Geopark Ciletuh : Keajaiban Taman Bumi di Tanah Pasundan

Akhirnya long weekend akhir maret kemarin gue bisa jalan-jalan ke salah satu bucket list gue di tahun 2018. Kalo diliat dari lokasinya, sebetulnya destinasi ini gak terlalu jauh dari Depok. destinasi ini menjadi bucket list gue di tahun ini karena indah, spot nya gak pernah gue liat di destinasi lain, dan kalo lo liat di Google, rasanya itu pemandangan kayak bohongan gitu deh. Dari pada banyak cincong, langsung aja ke ceritanya ya!

Nama bucket list yang gue tuju saat long weekend kemarin adalah Geopark Ciletuh yang ada di Sukabumi. Seharusnya long weekend kemarin gue ke Karimun Jawa, tetapi karena ada masalah jadi di cancel. Rencana ke Ciletuh ini juga dadakan banget bray, gue ngajak jalan temen itu seminggu sebelum long weekend tiba, dan Alhamdulillah gue mendapatkan temen-temen yang mau jalan-jalan juga kemari.

Adapun temen-temen yang gue ajak kali ini adalah mereka yang ikut ke Situ Gunung awal maret lalu, yaitu : Arip, temen kuliah gue yang pengen banget berat badannya naek tapi masih tetep berjuang, Faisal yang orang nya diem-diem bae tapi pas lagi jalan-jalan sering banget videoin pake hape barunya + tongsis, Detha yang doyanannya nonton Karma padahal takut banget sama brosis congpo dan lady K, Nurul si perempuan yang masih aja lebih polos dari jidat gue yang percaya kalo Ciletuh terbentuk pas kakek gue lagi mancing di sana, dan Ita yang kalo mau ijin ke orang tua nya buat jalan-jalan lebih sulit dari ijin bimbingan skripsi ke dosbing. Kita berenam dan kendaraan yang kita pakai ke Ciletuh menggunakan mobil.

Ini kita, keliatan masih kayak anak SMA semua kan ya.

Hari 1, Jumat 30 Maret 2018
Menikmati Panorama Puncak Dharma, Gemerciknya Air Curug Cimarinjung, dan Sunset Mendung di Pantai Palangpang

Kita berencana jalan jam 3 pagi di hari Jumat, soalnya temen-temen baru pada bisa pulang kantor jam-jam malem. Tetapi rencana hanyalah rencana, kita baru bener-bener jalan menuju Ciletuh jam setengah 6 pagi. Jalur yang kita lalui sama kayak kita mau ke Pelabuhan Ratu. Untung aja waktu itu jalur Sukabumi belom "sakit", alhasil kita sampai di pertigaan Cikidang dengan perjalanan 1 jam 40 menit dari Depok.

Masih pagi, pemandangan Gunung Salak 1 ajiiib
Kita melalui jalur Cikidang karena gak mau kena macet di Cibadak. Soalnya gue pernah kena macet di Cibadak hampir 2 jam berhenti total bray! Oh ya kalo lo lewat jalur Cikidang ini, kondisi kendaraan lo harus bener-bener fit deh, jalurnya kayak Roller Coaster, ajiiiib. Oh ya jalur Cikidang ini merupakan jalur kalo lo mau Rafting di Sungai Citarik. Meskipun jalurnya kayak begitu, tapi jalur ini motong banget, jadi cepet dan jalannya juga mulus kayak muka doi. Setelah melakukan perjalanan 1 jam 15 menit dari pertigaan Cikidang kita pun sampai di Pelabuhan Ratu.

Sesampainya di Pelabuhan Ratu, kita melanjutkan perjalanan menuju Ciletuh. Oh ya jalur menuju Ciletuh itu searah dengan Ujung Genteng. Nah, pas mau ke Ciletuh itu, kita lewat jalur baru yang belom lama diresmiin sama Gubernur Jabar. Kalo kita lewat jalur lama, dari Pelabuhan Ratu menuju Ciletuh bisa 3 jam, tapi lewat jalur baru itu cukup 1 jam lebih dikit. Nama jalurnya adalah Simpang Loji. Oh ya FYI gak ada petunjuknya lho untuk mengarah ke jalur baru itu. Salah satu petunjuk yang ada hanya spanduk "Selamat atas diresmikannya jalur baru" yang ada foto Gubernur Jabar. Waktu itu kita pake Maps aja mulai dari RSUD Pelabuhan Ratu, and works!

