Nirmala Desa Malasari : Mutiara dari Selatan Kabupaten Bogor

Mungkin untuk sebagian orang apalagi buat mereka yang tinggal di Jakarta, tempat pelesiran paling mudah diakses adalah Bogor. Di Bogor banyak banget wisatanya, bukan hanya Puncak, namun juga ada curug-curug eksotis, kebon-kebon, kolam-kolam, dll. Di sini gue mau nyeritain pengalaman gue mengunjungi tempat yang mungkin beberapa orang belum tahu, karena memang tempat ini jauuuuuuuh banget dari Kota Bogor, namanya adalah Nirmala.

Disclaimer : Perjalanan ini dilakukan pada bulan Oktober 2018, jadi kalo ada kesalahan atau sedikit ketidakjelasan tulisan, maapkeun hehehe soalnya ditulis berdasarkan ingetan aja.


"Eh bay, Nirmala itu apa sih? Kok gue ngeliat di IG lo bagus bener ya? Itu beneran di Bogor?"

Itu adalah salah satu contoh beberapa komentar dari temen maupun orang lain saat gue posting foto di Nirmala. Oh ya gue kesini waktu itu pake open trip dari Anak Curug (Cek IG nya aja ya) di bulan Oktober 2018. Ajegile udah lama banget ya baru diposting Mei 2020 :D.

Nirmala merupakan hamparan luas perkebunan teh yang berada di Desa Malasari, Nanggung, Kabupaten Bogor. Untuk mencapai ke titik ini, kita harus ke Desa Wisata Malasari terlebih dahulu. Untuk angkutan umum, mungkin gue cuma tau kalau ada angkutan umum dari Stasiun Bogor - Leuwiliang. Namun sampe Leuwiliang ke Desa Malasari entahlah, maklum waktu itu gue pake Open Trip hehe. 

Perjalanan dari Stasiun Bogor sampai ke Desa Malasari waktu itu (Seinget gue ye, soalnya udah hampir 2 tahun bos hahaha) sekitar 4 jam perjalanan. Selain jauh, yang bikin lama adalah muacetnya yang ampun-ampunan di daerah Dramaga. Untuk ke Desa Malasari bisa banget kok naik motor ataupun mobil, jalannya sebagian ada yang mulus, ada juga yang masih bebatuan, tapi masih layak dilalui oleh kendaraan.

Petunjuk dari Stasiun Bogor ke Desa Wisata Malasari

Sesampainya di Desa Malasari, kalian bisa istirahat dulu di warung jajan sebelum melanjutkan perjalanan ke Nirmala. Di sini ada petigaaan kalo ke kanan kalian akan mengarah ke Nirmala, kalau lurus kalian ke pemukiman warga Desa Malasari.

Persiapan menuju gerbang Desa Nirmala

Pemandangan selama perjalanan

Jalur di dominasi aspal rusak dan batuan

Pos pertigaan Desa Malasari dan Nirmala


Gerbang menuju Nirmala
Dari pos Desa Wisata Malasari, kalau kita ingin ke arah Nirmala berarti kita masuk ke gerbang Taman Nasional Gunung Halimun, karena posisi Nirmala berada di dalam TNGH. Nah dari sini jalur udah gak beraturan, bisa dibilang full bebatuan dari gerbang, dalam hutan, hingga di perkebunan teh. Singkat cerita perjalanan dari Pos Jaga Desa Malasari ke Nirmala itu sekitar 2 jam lebih, padahal kalo di maps katanya cuma sejam hehehe ini karena jalannya yang bener-bener gokil sih. Untuk kendaraan waktu itu sih kita pake colt bak, entah kalo sekarang bisa mobil Avanza dkk atau ngga, soalnya kalo dulu sih menurut gue gak memungkinkan, sayang mobilnya cuy.

Jalur dari Pos Desa Malasari ke Nirmala


Oh ya di Nirmala itu ada beberapa perkampungan yang bisa kalian huni sebagai penginapan. Tapi karena Open Trip gue ini camping di perkebunan teh nya, jadi kalau mau info soal camping atau perkampungan yang bisa diinapin, kalian bisa tanya di Pos Jaga Desa Malasari ya.

Nirmala itu kalau pagi-pagi cuakepppp nya luar biasa coy asli. Sunrise dengan pemandangan hamparan perkebunan teh yang luas bener, dan view landscape Gunung Salak dan Gede Pangrango, asik gak tuh? Makanya kalau kalian kesini sih usahain camp aja, di tempat site yang gue camping ini, lo bisa tanya ke IG anak curug untuk detailnya ya. Oh ya one for sure, di tempat camp gak ada yang dagang, ada kamar mandi, ada sumber air, jadi kalian bawa logistik dulu sebelum sampai sini ya.

Sunrise cetarrrr

Ini kalo pake mata mah keliatan bener Salak sama Pangrango nya





Tim Open Trip Anak Curug Oktober 2018

Komentar