekitar 25ribu sekali jalan.
  3. Tebing Koja ini cukup dekat dengan Danau Biru Cigaru. Jadi buat kalian yang belom pernah ke Danau Biru, bisa sekalian deh dalam 1 hari jalan-jalan ke dua tempat wisata instagramable.
  4. Nah di Tebing Koja ada dua tempat yang dipisah, yang Goa Gozila dan Kandang Gozila. Cuma kalo nyari view yang bagus ya di Kandang Gozila menurut gue. Cuma gak ada salahnya kalo lo mau eksplore keduanya kayak gue kemarin, malah puas banget terus cuma bayar 7ribu lagi.
  5. Waktu terbaik buat kesini itu pas pagi hari, asik banget sambil nikmatin sunrise di Tebing Koja Kandang Gozila dan gak panas bray. Percayalah kalo siang itu panasnya bikin keringetan (?).
  6. Jangan lupa bawa topi, payung, atau apalah kalo pas dateng siang, soalnya panasnya itu terik bukan maen.


Oke deh itu dia cerita gue jalan-jalan ke Tebing Koja. Jangan lupa kalo kemari sampahnya dibuang pada tempatnya termasuk si anu (eh). Kalo ada pertanyaan bisa langsung di kolom komentar ya. Salam lestari dan salam ransel semua!



Tebing Koja, 10 Desember 2017

Komentar