Nih rute jalur baru nya

Rute jalur baru ini luar biasa indahnya, tapi juga luar biasa sangarnya. Selama lo di perjalanan di jalur baru ini, kiri lo adalah laut lepas Pelabuhan Ratu dan kanan lo adalah bukit-bukit gokil khas Jawa bagian selatan. Yang lo harus waspadain adalah tanjakan turunannya yang aduhai pisan, mayan ngebuat gaspol terus dan bau rem. Buat yang naik kendaraan matic kudu lihai ni soalnya kan kagak ada engine break. Di jalur baru ini kita akan langsung sampai di spot pertama sekaligus spot paling ciamik untuk menikmati Ciletuh dari atas, yaitu Puncak Dharma. Hanya butuh waktu 1 jam lebih dikit dari Pelabuhan Ratu, kita pun udah sampai di destinasi pertama yaitu Puncak Dharma, yihaaa akhirnya sampe Ciletuh juga!

Akhirnya sampe!

Sejarah Geopark Ciletuh

Puncak Dharma

Masya Allah ya pemandangannya
Waktu itu kondisi cuaca panassss bener. Muka gue yang ude item, kagak berubah ya tetep item aja. Karena panasnya itu kita gak terlalu lama di sini dan lanjut menuju homestay yang sudah kita pesan seminggu yang lalu. Oh ya untuk retribusi Puncak Dharma, cukup membayar 3ribu/orang dan 5ribu/mobil, murah kan! Di Puncak Dharma juga bisa diriin tenda untuk camp lho. Jalur menuju homestay asli ekstrim banget. Dari Puncak Dharma menuju Pantai Palangpang nukik banget turunannya, gue aja mikir gimana ntar baliknya coba. Setelah sampe di bawah, kita melanjutkan perjalanan untuk menuju Pasar Ciwaru, soalnya homestay kita memang deket situ.

Sesampainya di homestay, kita istirahat sebentar guna memulihkan kondisi badan yang dah capek bener. Oh ya homestay yg kita pake ini namanya Homestay Bu Gege. Tarifnya hanya 500ribu/malamnya dengan fasilitas 4 kamar tidur dan 2 kamar mandi, keren kan! Homestay Bu Gege bisa menampung sampe 15 orang lho, jadi lebih murah dan hemat. Kalo laper, tinggal minta tolong aja Bu Gege masakin, harganya mulai dari 10ribu hingga 25ribu.

Ini dia Homestay nya
Ruang tamunya

Kamarnya juga bersih dan nyaman

Ada dapur nya juga lho, gas tinggal minta

Kita istirahat cukup lama, sampe ashar kalo gak salah. Nah setelah ashar, kita melanjutkan perjanan menuju destinasi kedua yaitu Curug Cimarinjung. Sebetulnya curug ini kita lewatin waktu turun dari Puncak Dharma, tapi karena kita dah capek bener dan mau istirahat dulu jadinya sore deh kita kesini.

Dari jalan, Curug Cimarinjung itu udah keliatan banget beserta deres arus airnya. Dari parkiran mobil kita gak perlu jalan jauh, sekitar 50 meter lah. Meskipun retribusi di curug ini hanya bayar seikhalsnya, tetapi fasilitasnya sudah oke lho seperti jalur pejalan kaki yang sudah di cor biar gak licin. Sesampainya di Curug Cimarinjung, kita menikmati gemerciknya air curug yang seger bener + menikmati pelangi yang muncul di curug ini, pokoknya seru dan cantik banget deh!

Selamat datang artinya itu

Gak jalan jauh kok

Retribusi hanya bayar seikhlasnya, murah benerrrr

Ini dia!

Muncul pelangi, indahnyooo

Setelah puas menikmati keindahan Curug Cimarinjung, dan juga karena waktu semakin sore, maka kita putuskan untuk melihat sunset di Pantai Palangpang. Cuaca saat itu bisa di bilang cukup mendung, tetapi masih ada celah kecil di ujung bumi buat ngeliat sunset nya. Setibanya di Pantai Palangpang kita langsung bergegas ke pinggir pantai.

