Ulu Kasok dan Candi Muara Takus : Keindahan Alam dan Sejarah di Tanah Kampar

Riau khususnya Kabupaten Kampar ternyata memiliki potensi wisata yang unik lho. Selain keindahan alamnya, potensi di Kampar ini juga kaya akan budaya dan sejarah, khususnya sejarah Kerajaan Sriwijaya yang singgah di daerah ini. Saat itu gue berkesempatan untuk mengunjungi Pekanbaru, Riau. Nah mumpung di sana dan punya waktu satu hari free, gue putuskan untuk jalan-jalan khususnya ke daerah Kampar aja. Oke deh langsung aja cekikdot ke ceritanya ya!





Jalan-jalan kali ini sebetulnya disponsori oleh kantor gue. Jadi gue saat itu dapet tugas ke Riau, hari sabtu sampe senen. Nah tiba-tiba di hari minggu kita mendapatkan hari yang kosong. Daripada cuma bengong doang di hotel sambil nunggu buka puasa (saat itu lagi Ramadhan), ya baiknya memanfaatkan waktu yang ada buat jalan-jalan dong!

Karena mendadak, kita sempet bingung mau kemana tuh soalnya kita rada asing soal wisata yang ada di Pekanbaru. Awalnya kita mau ke Istana Siak, tapi terpatahkan ketika kita melihat miniatur Raja Ampat KW yang ada di Kampar. Karena keindahannya ya langsung aja tujuan kita adalah ke Ulu Kasok atau Raja Ampat KW di tanah Sumatera. Selain Ulu Kasok, kita juga mengunjungi candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang lokasinya tidak begitu jauh dari Ulu Kasok yaitu Candi Muara Takus.


Estimasi jarak dan waktu dari hotel gue ke TKP


Perjalanan dari Pekanbaru menuju Ulo Kasok memakan waktu 2 jam lebih dikit. Lama banget ya padahal itu mobil gua udah ngebut setengah ketam. Selama perjalanan kesana kita akan melewati hutan sawit dan yang pastinya akan melewti Sungai Kampar yang guedeee benerrr. Udah tidur bangun lagi, tidur bangun lagi, dan akhirnya kita sampai di Ulu Kasok! Ulu Kasok ini emang cakep banget cuk. Dari atas terlihat hamparan danau yang luassss bener dan ada ala-ala pulau kecil gitu. Boleh juga si dibilang Raja Ampat KW super ini tempat. Oh ya pintu masuk Ulu Kasok bener-bener tepat di samping jalan. Jadi buat kalian yang kesini gak perlu bingung, bisa ikutin maps atau nanti juga ada petunjuknya kok

Sampe!
Hutan tropis Sumatera

Ulu Kasok yang luas banget (sisi kiri)

Ulu Kasok yang luas banget (sisi kanan) 
Ada spot untuk foto ala-ala



Tempat parkir Ulu Kasok

Temen-temen kantor gue lagi asik nikmatin pemandangan nya

Cheeeeers!
Setelah puas menikmati keindahan Raja Ampat KW super ini, kita melanjutkan perjalanan ke destinasi lainnya. Destinasi lain yang juga destinasi terakhir yang kita kunjungi adalah Candi Muara Takus.  Lokasi Candi Muara Takus tidak terlalu jauh dari Ulu Kasok, hanya kurang dari 1 jam saja, makanya agak sayang kan kita udah ke Ulu Kasok tapi gak mampir sekalian ke candi ini.


Candi Muara Takus merupakan candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang sempet singgah ke wilayah Kampar, Riau. Untuk retribusi kalo gak salah bayar nya per orang hanya 10ribu dehh, murah kan! Oh ya candi ini sangat instagramable, bagus cuyy soalnya. Selain menikmati keindahan candi, di sini kalian juga bisa baca sejarah tentang candi ini yang diinformasikan melalui papan informasi di setiap candi yang ada.
Candi Muara Takus


Narasi sejarah Candi Muara Takus




Narsis dikit yaa
Oke deh itu dia cerita gua selama one day trip di Riau, khususnya ke Ulu Kasok dan Candi Muara Takus. Gue gak bisa banyak kasih tips seperti kendaraan umum untuk menuju ke tempat ini karena gue menggunakan kendaraan pribadi. Tetap selalu jaga kebersihan lokasi wisata yang kalian tuju, jangan pada kayak alay yeee buang sampah sembarangan atau malah vandalisme. Salam ransel untuk semua penikmat semesta alam!



Kampar, Riau 27 Mei 2018

Komentar