Kondisi Pantai Palangpang menurut gue hmm agak kotor si, banyak banget sampah dari pengunjung yang seakan dibiarkan oleh petugas.  Ngomong-ngomong soal petugas, di Pantai Palangpang ini memang tidak ada petugas khusus yang menjaga pantai. Air dari Pantai Palangpang ini juga berwarna coklat, secara pantai ini merupakan pantai muara dari beberapa sungai yang melewati Ciletuh. Karena cuaca kurang mendukung jadinya sunset kurang sempurna deh, tapi gapapa yang penting bisa menikmati sunset bersama kalian semua yawww.

Oh ya untuk tarif masuk sendiri tidak dipungut biaya, baik untuk pengunjung maupun parkir. Lalu kalo kalian mau diriin tenda di sini juga bisa kok, ada beberapa warung makan di pinggir pantai, tepatnya di sisi selatan pantai. Hari sudah mulai gelap pertanda bahwa kita harus bergegas kembali ke homestay untuk istirahat dan meneruskan jalan-jalan keesokan harinya.

Curug Cimarinjung dari Pantai Palangpang

Suasana Pantai Palangpang saat sore

Sunset di antara awan tebal

Hari 2, Sabtu 31 Maret 2018

Menikmati Panorama Ciletuh dari Bukit Panenjoan, Melihat Niagara khas Ciletuh Curug Awang, Mengunjungi Salah Satu Pulau Terangker di Ciletuh Pulau Kunti, dan Menutup Petualangan Ciletuh di Curug Cikanteh dan Curug Sodong.

Hari kedua di Ciletuh disambut hujan yang cukup deras di pagi harinya. Rencananya, kita tu mau menikmati sunrise dan kabut ala-ala di Bukit Panenjoan setelah subuh. Tapi apadaya, hujan baru agak reda dikit jam 8 pagi, jadinya kita baru memulai perjalanan jam 8 pagi.

Destinasi pertama di hari kedua yang kita kunjungi adalah Bukit Panenjoan. Lokasi Bukit Panenjoan dari Homestay kita cukup jauh, sekitar 10 kilometer atau 30 menit perjalanan. Oh ya untuk menuju Panenjoan, kita melalui jalur lama Ciletuh ya. Selama perjalanan, hamparan sawah dan panorama Ciletuh di pagi hari indah banget bray asli. Kontur jalannya sendiri naik turun, masih terkendali dan jalannya mulusssss. Oh ya sebelum sampe di Panenjoan, kita nanti akan melewati beberapa gang untuk menuju Curug Manik dan Curug Awang yang pastinya kita kunjungi juga nanti. Setelah 25 menit perjalanan, akhirnya kita sampai di Bukit Panenjoan.

Suasana di Panenjoan saat itu masih gerimis. Kita cukup bayar 5ribu saja perorangnya dan langsung menuju spot untuk menikmati landscape Ciletuh dari Panenjoan. Asli bray gue cuma mau bilang, CUAKEPPPP mana waktu itu kondisi abis ujan, kabut-kabut lembut lewat di sisi-sisi bukit, ihiww. Kesempatan begini gak kita sia-siain, ya kudu dibuat momennya lah ya.

View Ciletuh dari Panenjoan

Mantap betul tebing-tebingnya

Eaaa

Sengaja gua posting ni 3 cewe tuna asmara

Setelah puas menikmati panorama Ciletuh dari Bukit Panenjoan, saatnya kita melanjutkan ke destinasi selanjutnya yaitu Curug Awang. Lokasi gang Curug Awang dari Bukit Panenjoan itu deket banget, ada plang nya kok jadi santai gak bakal salah masuk gang.

Jalan dari ujung gang sampe Curug Awang sekitar 1,3 kilometer dengan kondisi jalan yang PARAH. Yap dari 4 destinasi yang gue kunjungi selama di Ciletuh, jalan Curug Awang lah yang bener-bener gokil. Jalurnya campuran antara madakam (batu yang disusun rapi) dan sedikit lumpur, jadi bisa dibayangin kalo mobil lo selip kudu begimana. Cuma untungnya, kontur jalannya itu stabil, naik turunnya gak ada yang ekstrim. Ada sih 1 cuma cukup terkendali. Kalo kalian kesini dan memang gak pede karena kalian belum lihai nyetir atau takut mobil selip, mending parkirin kendaraan kalian di depan dan jalan kaki sekitar 1,3 kilometer, cuma jangan lupa di kunci ganda untuk mobilnya soalnya gak ada yang jaga. Kalo motor mah terabas aja sampe parkiran Curug Awang. Kita pun sampai di parkiran Curug Awang setelah berjalan selama 15 menit, itupun tangan gue gemeteran dan pusing gimana baliknya nanti, selip kagak yak mobil gua.

Kondisi jalannya masih madakam

Petunjuk jelas arah ke Curug Awang

Ini parkirannya

Kami sengaja tidak parkir di tempat parkir karena kendaraan harus turun lumayan curam dengan kondisi jalan madakam. Kebayang kan gimana nanti pas mau naiknya. Dari parkiran kita jalan menuju Curug Awang yang ternyata tidak jauh. Oh ya di sini kalian bisa memilih mau ke Curug Awang dulu atau Curug Tengah karena lokasinya cukup berdekatan.

Sayang seribu sekali sayang, karena hujan lebat dari jam 1 pagi hingga matahari terbit, aliran sungai yang melewati Curug Awang ini banjir. Jadinya kita tidak bisa melihat atau berjalan di tengah-tengah Curug Awang deh, padahal kalo bisa pasti keren banget lho. Tetapi karena banjir ini, menurut gue malah jadi kayak Niagara ala-ala gitu dehh. Untuk tarif masuk tidak dikenakan biaya ya, hanya parkir saja dan mobil cukup bayar 10ribu.

Curug Awang yang sedang banjir

Tetep ada pelangi di setiap curugnya, ajibbb

Alooo
Setelah puas menikmati Curug Awang, rencana selanjutnya adalah kembali ke homestay. Loh kok kembali ke homestay? Jadi gini, semalem kita ngobrol banyak soal destinasi yang agak jarang dikunjungi oleh wisatawan di Ciletuh. Nah Bu Gege si nyaranin kita buat ke Pulau Batik atau Kunti aja soalnya di sana jarang ada wisatawan. Cuma untuk kesana lebih enaknya siang menjelang sore, sekitar jam 2an lah. Makanya karena ada hasutan dari Bu Gege itulah kita jadinya ingin ke pulau tersebut. Kitapun tidak jadi ke Curug Tengah karena kondisinya mungkin sama saja dengan Curug Awang. Kita juga tidak jadi ke Curug Manik karena melihat jalurnya dari jalan raya besar uda nanjak banget + madakam, jadi kagak dah mendingan.

Singkatnya sekitar jam 2an kita jalan dari homestay menuju pelabuhan nelayan. Kita negosiasi kapal untuk menuju Pulau Kunti dengan pemilik kapal langsung dan akhirnya mendapatkan harga deal 450rb. Oh ya kapal ini bisa muat 10 orang, jadi sebetulnya cukup murah. Setelah dibagikan pelampung, kita pun cussss menuju Pulau Kunti.

Kapal mulai oleng kapten

Ujung dari teluk Ciletuh
Perjalalanan dari pelabuhan nelayan ke Pulau Kunti tidak begitu lama, hanya 20 menit saja. Selama diperjalanan kita diperlihatkan landscape alam Ciletuh yang luar biasa bagusnya, macem sebuah desa yang dilundingi sama benteng alami gitu deh. Di tengah perjalanan kita melewati Pulau Mandra yang merupakan batas warna laut biru dan laut payau coklat. Setelah 20 menit jalan akhirnya kita pun tiba di bibir pantai Pulau Kunti.

Pulau Kunti ini sepi banget, dan emang suasana nya agak kurang enak menurut gue. Suasana di sini maksudnya suasana non fisik ya, kerasa banget aura negatifnya (berasa banget kayak Roy Suryo Kiyoshi gua). Oh ya menurut kita si bibir pantainya kurang bagus. Kita pun jalan sedikit ke arah utara dan menemukan tempat foto yang bagus. Tebing dari Pulau Kunti ini emang cukup bagus, ada goa pula, jadi nambah kesan angker dari pulau ini deh.

Jalan menuju spot lain Pulau Kunti

Menurut kita, di sini cukup bagus buat foto-foto

Mayan kan

di pojok kanan atas itu garis pantai Pulau Kunti untuk sandar kapal

Gak lama kita foto-foto di sini soalnya cuaca terik banget coy! Akhirnya sekitar jam setengah 3 sore kita memutuskan untuk pulang. Oh ya perjalanan pulang kita sempet foto-foto goa Pulau Kunti, soalnya kata nelayan goa tersebut merupakan asal usul penamaan dari pulau ini. Kayanya bakal gokil si kalo masuk ke goa itu, cuma sayang aja waktu itu air laut lagi pasang jadi kapal gak bisa sandar di deket goa.

Ujung Pulau Kunti

Goa yang menjadi asal usul nama pulau ini

Misterius kayanya si
Kita pun sampai di dermaga lagi sekitar jam 3 sore. Awalnya kita mau pulang ke homestay dan melanjutkan ke destinasi terakhir yang belum kita kunjungi yaitu ke Curug Sodong keesokan harinya pas mau pulang. Tapi karena hari masih cerah banget, kita putuskan sore ini ke Curug Sodong jadi besok kita udah santai tinggal pulang aja deh.

Perjalanan dari dermaga ke Curug Sodong lumayan, ngelewatin homestay kita juga dan pasar Ciwaru. Jalurnya sendiri sudah bagus tapi cukup sempit, jadi kalo ada mobil dari berlawanan arah ya salah satu harus ngalah. Singkatnya perjalanan selama 20 menit dari dermaga, kita pun sampe di Curug Sodong.

Curug Sodong ini gokil banget bray, dua air terjun yang apa ya? BAGUS! Oh ya pas kita mau ke Curug Sodong, kita ditawarin sama (yang menurut gue oknum) yang ngakunya guide dan menjelaskan bla bla bla kalo lebih baik ke Curug Cikanteh dulu. Kita pikir yasudah lah pake jasanya aja, toh kata dia bayar seikhlas nya dan lumayan buat kang poto kita. Oh ya tarif masuk Curug Sodong gratissss, cukup bayar parkir kendaraan aja, gokil bener ya destinasi sekece ini dengan pengeluaran yang minim.

Curug Sodong

Cakep bener ye, di atas nya itu Curug Ciateul

Selalu ada pelangi di setiap Curug di Ciletuh

Untuk menuju Curug Cikanteh, dari Curug Sodong kita melewati jalan setapak. Nanti ada dua jalan setapak, kalo kata akang guide nya yaitu jalur ABG dan aki-aki. Kita pilih jalur ABG yang katanya cepet. Etapi bujut buset jalurnya mayan, nanjak bener! Di pertengahan jalan kita ditagih tarif masuk Curug Cikanteh hanya 3ribu/orang, murah banget ya. Akhirnya setelah berjalan selama 15 menit kita pun sampe di curug yang muegaaaaah bener, Cikanteh yang bener-bener aduhai!

Curug Cikanteh

Masih tetep ada pelangi

Mayan kan bisa ada yang motoin kalo pake guide

Kita di Cikanteh cukup lama, soalnya bener-bener menikmati. Oh ya di Cikanteh ini kalian juga bisa berenang di pinggiran curug karena kolamnya gak dalem. Tapi kita gak ada yang mau nyebur, soalnya air nya coklat euy padahal coklatnya itu karena di hulu ujan deres, jadinya endapan kebawa deh. Kita diceritain banyak kisah oleh guide, mulai dari kapan Ciletuh ini dikenal wisatawan hingga spot-spot curug yang gak bisa kita kunjungi atau tersembunyi. Karena hari sudah semakin sore, maka kita kembali lagi ke parkiran untuk pulang menuju homestay dan menikmati sedikit sunset dari Curug Sodong.

Setelah pulang dari Curug Sodong dan Cikanteh, maka berakhirlah pula jalan-jalan kita di Ciletuh. Suer dalam 2 hari kita dapet banyak banget pengalaman yang baru, gak nyesel deh buat kalian yang mau ngerencanain pelesiran kesini.

Keesokan harinya kita pulang dan pamit ke Ibu Gege yang udah nyediaiin homestay kece banget. Sekitar jam setengah 9 pagi kita pulang melewatui jalur baru lagi. Gue agak kicut pas ngelewatin dari Curug Cimarinjung ke Puncak Dharma soalnya jalurnya itu nuanjakkk bener, tapi alhamdulillah mobil gua kuat bray.

Pas kita udah ngelewatin Puncak Dharma menuju jalan pulang, kita mau cari spot atau warung yang jualan es kelapa soalnya kita (tepatnya si polos seh) udah ngidam kelapa dari pas di Ciletuh euy. Kita mampir sebentar di spot yang namanya Puncak Gebang untuk minum kelapa. Eh ajegile lho dari Puncak Gebang ini merupakan best spot buat menikmati landscape teluk Pelabuhan Ratu yang lautnya biru banget! Asli gak salah mampir ini lah, minum es kelapa sekalian poto-poto di Puncak Gebang sebagai penutup petualangan kami di Ciletuh.

Panorama dari Puncak Gebang

Lautan biru nan luas.

Setelah puas minum es kelapa dan foto-foto, kita melanjutkan perjalanan pulang. Perjalanan pulang melalui jalur yang sama yaitu Pelabuhan Ratu - Cikidang - Jalan Raya Sukabumi Bogor - Tol Jagorawi. Alhamdulillah saat itu jalur Sukabumi Bogor masih besahabat buat kita, gak macett dan kita pun sampai di Depok kembali setelah melakukan perjalanan selama 5 jam dari Ciletuh. See you next time Ciletuh!

Gue pengen ngasih kalian beberapa tips jika ingin berkunjung ke Ciletuh :

1. Kalo kalian dari Jabodetabek, lebih baik lewat jalur Cikidang aja atau biasa dikenal jalur kelapa sawit. Lewat jalur ini selain lebih cepet juga ngehindarin macet yang kadang gak ada otaknya di pasar Cibadak. Waktu tempuh melalui jalur ini ke Pelabuhan Ratu hanya satu jam setengah lho.
  2. Setibanya di Pelabuhan Ratu, arahkan kendaraan ke pertigaan jalur menuju Ujung Genteng.
  3. Nah nanti kalau kalian sudah di jalur yang mengarah ke Ujung Genteng, siap-siap pake GPS untuk menemukan Pertigaan Loji. Atau patokan gampangnya ada baliho besar bertuliskan "selamat atas dibukanya jalur baru Pertigaan Loji - Ciletuh" yang gambarnya Gubernur Aher.
  4. Jalur baru Loji itu bener-bener dipinggir pantai Teluk Pelabuhan Ratu, jadi pemandangannya ajibbbbb.
  5. Jalur baru Loji konturnya ekstrim bray, make sure motor atau mobil kalian dalam kondisi prima. Kalo mobil ente gak kuat, jangan pake AC ye.
  6. Oh ya pom bensin terakhir sebelum melewati jalur baru Loji cuma ada di Pelabuhan Ratu, jadi make sure bensin kalian full untuk menuju Ciletuh.
  7. Untuk tempat wisata di Ciletuh, gak perlu khawatir kesasar soalnya sudah ada petunjuknya. Bisa juga pake GPS kok.
  8. Sinyal di sana yang oke banget sampe nembus 4G adalah Telkomsel. Yang lain ya agak keok-keok lah sinyalnya.
  9. Untuk homestay, sangat banyak di Ciletuh. Tapi gue ngerekomendasiin di Bu Gege aja kalo kalian datengnya banyak. Soalnya posisi homestay ada di pusat desa tepatnya di deket Pasar Ciwaru dan ukuran homestay cukup untuk menampung 15 orang. Untuk yang mau nomor Bu Gege bisa leave comment ya.
Di bawah gue kasih video yang dibuat sama temen gue yaitu Faisal, mulai dari perjalanan sampe di setiap tempat wisata di Ciletuh. Semoga bisa jadi gambaran buat kalian yang mau kesini khususnya untuk jalur menuju kesananya. Itu dia cerita gue jalan-jalan ke Ciletuh sama temen seperjancukan. Salam lestari dan salam ransel semua ya